7 Jajanan Jadul Yang Paling Disukai Siswa Zaman Dulu, Masih Ingat?

Masa-masa sekolah memang menjadi masa paling indah. Apalagi di tahun 90-an sampai 2000-an, selain suasananya yang belum secanggih masa sekarang, tentu yang paling membuat kangen adalah jajanan jadulnya. Siapa sih yang tidak kangen masa sekolah? Sekolah menjadi momen menyenangkan, dikarenakan bisa bertemu teman dan bisa bermain bersama sekaligus membeli jajanan jadul pada masa itu.

Tengah banyaknya gempuran jajanan baru dan unik masa sekarang, pernah nggak sih tiba-tiba merasa rindu dengan jajanan jadul yang dulu pernah kita makan waktu masih kecil? Terkadang, bukan menyoal rasa jajanan yang kita rindukan, melainkan kenangan yang pernah kita alami saat makan jajanan jadul tersebut.

Masa anak-anak emang tak jauh dari jajan. Banyak jajanan jadul yang membekas di kenangan kita. Sayangnya, jajanan jadul di tahun 90-an sampai 2000-an untuk sekarang mungkin sudah langka dan sulit ditemukan, bahkan beberapa jajanan jadul sudah tidak diproduksi lagi. Padahal banyak milenial jaman sekarang yang ingin bernostalgia kembali bersama teman-teman masa kecil dengan memakan jajanan lama.

Kalau kalian sekarang sudah memiliki penghasilan sendiri dan bisa membeli jajanan sebanyak apa pun yang kalian mau, mungkin kalian seangkatan, dan bisa jadi beberapa jajanan jadul ini pernah mewarnai masa sekolah kalian sewaktu dulu. Yuk, kita bernostalgia dengan beberapa jajanan jadul yang paling disukai siswa zaman dulu pada masanya. Ada yang masih ingat nggak ya?

7 Jajanan Jadul Yang Bikin Kangen

  1. Nyam nyam

Jajanan jadul pertama untuk kamu nostalgia adalah biskuit Nyam nyam yang paling iconic berbentuk biskuit stick yang biasa dimakan dengan selai coklat. Nyam-Nyam umumnya dilengkapi dengan sendok kecil untuk membuat rice puff yang menempel ketika dicelupkan coklat. Siapa disini yang kalau makan nyam nyam coklatnya sengaja disisakan untuk dinikmati setelah biskuitnya habis? Hayyo ngaku? Fix kalau yang satu ini memang juara sih. Biscuit Nyam nyam yang dicokel dengan coklat manis hehe.

2. Mie Gemez

Masih ingat nggak kalian jajanan jadul yang paling disukai siswa zaman dulu yang satu ini? Benar jajanan itu ialah Mie Gemez, pada kemasannya ada bocah laki-laki berkepala besar, lengkap dengan kacamata hitam bulatnya, ditambah tulisan “Digenggem trus diremez” ternyata masih teringat meski samar-samar di ingatan kepala. Snack mi dengan rasa gurih ini memang dinikmati dengan cara diremas terlebih dahulu, lalu dicampur dengan bumbu yang sudah ada di dalam kemasan tersebut. Biasanya, Mie Gemez juga dilengkapi dengan hadiah berupa kartu mainan atau short komik gitu.

3. Es Wawan

Es wawan merupakan jajanan paling nikmat dikonsumsi siang hari. Sepulang sekolah udara yang terasa panas, pastinya membuat anak-anak pasti langsung menyerbu pedagang penjual es wawan untuk membelinya. sensasi rasa es wawan dengan beragam rasa, membuat saat diemut di mulut itu luar biasa. Bagi seseorang, yang suka jajanan dingin, pasti tidak akan melewatkan es tersebut.

4. Yosan

Buset dah kalau sampai ada anak 90-an yang enggak tahu permen karet Yosan kebangetan, sih. Permen karet jadul legendaris tersebut, selain enak, juga bisa jadi ajang pamer skill tiup permen karet di tempat main waktu sore-sore sepulang sekolah, sampai jadi senjata andalan keisengan buat ditempel ke baju teman sekolah.

Permen karet yang berhadiah tattoo-tatooan air ini sangat asyik dikoleksi lho untuk hadiahnya dan koleksi bekas bungkusannya yang apabila dikumpulkan lengkap dan disusun menjadi Y-O-S-A-N akan mendapat hadiah sepeda. Akan tetapi, saking langka dan sulitnya menemukan pemenang dalam menemukan huruf N pada Yosan. Maka menjadi salah satu mitos yang hampir tak terbukti sampai puluhan tahun lho, hingga internet dikejutkan oleh seorang bernama Dendy Pohan yang akhirnya menemukan huruf N dan dapat sepeda. Selamat ya, Dendy, kamu pahlawan semua anak 90-an. Rispek!

5. Chiki

Pasti banyak di antara orang-orang yang gemar membeli jajanan jadul Chiki ini saat SD dulu. Chiki menjadi pelopor snack jajanan jadul, sampai-sampai semua snack disebut Chiki. Jajanan ini tergolong laris dan digemari di pasaran karena terdapat hadiah di dalam kemasannya. Bahkan, terkadang anak-anak membeli makanan ringan Chiki hanya untuk mendapatkan hadiahnya saja lho.

Sempat menghilang dari pasaran, kini jajanan jadul Chiki kembali hadir dengan format kemasan baru, tapi tetap dengan konsistensi kenikmatan ketiga rasanya yaitu coklat, ayam, dan keju. Rasa asin dan manisnya Chiki tidak pernah berubah sama sekali lho! Paling favorit sih jelas rasa keju!

6. Permen Rokok

Siapa dulu yang suka berkhayal sedang merokok sambil makan permen rokok? Hayoo ngaku? Yah, namanya juga anak kecil suka berimajinasi, pasti ada saja khayalannya. Jajanan jadul satu ini memang punya bentuk serta kemasan yang unik di mata anak-anak, harganya pun ramah di kantong pula.

Permen yang memiliki rasa yang manis dengan bentuk menyerupai rokok tersebut sekarang ini sudah mulai sulit dicari, EDOOers. Kalau zaman dulu sih biasanya masih banyak dijual di kantin sekolah ataupun warung kelontong. Apabila merasa kangen pengen nostalgia dengan permen ini, kalian bisa mencarinya di marketplace yah.

7. Wafer Superman

Jajanan jadul terakhir yang diulas adalah wafer cokelat Superman. Wafer ini termasuk makanan mewah di zaman SD. Dari beberapa sumber, diterangkan kalau wafer Superman ini sudah diproduksi di Indonesia sejak tahun1993.Kemudian, untuk kemasannya, jika kalian “ngeh” wafer ini cukup konsisten dengan warna oranye yang mendominasi di kemasannya. 

Pada tahun 2020, perusahaan wafer Superman kalah dalam persidangan niaga dengan DC Comics, perihal nama merek Superman merupakan merek terkenal dan membatalkan Superman milik perusahaan wafer untuk tidak lagi dijadikan nama merek wafer lagi. Meskipun begitu kenangan dengan wafer cokelat satu ini masih menjadi salah satu primadona jajanan jadul.

Ketujuh jajanan jadul yang paling disukai siswa zaman dulu, pastinya pernah kalian cicipi semua. Namun, karena keberadaannya kini ada yang langka dan tidak diproduksi lagi, nggak ada salahnya kalau mengeluarkan upaya lebih untuk mendapatkan jajanan jadul di atas demi sebuah nostalgia. Dari ketujuh jajanan jadul di atas, kira-kira mana yang jadi favorit kamu saat masa sekolah dahulu? Atau ada rekomendasi jajanan jadul lain favorit kamu? Yuk share dikolom komentar yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *