Skip to content

7 Tips Memelihara Semangat Belajar di Rumah Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 masih saja berlangsung. Akibatnya, kamu masih harus belajar dari rumah. Apakah kamu merasa belajar sendiri di rumah dan hanya beberapa jam belajar daring dengan guru, mulai membosankan? Namun, apa boleh buat, tidak ada pilihan lain.

Suka atau tidak suka, bosan atau tidak bosan, proses belajar mengajar harus kamu ikuti dan pada akhirnya kamu juga akan harus mengikuti ujian. Jika kamu tidak memelihara semangat belajarmu, bisa-bisa kamu ketinggalan pelajaran dan pada saat nanti sekolah kembali dibuka dan tatap muka, kamu tidak mengetahui apa-apa.

Jangan khawatir, masih ada harapan asal kamu mau berusaha. Ini ada tujuh tips yang bisa kamu coba untuk mencegah bosan belajar di rumah selama pandemi.

  1. Pastikan Suasana Tenang

Pastikan suasana belajar di rumah tenang dan bebas gangguan. Jadi kamu bisa mengunakan ruang yang tidak banyak digunakan anggota keluarga untuk belajar. Misalnya, ruang tamu yang hampir tidak pernah lagi menerima tamu selama pandemi. Di teras yang segar karena banyak bunga-bunga dan pohon, atau di kamarmu sendiri. Jadi, jika suasana belajar tenang tanpa gangguan, kamu tidak perlu membutuhkan waktu berlama-lama belajar karena jika kamu berkonsentrasi biasanya belajar lebih efektif.

2. Jalankan Cara Belajar Baru

Jika kamu sudah merasa bosan, coba pikirkan apa yang menyebabkan kamu bosan dan kehilangan semangat. Bisa saja kamu bosan karena cara belajar yang kamu terapkan itu-itu saja. Misalnya, bangun pagi, mandi, makan dan langsung ke kamar untuk belajar selama dua jam tanpa henti. Nah, coba kamu ubah cara belajarmu.

Misalnya, kamu belajar selama 40 menit fokus di kamar, kemudian kamu keluar lagi menyiram tanaman di teras atau makan makanan ringan di meja makan selama 10 menit. Setelah itu, kamu kembali lagi ke kamar dan belajar lagi selama 40 menit selanjutnya. Jadi kamu membuat waktu istirahat di sela-sela jam belajarmu.

3. Tetapkan Target Harian Belajar

Supaya kamu tetap bergairah, buatlah target belajar harian. Cara ini bisa memotivasimu karena pada dasarnya anak muda tidak bisa ditantang. Nah, target ini menjadi tantangan baru bagi kamu. Malu dong pada diri sendiri jika tidak dapat mencapai target yang dibuat sendiri. Namun, kamu harus tetap realistis, jangan membuat target terlalu berat. Nanti kamu malah stress sendiri jika tidak tercapai.

Buatlah target sederhana, misalnya hari pertama menjawab 60 soal dalam 60 menit. Hari hari kedua naik menjadi 100 soal dalam 60 menit dan hari ketiga naik lagi menjadi 120 soal dalam 60 menit. Bisa juga kamu buat target dari sisi nilai. Misalnya, hari pertama target soal yang dijawab benar 50 persen. Hari kedua benar 70  persen, hari ketika 80 persen dan seterusnya.

4. Gunakan Media Belajar Lain

Kalau kamu bosan atau kehilangan semangat karena buku yang kamu baca selama ini ternyata yang itu-itu saja, kamu bisa mencari buku lain dari penulis dan penerbit lain dengan tema yang sama. Biasanya, akan ada perbedaan-perbedaan meskipun tidak mendasar, misalnya dari contoh-contoh yang diberikan atau dari sisi tata bahasa.

Ini bisa memberikan penyegaran baru buat kamu. Selain itu, kamu bisa mengganti media belajar, misalnya kamu bisa membaca buku elektronik di perpustakaan digital atau kamu mencari video-video pembelajaran di youtube. Untungnya, saat ini teknologi sudah sangat canggih, apa saja yang kamu butuhkan bisa diakses di internet hanya dengan satu kata kunci.

5. Cari Suasana Belajar Baru

Kalau kamu bosan terus-terusan belajar di rumah, kamu bisa ikut anggota keluarga, ayah atau ibu yang sedang keluar rumah. Kamu bisa belajar dalam perjalanan di mobil. Misalnya, ibu kamu ke mall untuk berbelanja bulanan. Sambil sekali-sekali melirik ke jalanan, kamu bisa membaca buku pelajaranmu di mobil. Ini bisa mengurangi rasa jenuhmu karena setiap hari belajar di rumah.

Jika kamu tidak berada di kawasan yang menerapkan Pembatasan Skala Besar-Besaran (PSBB) kamu masih bisa ikut orang tua ke mall, tetapi tidak perlu ikut berbelanja karena berisiko terhadap penyebaran virus. Kamu bisa menunggu di kafe yang menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti memakai masker, mengukur suhu tubuh pengunjung dan jaga jarak. Di situ kamu bisa memesan minum sambil membaca buku, baik buku cetak maupun elektronik atau menonton video pembelajaran.

6. Bentuk Kelompok Belajar

Biar menambah variasi, kamu bisa membentuk kelompok belajar secara daring. Saat ini, sudah banyak ruang belajar online gratis, seperti zoom atau MOCO Class. Kamu tinggal daftarkan diri dan membuat kelas untuk mengundang teman-temanmu. Nah, dengan belajar bersama kalian bisa berbagi materi pelajaran yang sudah kalian pelajari masing-masing, bisa juga ngobrol untuk hal-hal ringan karena sudah lama tidak bertatap muka di sekolah. Belajar kelompok bisa sangat menyenangkan dan menghilangkan kebosanan karena selalu belajar di rumah.

7. Sanksi dan Hadiah

Nah, sanksi dan hadiah bisa menjadi penyemangat baru bagi kamu. Jika kamu bisa mencapai target yang sudah kamu tetapkan tadi, kamu bisa memberikan hadiah kepada dirimu sendiri. Misalnya, kamu akan membeli video film kesukaanmu atau membeli game baru atau kamu akan menambah waktu bermain di hari minggu. Jika kamu tidak bisa mencapai target, kamu juga perlu memberikan sanksi kepada dirimu sendiri. Misalnya, tidak main game online sehari penuh. Jadi, kamu bisa memotivasi diri kamu sendiri dengan memberikan sanksi dan hadiah, serta disiplin menjalankannya. Cara ini juga akan memperkuat karaktermu menjadi orang yang lebih disiplin dan bertanggung jawab. *