Skip to content

Ini 4 Jenis Barang yang Bisa Digadaikan Saat Kamu Kesulitan Keuangan

Kamu mungkin hobi mengkoleksi barang-barang mahal. Bahkan, sering menghabiskan uang untuk membelinya. Namun, pernahkan kamu berpikir, jika pada suatu saat kamu membutuhkan uang dan yang ada hanya barang-barang pribadimu, apakah barang-barang itu bisa memberikan solusi?  

Banyak barang mewah yang dimiliki orang, tetapi sebenarnya hanya mahal saat dibeli dan bagus saat dipakai. Tapi ada baiknya koleksilah barang-barang yang akan terus bernilai, meskipun sudah sering di pakai.

Jadi jika kamu sedang membutuhkan dana tunai, barang tersebut bisa dijual. Pilihan lain adalah barang itu cukup kamu gadaikan, sehingga tidak perlu kamu jual. Jika persoalan keuangan kamu sudah selesai, barangnya bisa kembali kamu miliki dan pakai. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan  ini 4 jenis barang yang menjadi barang gadai.

  1. Barang elektronik

Ini kabar gembira bagi kamu pencinta barang-barang elektronik, seperti ponsel, televisi, laptop, kulkas, komputer dan kamera. Barang-barang ini selain bisa kamu pakai sehari-hari untuk bekerja dan membantu mempermudah aktivitas sehari-hari, bisa juga menjadi penyelamat masalah keuanganmu dikala krisis.

Perusahaan pegadaian umumnya menerima jaminan barang-barang elektronik untuk mendapatkan pinjaman uang tunai. Namun, nilainya memang sangat beragam, tergantung jenis barang dan kondisinya saat kamu gadaikan. Semakin tinggi harga barang, biasanya nilai uang yang bisa kamu pinjam dari perusahaan pegadaian juga semakin tinggi dan sebaliknya.

2. Emas

Emas ini adalah barang yang juga bernilai ekonomi tinggi. Namun, jika kamu tidak suka memakai perhiasan emas mungkin kamu jarang menyimpan emas di rumah, apalagi di kamar kost. Namun, tidak ada salahnya jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa mencicil membeli perhiasan emas atau berlian, seperti kalung, gelang dan cincin.

Selain sebagai investasi, kamu  juga bisa memakainya jika dibutuhkan, misalnya ke pesta atau ke acara lain. Jika kamu memang berniat menginvestasikan emas, kamu bisa membeli dalam bentuk emas. Emas adalah barang yang paling mudah digadaikan pada saat kamu membutuhkan uang tunai.

3.   Kendaraan

Kendaraan juga menjadi salah satu barang gadai, baik mobil maupun sepeda motor. Namun, kalau kamu ingin menggadaikan kendaraanmu, kamu harus membawa dokumennya sekaligus, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan faktur pembelian. Jadi, jika kamu memiliki kendaraan bernmotor, maka kamu wajib menyimpan baik-baik tiga dokumen ini.

4. Sertifikat

Selain dalam bentuk barang, dokumen seperti sertifikat tanah dan rumah menjadi salah satu barang gadai. Namun, tentunya kamu tidak perlu menggadaikan sertifikat rumah dan tanah jika dana yang kamu butuhkan tidak besar.

Namun, untuk menambah wawasan kamu, nilai pinjaman yang dapat ditarik disesuaikan dengan nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), kemudian nilai pasar rumah pada saat permohonan gadai kamu ajukan.

Jadi, sebelum menghabiskan uangmu untuk membeli barang-barang tertentu, sebaiknya pilihlah barang yang masih memiliki nilai tinggi dan bisa membantumu ketika dalam kesulitan keuangan. *