Skip to content

7 Tips Menciptakan Energi Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak sekali pembatasan-pembatasan kegiatan, terutama berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka karena ada protokol kesehatan jaga jarak. Keadaan ini sudah berlangsung lebih dari setengah tahun, jika dibiarkan terlalu lama, bisa menghilangkan energimu untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Bagaimana caranya agar energimu bangkit kembali, sehingga di masa pandemi kamu tetap bersemangat mengikuti belajar jarak jauh, melakukan pekerjaan di rumah dan aktivitas lain? Berikut 7 cara membangkitkan energi versi Robert Pagliarini dalam bukunya berjudul The Other 8 Hours.

  1. Menikmati Keberhasilan Kecil

Salah satu cara membangun energi kamu adalah dengan menikmati keberhasilan kecil yang bisa kamu lakukan, misalnya dari bangun pagi, kamu sudah merapikan tempat tidur dan kamarmu. Kamu bisa menikmati hasilnya ketika sudah rapi dan mengapresiasi dirimu. Pekerjaan lain adalah menyapu rumah atau membantu orang tua memasak. Apresiasi dirimu dengan hasilnya.

2. Berolahraga

Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menciptakan energi. Sejumlah riset menunjukkan, bahwa olahraga juga merupakan solusi terbaik untuk mengatasi depresi. Jika kamu belum memiliki rencana, masukkan kegiatan olahraga setiap hari. Pertimbangkan juga untuk menambah beberapa olahraga ke dalam jadwal kamu, seperti naik sepeda, berjalan kaki, naik turun tangga dan sebagainmya.

3. Nutrisi

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tubuh, kamu harus memberikan kandungan terbaik ke dalam tubuh kamu. Jika mengkonsumsi makanan tidak sehat, kamu akan merasa tidak sehat. Fokuslan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, kurangi makanan berlemak dan berminyak. Jangan lupa sarapan, makan siang dan makan malam secara teratur dengan makan makanan bergizi.

4. Jus

Jus yang berasal dari buah-buahan dan syuran sangat penting untuk meningkatkan energimu. Makan buah dan sayuran juga baik, tetapi dengan menjadikannya jus, kamu bisa mengkonsumsinya dengan jumlah yang lebih banyak. Memproses sendiri buah dan sayur menjadi jus juga membantu menyalurkan emosi di dalam diri kamu.

5. Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan energi dengan cara yang sangat ringan. Dengarkan musik yang paling kamu sukai dan dengarkan pada waktu-waktu tertentu untuk menambah energimu, bisa saat berjalan kaki ke sekolah atau dalam perjalanan pulang ke rumah.

6. Realita Show

Acara reality show memang terkadang tidak masuk akal, tetapi keterbatasan dan kelemahan di dalam acara reality show itu bisa menimbulkan inspirasi tersendiri bagi kamu. Bahkan kelemahan orang lain sebenarnya bisa menjadi energi baru bagi kamu karena kamu akan merasa lebih baik. Bukan mentertawakan kelemahan orang lain, tetapi kamu bisa belajar dari kesalahan orang lain tanpa harus kamu alami sendiri.

7. Menikmati Sinar Matahari

Terik matahari bisa menjadi energi baru buat kamu. Beristirahatlah dan keluar dari ruangan. Udara yang segar serta sinar matahari bisa mengurangi ketegangan dan meremajakan kembali diri kamu. Jika kamu tinggal di tempat beriklim dingin atau hanya mengalami musin dingin yang panjang, pertimbangkan untuk menggeser jadwal kamu agar bisa bangun lebih pagi dan tidur lebih awal atau membeli lampu matahari. *