Inilah Cara Generasi Muda Mengisi Hari Kemerdekaan & Kebangkitan Teknologi Nasional di Era Serba Digital

Bangsa Indonesia sudah lama merdeka dari penjajahan dan sudah pula bangsa ini bangkit untuk mengembangkan teknologi di negeri ini. Lantas apa saja cara generasi muda untuk mengisi Hari Kemerdekaan dan Kebangkitan Teknologi Nasional ini? Selain belajar dengan giat, EDOOers bisa mengikuti cara-cara dalam pembahasan artikel berikut.

Hari ini kita telah memasuki era serba digital, yang ditandai oleh pergeseran besar (big shifting) dari teknologi mekanik dan analog kepada teknologi digital. Fenomena digitalisasi ini sejatinya terjadi di hampir semua sektor kehidupan manusia, dari sektor pendidikan, kesehatan, sosial-politik, hingga sektor perpustakaan yang sudah mulai bertransformasi menjadi digital.

Sebelum menginjak pembahasan bagaimana cara-cara mengisi Hari Kemerdekaan dan Kebangkitan Teknologi Nasional. Alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu Hari Kemerdekaan dan Kebangkitan Nasional.

Makna Hari Kemerdekaan Indonesia

Bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 silam, tepat pada tanggal itulah mimpi rakyat Indonesia terwujud. Setelah menyusuri perjalanan perjuangan yang panjang dan terjal, rakyat Indonesia mampu bersatu mengusir kolonialisme dari tanah air.

Sebab itulah, memori Hari Kemerdekaan tidak akan pernah terlupakan dari benak setiap rakyat Indonesia sampai sekarang ini. Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu merayakan kemerdekaan tersebut dengan upacara pengibaran bendera merah putih dan acara-acara seru di lingkungan sekitar sebagai perayaan.

Selain itu, Hari Kemerdekaan ini juga diperingati sebagai pengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Nah, perjuangan tersebut kini harus dilanjutkan oleh generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan cara-cara positif yang bisa generasi muda lakukan.

Apa itu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional?

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau yang disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari penting dalam sejarah nasional Indonesia yang diperingati sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional. Hakteknas selalu diperingati setiap tanggal 10 Agustus setiap tahunnya, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995.

Tujuan adanya Hakteknas adalah untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta guna memberi dukungan kepada mereka untuk terus bangkit menelurkan inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia.

Sejarah awal diperingatinya Hakteknas yang menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional, berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca hasil buah karya anak Bangsa pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli dari IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia).

Peristiwa tersebut merupakan manifestasi nyata dari upaya panjang sejumlah ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa terhormat di kancah internasional. Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional juga sebagai penyemangat masyarakat agar terus menghasilkan dan memajukan hasil teknologi dalam negeri.

5 Cara Mengisi Hari Kemerdekaan & Hakteknas

Bagaimana sih cara generasi muda mengisi Hari Kemerdekaan & Kebangkitan Teknologi Nasional di era digital saat ini? Berikut ini cara-cara yang bisa EDOOers terapkan.

  1. Pengabdian Masyarakat

Melibatkan diri dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat merupakan salah satu cara generasi muda dapat lakukan dalam mengisi Hari Kemerdekaan dan Kebangkitan Teknologi Nasional. Melalui cara ini, EDOOers dapat memberikan manfaat kepada sesama dan juga untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat pedalaman. Misalnya pemberian cek kesehatan dan pengobatan, mengenalkan teknologi kepada masyarakat pedalaman, atau mengajar anak-anak di daerah tersebut.

  1. Mendukung Perkembangan Produk Teknologi dalam Negeri

Sekarang ini, begitu banyak teknologi asli Indonesia yang bermunculan dalam berbagai bidang. Misalnya seperti teknologi perpustakaan digital sekolah dari EDOO yang memudahkan para siswa mengakses konten belajar mengajar kapan saja, di mana saja. Apabila generasi muda merasa bangga menggunakan produk atau teknologi dalam negeri, maka akan mendukung perkembangan teknologi tersebut, sehingga teknologi tersebut akan mampu dikenal oleh masyarakat dunia.

Sebagai generasi muda Indonesia banggalah saat menggunakan teknologi dalam negeri. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat menghidupkan dan menumbuhkan kembali teknologi lokal yang beberapa di antaranya juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan teknologi luar negeri. 

  1. Melibatkan Diri dalam Memajukan Sektor Pendidikan

Aset terbesar suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, akan tetapi malah sumber daya manusianya. Oleh sebab itu, agar mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya, dan terciptanya kebangkitan teknologi nasional secara masif, maka diperlukan perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam segi pendidikan.

Maka dari itu, perbaikan fasilitas pendidikan menjadi salah satu priotitas utama yang harus dilakukan untuk perbaikan kualitas SDM di Indonesia. Mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan kepedulian dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga generasi muda itu sendiri. Selain itu, generasi muda bisa mengoptimalkan produk teknologi Edoo seperti Smart Class dan Library Everywhere.

4. Mengenalkan Budaya Indonesia ke Kancah Dunia

Pengenalan budaya, adat istiadat, dan tradisi Indonesia kepada masyarakat dunia juga dapat dijadikan sebagai wujud untuk mengisi kemerdekaan. Misalnya generasi muda yang mengikuti pertukaran pelajar ke negara lain, bisa menjadi momentum tepat mengenalkan budaya luhur bangsa Indonesia ke teman-temannya disana.

Selain itu dengan generasi muda yang membuat atau membagikan konten digital terkait budaya Indonesia, melalui layanan aplikasi EDOO seperti konten eBook, video, audio, dan artikel kepada teman-teman.

Budaya menjadi bagian yang sangat penting dan tidak bisa dilepaskan dari suatu bangsa. Bahkan budaya dapat dikatakan sebagai hal yang dapat menjadi representasi dari bangsa ataupun negara yang bersangkutan.

5. Belajar Dengan Giat

Selepas meraih kemerdekaan, akses pendidikan dan teknologi berangsur-angsur dimudahkan bagi rakyat Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih pendidikan setinggi mungkin dan terus giat dalam belajar. Apalagi, sekarang ini banyak beasiswa dan fasilitas berupa teknologi yang memudahkan dalam belajar dan mengajar, seperti halnya aplikasi EDOO yang memuat beragam jenis buku-buku pelajaran dan bacaan lainnya.

Berkat pendidikan, rantai kemiskinan akan terputus dan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia pun akan berkualitas, sehingga dapat mengembangkan lagi inovasi-inovasi baru dalam ranah teknologi, seperti adanya transformasi perpustakaan digital. Sedangkan manfaat pendidikan akan membuat para keluarga di Indonesia hidup sejahtera dan berkecukupan.

Cukup mudah bukan cara generasi muda mengisi Hari Kemerdekaan dan Kebangkitan Teknologi Nasional di era sekarang ini? Yuk, para generasi muda isi hari-hari kalian dengan hal-hal yang positif dan berkreasi secara bebas sesuai keahlian masing-masing!

Ayo! Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dan menyelenggarakan program ini dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *