Skip to content

Mengadopsi Smart Class untuk Pembelajaran Abad 21

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan turut andil merubah sistem dan budaya pembelajaran sekolah menjadi lebih fleksibel, variatif, dan terbuka. Sekarang ini banyak sekali metode dan konsep belajar modern yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman belajar, salah satunya yakni Smart Class. Smart Class atau ruang kelas pintar saat ini menjadi salah satu tren baru yang banyak diadopsi kebanyakan sekolah dan turut berpengaruh dalam transformasi pembelajaran.

Konsep pendidikan dengan Smart Class bisa menjadi alternatif pilihan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Konsep modern ini merujuk pada kondisi interaksi ruang kelas dengan penggunaan integrasi perangkat keras yang canggih dan perangkat lunak inovatif untuk meningkatkan cara mengajar guru para EDOOcator dan memonitor cara belajar murid para EDOOers.

Pemanfaatan Smart Class akan menumbuhkan kreativitas dan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan tidak monoton. Tentu, hal itu akan memicu lebih banyak ide inovatif dan kritis saat terjadi transfer of knowledge.

Hal ini mendorong Edoo untuk terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai produk unggulan, program dan layanan yang berfokus untuk menunjang konsep pembelajaran digital. Di antaranya lahirlah produk unggulan yang di namakan EDOO Smart Class.

Pengertian EDOO Smart Class

EDOO Smart Class merupakan ruang kelas yang dilengkapi dengan seperangkat alat digital seperti smart whiteboard, smart TV, komputer dekstop, kamera dan media penyimpanan koleksi digital dalam hal ini memakai MOCODLS yang diintegrasikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online dan offline melalui EDOO.

 

Terkait program Madrasah Digital, Madrasah yang memiliki Smart Class sesuai dengan kebijakan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3153 Tahun 2022 tentang Petunjuk teknis pengembangan program Madrasah Digital Kemenag RI Komponen Kegiatan No. 2 poin G yaitu Sumber belajar digital yang dapat diakses tanpa koneksi internet.

Fasilitas EDOO Smart Class 

Edoo menawarkan berbagai paket Smart Class untuk sekolah atau madrasah yang ingin GO-DIGITAL. Dalam paket Smart Class tersebut banyak fasilitas yang akan didapatkan oleh sekolah maupun madarasah yang bekerja sama. Contohnya fasilitas yang akan diperolah antara lain:

  1. Platform Edoo
  2. MOCODLS ( Intel i5 )
  3. Access Point
  4. Samsung Flip Pro/ Smart TV
  5. Laptop Core i3
  6. PTZ Camera
  7. Paket pelatihan dan pendampingan gratis.
  8. Koleksi Digital Free ( Paket Ebook Gratis, Kemendikbud, BSE, Dll )

Pentingnya Memiliki EDOO Smart Class

Perubahan yang dinamis saat ini menuntut para guru dan siswa untuk terus adaptif dan belajar teknologi dna keterampilan baru. Hadirnya Smart Class dari Edoo di Sekolah adalah salah satu solusi yang tepat dalam menyongsong era digital saat ini dan kedepannya.

Ruang kelas konvensional bisa berubah menjadi modern dengan adanya EDOO Smart Class. Kegiatan pembelejaran pun menjadi semakin menyenangkan dan memilki segudang sumber informasi terkait mata pelajaran. Teknologi ini dapat memberikan fun experience learning untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar.

Teknologi audio maupun visual yang ditawarkan EDOO Smart Class menjadi fitur penunjang di ruang kelas yangmendukung dan memudahkan guru juga murid dalam proses belajar mengajar yang lebih interaktif.

Alasan lain mengapa EDOO Smart Class penting untuk pembelajaran saat ini, yaitu tingkat kemanfaatannya terutama bagi seluruh warga sekolah dan madrasah itu sendiri. Manfaat Smart Class untuk guru adalah pengelolaan administrasi dan kelas lebih praktis dan mudah. Contohnya, ketika Guru ingin menyiapkan rancangan pembelajaran, membuat jadwal, penugasan, evaluasi dan monitoring bisa dilakukan secara cepat, otomatis dan bisa didistribusikan dengan mudah.

Selanjutnya, manfaat untuk siswa yaitu siswa dapat belajar dengan lebih mudah, interaktif dan fleksibel. Akses konten digital pembelajaran seperti, E-book, Video pembelajaran, Audio pembelajaran, dan lainnya semakin mudah dan bisa dilakukan di  manapun dan kapan pun selama terhubung dengan perangkat MOCODLS. Siswa bisa menggunakan device laptop, desktop, maupun smartphone untuk membaca, mengerjakan mengirim tugas mereka.

Di sisi lain dengan adanya EDOO Smart Class juga bertujuan untuk mengurangi pemakaian kertas (paperless), dan bisa megembangkan berbagai inovasi dan keterampilan baru dalam bidang pendidikan.

Keuntungan dari penerapan EDOO Smart Class sesungguhnya tidak terbatas. Mengadopsi konsep baru ini, sekolah dan madrsah dapat menciptakan sebuah terobosan pada dunia  pendidikan. Harapannya, konsep canggih ini dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia yaitu membangun peradaban bangsa.

Ayo para sekolah atau EDOOskul, manfaatkan Smart Class dari aplikasi EDOO dalam membantu proses pembelajaran. 

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO melalui perangkat Smart Class dapat chat ke kami melalui email ke partnership@aksaramaya.com atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!