Pembelajaran Menjadi Lebih Interaktif dengan Fitur Video EDOO

Pandemi telah merubah banyak hal di kehidupan kita. Ekonomi, teknologi, bisnis, kesehatan, dan banyak hal lainnya yang mau tidak mau harus diikuti. Termasuk dalam ranah bidang pendidikan. Selama pandemi, kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka pun oleh guru, berubah dengan pembelajaran secara daring atau online. Maka dari itu mau tidak mau, harus merubah model pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan platform teknologi pendidikan yang memadai.

Pemanfaatan teknologi pun mulai banyak digunakan terutama untuk memudahkan dalam proses pembelajaran siswa. Nah, kali ini kami mau share tentang sebuah aplikasi perpustakaan digital yang rekomended banget. Nama aplikasinya adalah EDOO. Aplikasi perpustakaan digital EDOO adalah platform perpustakaan digital yang diinisiasi oleh Aksaramaya yang mempunyai banyak modul andalan, salah satunya ePustaka.

Modul ePustaka EDOO adalah layanan perpustakaan digital sekolah berisi koleksi konten digital dalam bentuk eBook, audio, video yang telah disesuaikan untuk kebutuhan belajar mengajar di sekolah. Kumpulan koleksi konten digital dalam modul Pustaka yang berbentuk elektronik dapat dipinjam, diunduh, dibaca sesuai aturan yang telah ditentukan oleh pemiliknya.

Selain fitur utama ePustaka yaitu untuk dapat membaca dan meminjam buku online, ada salah satu fitur pembelajaran yang bisa dimanfaatkan yaitu fitur video. Pada fitur video ini dapat membantu siswa/siswi dalam mengakses berbagai video, mulai dari video podcast interaktif, video pembelajaran, video pengajaran, video animasi, ataupun video vlog.

Fitur video dalam modul ePustaka ini bisa menjadi solusi pembelajaran lebih interaktif. Sebagai konten digital, fitur video bisa dimanfaatkan oleh sekolah sebagai sarana pembelajaran dan peningkatan literasi digital siswa yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun, dengan konten-konten digital yang relevan dengan kegiatan pembelajaran.

Secara definitif, metode pembelajaran interaktif adalah teknik pembelajaran yang dapat guru lakukan dalam menyampaikan materi pelajaran, dengan melibatkan siswanya untuk terlibat aktif. Aktif dalam hal memberikan opini terhadap materi yang guru berikan, forum ringan bersama teman sekelas, dan mencari sumber referensi lain selain buku pelajaran sebagai acuan belajar, contohnya seperti video pembelajaran.

Belajar merupakan suatu kewajiban bagi setiap siswa. Namun, terkadang mereka merasa bosan dan malas dengan model pembelajaran yang tergolong masih monoton, dengan media buku pelajaran saja. Oleh karena itu, dengan menerapkan pembelajaran yang interaktif melalui bahan ajar video, membuat siswa lebih merasa senang dan tidak bosan melaksanakan kewajiban belajar di kelas. Selain itu, juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Layaknya seperti meminjam buku digital secara online, fitur video pada modul ePustaka EDOO ini juga memakai sistem yang sama. Pengguna dapat melakukan aktivitas peminjaman konten koleksi baik meminjam dan melihat konten video. Pengguna aplikasi EDOO memutar atau menyaksikan konten video pembelajaran secara gratis. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan antri jika jumlah konten koleksi tidak tersedia atau nol.

Hal apa saja sih yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi EDOO pada fitur video? Melalui fitur video dalam module Pustaka ini, pengguna dapat menikmati berbagai layanan yang disediakan, di antaranya:

  1. Upload konten video
  2. Meminjam & melihat konten video
  3. Review konten video

4. Rekomendasi konten video

Koleksi fitur video dalam modul ePustaka bisa berasal dari pengembangan konten internal dan konten  eksternal. Video yang berasal konten internal merupakan konten hasil pengembangan sekolah/lembaga sendiri yang hak ciptanya dimiliki oleh sekolah/lembaga dan dapat dijadikan koleksi ePustaka. Selain itu, video yang berasal dari konten eksternal yaitu video yang berasal dari unggahan lembaga atau instansi lain yang dibuka secara publik.

Oh ya, fitur video dalam modul Pustaka memiliki beragam jenis-jenis video pembelajaran. Cara menguploud video di ePustaka sangat mudah bagi sekolah yang ingin menambah konten internal. Pertama, lakukan uploud file video dengan format MP4 atau bisa insert link youtubenya. Kedua, berikan judul serta pilih kategori video yang mau di unggah, kategori video ada bebarapa macam diantara lain, kategori UMKM, kategori kebangsaan, kategori sains, kategori matematika SMA, kategori bahasa inggris SMP, kategori TK-PAUD, kategori otomotif SMK, kategori music, dan masih banyak kategori lainnya.

Ketiga, berikan deskripsi pada video yang akan diunggah serta pilih status video antara aktif atau tidak aktif. Terakhir, pilihlah ePustaka yang mau dituju untuk menyimpan konten video tersebut serta uploud juga thumbnail video.

Penggunaan video menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif serta dapat meningkatkan tingkat keberhasilan belajar siswa. Kelebihan dari konten video interaktif sebagai media pembelajaran yaitu karena bisa menyisipkan beberapa materi-materi pelajaran dengan dikemas secara menarik dan membuat siswa lebih mudah mengingatnya. Selamat mencoba EDOOers dan EDOOcator!

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *