Skip to content

7 Keajaiban Mata yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak ada tanggal yang pasti untuk peringatan Hari Penglihatan Sedunia karena dirayakan setiap Kamis minggu kedua di bulan Oktober. Mata diperingati pada hari khusus untuk mengingatkan masyarakat dunia tentang pentingnya fungsi dan merawat mata agar tetap sehat.

Tahun 2020, tema global Hari Penglihatan Sedunia tahun 2020 adalah “Hope In Sight”. Sedangkan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memilih tema “Mata Sehat, Indonesia Maju”. Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat ajaib.

Ini tujuh keajaiban mata yang perlu kamu ketahui, seperti dilansir dari buku Keajaiban-Keajaiban di Dalam Tubuh Manusia, karya Dr Albert M Hutapea, MPH.

  1. Cara Kerja Rumit

Mata  bekerja dengan sebuah proses yang sangat rumit. Contohnya, ketika memandang api lilin di suatu ruangan, terjadilah serangkaian proses kimia yang sangat rumit. Cahaya kecil yang berasal dari api lilin itu akan masuk menembus kornea, lalu melewati pupil yang membuka lebar agar sebanyak mungkin sinar dapat masuk. Sinar ini akan terus masuk melewati rongga cairan depan, lensa, rongga cairan belakang lalu mencapai retina.

Setibanya di retina, cahay aini akan bereaksi dengan pigmen penglihatan rhodopsin pada sel-sela batang. Proses reaksi kimia ini akan membangkitkan tenagal listrik yang sangat lemah, yaitu sepertiga juta volt. Aliran listrik ini bahkan terlalu kecil untuk menggelitik seekor nyamuk. Arus listrik pada sel batang ini akan diantarkan ke otak dengan kecepatan 40 sampai 180 kilometer per jam. Setibanya di otak, aliran listrik ini akan diartikan sebagai sebuah lilin yang sedang  meyala. Semua proses kimia listrik alias elektrokimia ini terjadi hanya dalkam tempo 0,002 detik.

2. Mencerminkan Emosi Seseorang

Pupil mata berfungsi sebagai pengatur jumlah sinar yang masuk ke dalam mata. Pupil juga mencerminkan emosi seseorang. Pupil yang membesar menunjukkan bahwa seseorang sedang dalam keadaan marah. Pupil yang membesar juga dapat menunjukkan minat yang besar dalam hati seseorang. Pedagang biasanya memperhatikan pupil pembeli sebelum menentukan harga, jika pupil pembeli melebar maka pembeli sangat tertarik dengan barang yang dijual, sehingga ada kemungkinan harga dinaikkan atau pedagang akan yakin kalau konsumen akan membeli barang dagangannya.

3. Bergerak 100.000 Kali per Hari

Lensa mata dikelilingi lingkaran otot kecil, tetapi sangat kuat dan selalu bekerja keras. Diperkirakan rata-rata dalam satu hari, mata bergerak sekitar 100.000 kali untuk menfokuskan dan mempertajam penglihatan. Ukuran beban pekerjaan yang sama bagi otot kaki, seorang bisa berjalan sepanjang 75 km.

4. Memiliki Otot Terkuat

Otot mata bukan hanya tergolong sangat kuat, tetapi juga termasuk golongan otot terkuat. Dengan otot yang sama, otot mata adalah otot terkuat jika dibandingkan dengan otor lain di dalam tubuh.

5. Daya Adaptasi di Terang dan Gelap Sangat Kuat

Mata manusia memiliki sel batang dan kerucut sekaligus, sehingga dapat melihat pada siang dan malam hari. Sedangkan, mata hewan ada yang hanya dapat melihat pada malam hari, seperti burung hantu. Ada juga hewan yang hanya dapat melihat pada siang hari, seperti bajing dan beberapa unggas. Hewan-hewan ini hanya memiliki sel kerucut, sehingga praktis buta pada malam hai.

Kemampuan mata manusia berdaptasi dengan terang dan gelap sangat menakjubkan. Ini terbukti dari kemampuan manusia melihat dengan baik pada malam hari yang hanya diterangi bintang dan pada siang bolobg yang 10 miliar kali lebih terang. Mata seseorang yang masuk ke dalam ruangan yang gelar pekat akan beradaptasi. Dalam tempo satu meti, maka akan 100 kali lebih sensitif, setelah 20 menit menjadi 6 ribu kali dan setelah 40 menir menjadi 25 ribu kali lebih sensitif.

6. Memiliki Sistem Pembersih Hebat

Mata juga memiliki sarana sistem pembersih yang hebat. Tugas pembersihan ini dilaksanakan oleh kelopak mata serta kelenjar air mata yang disebut dengan kelenjer lakrimaris. Kelenjer lakrimaris mengeluarkan air mata yang menyiram permukaan luar mata secara teratur. Air mata ini mengandung lisosim, suatu zat pembunuh kuman. Kelopak mata berfungsi sebagai alat penghapus kaca mobil. Untuk itu, mata akan berkedip sebanyak 6 sampai 10 kali per menit dalam keadaan normal dan lebih sering sewaktu mata letih.

7. Dilindungi Dua Tulang Mata

Walaupun disebut dengan bola mata, tetapi bentuknya lebih menyerupai telur ayam berbentuk kerucut dibandingkan berbentuk bola. Panjang bola mata seorang dewasa adalah rata-rata 2,5 cm, sehingga tidak melebihi ukuran bola pingpong. Setiap bola mata dilindungi oleh dua tulang yang menonjol keluar. Mata dilindungi dari pukulan atau benturan langsung. Jika mata dan kamera dibandingkan, bukan perbandingan yang seimbang, karena mata memiliki fungsi dan cara kerja yang jauh lebih rumit dari pada kamera. *