Skip to content

Ingin Kuliah di Australia dan Jepang? Coba 2 Program Beasiswa Ini

Australia dan Jepang  adalah dua negara yang banyak dikunjungi oleh warga negara Indonesia, mulai dari berwisata hingga sekolah. Jika kamu tertarik melanjutkan pendidikan ke Negeri Kangguru dan Negeri Sakura, ini dua program beasiswa yang bisa kamu coba.

  1. Beasiswa Asean Macquarie University

Macquarie University, Australia memberikan beasiswa jenjang Sarjana (S1) dan Master Coursework (S2) kepada pelajar dari negara-negara anggota Asean. Nilai beasiswa Australia Scholarship Program ini sekitar 10.000 dolar Australia atau Rp104 juta untuk S1 dan sekitar 5.00 dolar Australia atau sekitar 52 juta untuk Master. Program beasiswa untuk masa pendidikan mulai tahun 2020 dan 2021.

Macquarie University peringkat top 214 di dunia versi QS World University Rankings 2021. Kampus ini telah menghasilkan lulusan-lulusan profesional paling dicari di dunia. Bidang studi yang disediakan, meliputi seni, ilmu sosial, bisnis, pendidikan, teknik, teknologi informasi, bahasa, hukum, media, komunikasi, kesehatan, psikologi, sains, keamanan dan sebagainya.

Adapun persyaratan yang diminta, meliputi warga negara dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam alias Asean. Memenuhi persyaratan akademik dan bahasa Inggris dari Program Sarjana/Pascasarjana yang dituju di Macquarie University.

Ketentuan lain, pendaftar harus diterima di program Bachelor (S1) atau Postgraduate Coursework Degree (Pascasarjana) di Macquarie University untuk tahun 2020 atau 2021.    Telah menerima Surat Penerimaan sebagai mahasiswa/Admission Offer (LoA) dari Macquarie University dan membayar biaya awal sebelum batas waktu tiga sesion.

Jadi, kamu harus mendaftar dulu di Macquarie University. Masa pendaftaran terbagi tiga. Session 3, batas waktu pendaftaran 23 November 2020. Sesion 2, batas waktu pendaftaran 4 Des 2020 dan Session 2, batas waktu pendaftaran 21 Mei 2021). Informasi lengkap mengenai cara mendaftar sebagai mahasiswa di Macquarie University dapat dibuka di laman https://www.mq.edu.au/ dan ditanyakan langsung ke alaman: scholarships@mq.edu.au

2. Beasiswa ABP Shizuoka

Shizuoka University adalah program beasiswa rutin yang menawarkan skema Asia Bridge Program (ABP). Program ini merupakan kolaborasi dunia industri dan akademis untuk lulusan SMA/Sederajat dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar dan India.  

Fasilitas beasiswa, terdiri dari bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk. Gratis biaya perkuliahan untuk tahun pertama. Untuk tahun kedua hingga keempat, terdapat potongan biaya perkuliahan mulai dari 50% hingga 100% berdasarkan prestasi akademik. ABP juga menyediakan uang saku bulanan untuk semua mahasiswa tahun pertama, serta peluang pendanaan lain yang disponsori oleh pemerintah dan perusahaan.

Bentuk kegiatan belajarnya, selama enam bulan pada semester pertama, penerima Beasiswa ABP Shizuoka akan mendapatkan pelajaran intensif bahasa Jepang dan pelajaran dasar ABP. Kemudian, 7 semester berikutnya atau sekitar 3,5 tahun, mahasiswa belajar sesuai jurusan dalam bahasa Jepang sambil magang di perusahaan Jepang dan melaksanakan proyek riset kelulusan.

Penerima beasiswa akan magang di perusahaan-perusahaan besar di Jepang, seperti Suzuki, Suzuyo, Yamaha Motor Company, Shizuoka Bank, Asahi Denso, FCC, Toyota Motor, Nissan Motor, Mazda, Panasonic, Toshiba, Sony EMCS, Sharp, Fujitsu, Rohm, NSK Warner, Paloma, Aichi Steel, Daikin Industry, Alps Electric, Chubu, International Airport, Futaba Industries, Japan Airport Terminal, JATCO, Ohm Electric dan Nitori.

Jurusan yang dirawatkan, meliputi ilmu sosial dan kemanusiaan, bahasa dan sastra, ekonomi, hukum, matematika, fisika, kimia, biologi, ilmu bumi, ilmu pengetahuan sumber daya hayati, ilmu sains kehidupan terapan, ilmu komputer, informatika perilaku, social informasi, teknik mesin, teknik listrik dan elektronika, ilmu elektronika dan material, teknik kimia terapan dan biokimia, serta teknik matematika dan sistem.

Sementara itu, syarat beasiswa yang ditetapkan peserta adalah warga negara Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar atau India. Pelamar mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai untuk dapat mendaftar ke universitas di Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang (Japanese Immigration Control and Refugee Recognition Act).

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa menghubungi alamat berikut. Pusat Studi Jepang dan IMC Center. Pusat Studi Jepang berada di Gedung Studi Jepang, Lt 1, Kampus UI Depok, Jawa Barat, 16424, telp 021-786-3547, ponsel 0821-1386-3976 dan email ejuindonesia.jakarta@gmail.com. Kemudian, IMC Center alamatnya di Lotus Regency F7, Jalan Ketintang Baru Selatan 1A/23, Surabaya, Jawa Timur 60231, dengan nomor dan emali yang bisa dihubungi    Telp: (031) 8299052,  nomor ponsel 0812-1635-7443 (WA) dan emil-mail: info@imccsub.com. *