Skip to content

Inilah 5 Manfaat Psikologi Pendidikan Bagi Guru

Bapak atau Ibu EDOOcator pasti sudah pernah menemui siswa yang tiba-tiba bingung dan jenuh, karena tak antusias dengan materi pelajaran yang diajarkan. Sebab, kemampuan belajar setiap siswa memanglah berbeda-beda satu sama lain. Maka dari itu perlunya seorang guru mengetahui manfaat psikologi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut.

Adanya perbedaan karakteristik siswa tersebut membuat seorang guru tidak bisa mengajar dengan pendekatan yang seluruhnya sama kepada setiap siswa-siswinya. Kemudian, seorang guru pun harus menyesuaikan pendekatan mengajarnya supaya setiap siswa bisa menerima materi dengan optimal.

Nah, guna untuk bisa melakukan penyesuaian tersebut Bapak dan Ibu Guru akan membutuhkan sebuah bekal ilmu yang disebut psikologi pendidikan. Maka dari itu, pada kesempatan ini EDOO akan memberikan informasi mengenai pengertian psikologi pendidikan, dan pentingnya manfaat psikologi pendidikan untuk diterapkan dalam pembelajaran. Yuk, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Pengertian Psikologi Pendidikan

Istilah psikologi pendidikan sendiri terdiri dari dua lingkup ilmu pengetahuan, yakni psikologi dan pendidikan. Namun, secara etimologis, psikologi berasal dari kata “psyche” yang memiliki arti jiwa atau nafas hidup, dan “logos” yang berarti ilmu.

Maka dengan demikian, psikologi bisa dipahami sebagai suatu ilmu yang mempelajari terkait perilaku-perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sedangkan kata pendidikan merujuk pada sebuah tindakan menuntut ilmu yang dilakukan guna memperoleh pengetahuan dan pemahaman lebih tentang berbagai disiplin ilmu. 

Tahukah nggak Bapak atau Ibu EDOOcator, bahwa ilmu psikologi pendidikan terdiri atas lima ruang lingkup besar yakni, proses perkembangan siswa, fase pengenalan psikologi pendidikan, proses perkembangan siswa, teori-teori dan praktik belajar, manajemen kelas, serta penilaian dan evaluasi pembelajaran. 

Nah, berangkat dari kelima ruang lingkup tersebut bisa dipahami bahwa psikologi pendidikan adalah salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku-perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, teori-teori psikologi, dan generalisasi yang berkaitan dengan pendidikan dan diperoleh lewat metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian proses pendidikan yang efektif.

Manfaat-Manfaat Psikologi Pendidikan

Berangkat dari pengertian tentang psikologi pendidikan di atas, maka pemahaman terhadap psikologi pendidikan merupakan sebuah urgensi utama bagi Bapak/Ibu guru sekalian. Berikut kami uraiann lima manfaat psikologi pendidikan bagi guru. Simak penjelasan sampai akhir ya!

  1. Memudahkan untuk Memilih Metode Pembelajaran Terbaik

Berkat memahami psikologis siswa dengan baik, Bapak/Ibu EDOOcator bisa memilih pendekatan paling efisien supaya materi pelajaran tersampaikan secara menyeluruh.

Selain itu, aspek psikologi pendidikan juga sangat penting, karena berkaitan dengan kemampuan Bapak/Ibu EDOOcator dalam mengontrol suasana kelas yang sesuai dengan rancangan pembelajaran. 

2. Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif, Tertata, dan Harmonis

Kelas yang terencana, kondusif, dan harmonis adalah implementasi dari pemahaman Bapak/Ibu EDOOcator perihal psikologi pendidikan. Cobalah dengan melakukan pendekatan secara budaya dan sosial, pelajari nilai-nilai serta norma sensitif yang harus dihindari selama pembelajaran.

Selain itu, posisikanlah Bapak/Ibu EDOOcator sebagai orang tua mereka sebagaimana saat berada di rumah.  Rencanakanlah sesuatu yang bisa membuat kelas menjadi kondusif. Pendekata tersebut bisa membuat siswa nyaman dan senang dalam setiap pertemuannya. 

  1. Memberikan Motivasi Kepada Siswa

Bapak/Ibu EDOOcator merupakan fasilitator utama bagi para siswa-siswinya. Berkat mengetahui bakat, minat, kecerdasan, dan potensi yang dimiliki siswa, maka Bapak/Ibu EDOOcator bisa dengan mudah memberikan arahan perihal rencana-rencana keberlanjutan untuk mereka. Komunikasi interpersonal tersebut akan memberikan keakraban, kehangatan, dan keharmonisan dalam kelas. 

  1. Menciptakan Suasana Kelas yang Interaktif, Inovatif, dan Kreatif

Pemahaman seorang guru terhadap psikologi peserta didik bisa membentuk pribadi Bapak/Ibu yang lebih arif serta bijaksana. Bapak/Ibu bisa menjadi pribadi yang lebih empati, menyenangkan, dan disegani oleh para siswa. Maka dari itu, psikologi pendidikan sangat bermanfaat untuk semua civitas akademika, karena psikologi pendidikan jauh lebih fundamental dalam pendidikan.

  1. Mempermudah Penilaian Hasil Pembelajaran

Tolok ukur pendidikan itu difokuskan kepada hasil penilaian ujian dan kuis-kuis peserta didik. Namun, ada salah satu aspek yang seringkali  dilewatkan yaitu aspek psikologi pendidikan. Padahal, aspek tersebut bisa memberikan indikator penilaian yang lebih adil berkaitan dengan teknis penilaian, teknik-teknik penilaian akurat, dan prinsip-prinsip penilaian. Akurasi pemilihan indikator tersebut memudahkan Bapak/Ibu memberikan penilaian tetapi dan memahami peserta didik secara menyeluruh.

Nah, itulah tadi 5 Manfaat psikologi pendidikan bagi para guru di sekolah. Semoga pembahasan di atas tersebut bisa menjadikan Bapak/Ibu EDOOcator menjadi lebih semangat, peka, dan sistematis dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih berkualitas dan efektif. Salam Literasi Untuk Edukasi!