Skip to content

8 Tips Efektif Belajar Daring di Rumah

Belajar daring dari rumah memang relatif lebih nyaman dibandingkan belajar di sekolah karena tekanan lebih sedikit. Namun, sebenarnya belajar di rumah punya kesulitan tersendiri, seperti banyak gangguan dan adanya godaan untuk menunda-nunda belajar.

Belajar daring dari rumah juga berpotensi membawa kamu ke luar dari jalur karena perhatian bisa teralihkan dengan berbagai kegiatan di rumah, mulai dari membantu orang tua, kedatangan tamu, bermain dengan adik, menonton TV hingga berselancar di dunia internet.

Untuk mengatasi hambatan itu, Oxford Learnin Centar berbasis di London, Inggris, merekomendasikan 8 tips untuk bisa efektif belajar daring dari rumah.

1. Belajar Aktif

Selama di rumah kamu harus tetap belajar aktif. Untuk memotivasi kamu tetap belajar aktif, kamu jawab pertanyaan sebelum, pada saat belajar dan setelah belajar. Sebelum belajar, kamu tanyakan pada dirimu sendiri Apa yang saya pelajari hari ini. Apa yang sudah saya ketahui tentang subjek pelajaran ini?

Pertanyaan pada saat belajar adalah bagaimana informasi bisa masuk ke masalah yang lebih besar? Apakah saya mengerti apa yang baru saya baca? Mampukah saya menjelaskan ulang apa yang saya pelajari? Apakah ada kata kunci dan ide yang dapat saya tulis ulang? Mengapa pelajaran ini penting?

Selanjutnya, pertanyaan yang kamu jawab setelah belajar adalah apa yang dapat saya ambil dari pelajaran kali ini? Apa yang perlu saya ulas atau pelajari untuk sesi belajar selanjutnya? Untuk memastikan kamu belajar aktif, maka semua pertanyaan ini harus dapat kamu jawab.

2. Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Pada usia pelajar, durasi tidur ideal setidaknya delapan jam sehari. Tidur nyenyak adalah jalan terbaik untuk menjamin bahwa otak kamu disegarkan kembali dan siap untuk belajar lagi di hari selanjutnya. Selama belajar dari rumah godaan untuk bergadang memang besar, sebaiknya kamu tetap mengutamakan istirahat cukup. Tidur malam yang cukup juga sangat penting apalagi sehari sebelum ada ujian.

3. Belajar di Waktu yang Tepat

Setiap pelajar memiliki waktu yang paling bisa konsentrasi untuk belajar dan ada kalanya tidak bersemangat. Ada anak yang aktif pada pagi hari hari ada yang sore hari.  Jadi, gunakan waktu belajar di waktu paling produktif, jangan memaksa belajar saat otakmu tidak bisa bekerja maksimal.  Belajarlah di saat kamu sedang segar dan bersemangat, jangan pada saat jam-jam ngantuk.

4. Sediakan Tempat Belajar Khusus

Sediakan tempat belajar khusus, seperti meja makan atau meja di kamar tidur. Ciptakan area tempat belajar yang menjadi khusus zona belajar. Hindari belajar di tempat tidur karena bisa mengundang untuk tidur. Yang paling penting pastikan zona belajarmu tetap bersih dan tersusun rapi, sehingga kamu bisa merasa nyaman waktu belajar.

5. Makan Dengan Benar

Meski di rumah seharian, jangan lupa makan teratur dan bergizi. Tubuh dan otakmu membutuhkan asupan gizi agar kamu bisa belajar dengan baik. Tentunya sulit belajar dan konsentrasi pada saat perut lapar. Sediakan juga makanan ringan untuk menemanimu belajar, tetapi jangan terlalu banyak atau lokasinya terlalu jauh dari zona belajarmu, karena bisa-bisa waktu belajarmu habis untuk snack.

6. Selesaikan Pekerjaan Rumah Sebelum Belajar

Sebelum belajar, sebaiknya selesaikan dulu pekerjaan rumah, seperti membersihkan kamar, mencuci piring, mencuci mobil atau pekerjaan rumah lainnya. Nah, jika pekerjaan sudah selesai, maka kamu akan bisa lebih fokus belajar.

7. Susun Jadwal Belajar

Menyusun waktu belajar akan membantu kamu belajar dengan teratur. Penyusunan waktu belajar juga dibutuhkan jika kamu memiliki banyak mata pelajaran yang harus dipelajari. Tempelkan jadwal belajar dan mata pelajaran yang akan kamu pelajari di dinding atau di tempat yang mudah kamu lihat.

8. Gunakan Pengingat Waktu

Gunakan pengingat waktu atau timer untuk membantu kamu mengatur jadwal belajar tepat waktu. Pengingat waktu bisa kamu aktifkan, mulai dari bangun pagi, mengerjakan tugas rumah, belajar dan kegiatan lain. *