Library Everywhere, Ekstensi Perpustakaan Masa Kini

Kita kadang lupa, perpustakaan adalah pintu gerbang besar menuju ilmu pengetahuan. Perpustakaan juga diibaratkan sebagai oasis sumber pengetahuan bagi pribadi yang haus akan wawasan. Peran perpustakaan sangat mendasar dalam pembelajaran siswa. Tetapi terkadang beberapa siswa menganggap perpustakaan sekolah hanya begitu-begitu saja dan mengkategorikan perpustakaan sebagai tempat yang membosankan.

Masalah lain, kadang pustakawan merasa kesulitan dalam menemukan konten pembelajaran dan membantu siswa dalam menemukan bahan yang mereka butuhkan karena keterbatasan konten. Bahkan, perpustakaan juga sering kekurangan staf dan hanya memiliki fasilitas seadanya sehingga membuat siswa putus asa.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Edoo memfasilitasi seluruh warga sekolah dan madrasah dengan mengembangkan Library Everywhere. Terus apa sih yang dimaksud dengan Library Everywhere? Yuk kita kulik bersama EDOOers.

Pengertian Library Everywhere

Library Everywhere adalah program ekstensi layanan perpustakaan yang membuat konten baik dan valid ada di mana saja agar warga sekolah dan madrasah dapat mengakses dengan mudah. Bentuknya pun instagrammable sehingga menjadi semakin menarik.

Penyebaran konten digital pembelajaran dapat dengan mudah diimplementasikan melalui Library Everywhere. Konten-konten digital pembelajaran pada program Library Everywhere ini dipasang pada media akrilik yang diletakkan di area sekolah. Pengguna dapat mengakses koleksi konten digital (eBook, artikel, video, audio) menggunakan fitur Smart Code pada Edoo lalu scan ke media akrilik. Beragam konten digital edukatif dan inspiratif langsung dapat dinikmati semudah dalam genggaman.

Jadi EDOOers bisa dengan gampang nikmatin konten digital pembelajaran dari Edoo dengan hanya scan Smart Code yg ada di aplikasi EDOO sambil berswa foto ria karena spotnya kecee abiss!

Keunggulan Teknologi Smart Code

Sebelum menelusuri lebih dalam tentang Library Everywhere kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu teknologi Smart Code dalam Library Everywhere. Smart Code atau bisa dibilang kode respon cepat pintar adalah sebuah kode batang 2 dimensi yang di mana dapat menyimpan dan menampilkan data yang lebih kompleks, bukan hanya menampilkan data alfanumerik saja seperti barcode tradisional.

Dalam Smart Code juga bisa menyimpan URL atau tautan yang dapat mengarahkan kamu ke berbagai konten digital seperti artikel, buku, audio dan video. Hal ini membuat kamu tidak perlu ribet lagi menggunakan perangkat khusus pemindai, atau mencari konten di kolom pencarian karena hanya tinggal scan melalui EDOO.

Manfaat Library Everywhere

Perpustakaan seharusnya menjadi pusat aktivitas sekolah dan dapat memenuhi segala informasi kredibel bagi setiap warga sekolah. Oleh karena itu, Edoo hadir mendampingi sekolah/madrasah dalam mencapai tujuan tersebut melalui program Library Everywhere yang menjadikan seluruh sudut sekolah menjadi dipenuhi konten perpustakaan.

Library Everywhere juga menjadi sebuah perpanjangan tangan pustakawan dalam melayani siswa. Selain itu adanya program Library Everywhere menjadi sebuah konsep jemput bola agar siswa semakin tertarik untuk membaca buku kapan saja, di mana saja tanpa batas waktu dan tempat.

Jadi pastinya program Library Everywhere dari Edoo ini sangat menarik dan memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Ini dia:

  1. Sekolah dan Madrasah Memiliki Pengalaman Perpustakaan Interaktif

Penggunaan Smart Code pada program Library Everywhere memberikan pengalaman yang menyenangkan serta pengalaman perpustakaan yang lebih fleksibel dan interaktif untuk siswa.

  1. Menyediakan Proses Perpustakaan yang Nyaman

Dengan adanya Library Everywhere mampu bebaskan siswa dari kerumitan dalam mencari bahan bacaan dan reservasi peminjaman buku tanpa harus ke perpustaakan. Para siswa menggunakan Smart Code, lalu menscannya untuk dapatkan bahan bacaan dan reservasi peminjaman buku dengan lebih mudah dan nyaman.

  1. Memungkinkan Siswa Lebih Mudah Menemukan Buku

Ada suatu kebiasaan yang lazim adanya di perpustakaan, yakni kita berlama-lama di perpustakaan bukan lama dalam membaca bukunya. Akan tetapi lama dalam artian yang dimaksud adalah kita lama dalam mencari buku yang ingin kita baca.

Beranjak dari masalah ini, program Library Everywhere bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Hanya dengan menscan Smart Code di media akrilik Library Everywhere, lalu muncul buku bacaan di smartphone masing-masing.

  1. Media Promosi Perpustakaan

Pihak sekolah juga bisa menggunakan program Library Everywhere ini sebagai media mempromosikan perpustakaan sekolah. Sehingga para siswa yang bosan dan enggan membaca buku di perpustakaan secara langsung, dapat membacanya di sudut-sudut sekolah yang biasanya jadi tempat tongkrongan siswa saat istirahat tiba. Pihak sekolah dan memberikan informasi lebih lanjut tentang informasi terbaru sekolah atau sistem perpustakaan melalui program Library Everywhere ini.

  1. Membaca Jadi Kegiatan yang Lebih Aktif dan Asyik

Biarkan siswa-siswi menjalani lebih dari sekadar membaca buku di perpustakaan, dengan membuat game dan aktivitas lainnya.

Misalnya dengan menerapkan elemen game Pokemon Go dalam pelaksanaan program Library Everywhere. Caranya dengan guru membuat sebuah konten pembelajaran atau soal latihan yang di manifestasikan ke dalam smart code. Selanjutnya guru tersebut menyebar smartcode tersebut ke suluruh penjuru lingkungan sekolah. Lalu para siswa disuruh mencari dan menscan kode smart code yang telah di sebar, dan menyelesaikan misi tantangan dalam konten pembelajaran yang terkandung di Smart Code tersebut.

Tujuan dari penggabungan metode gamifikasi ini dengan program Library Everywhere agar terwujudnya kasmaran belajar siswa.

Ayo para sekolah atau EDOOskul, manfaatkan program Library Everywhere dari aplikasi EDOO dalam membantu proses pembelajaran. Banyak paket Library Everywhere yang di tawarkan. Cek di sini.

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO melalui perangkat Library Everywhere dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *