Skip to content

7 Keunggulan Sistem Pembayaran QRIS

Teknologi memang bermanfaat di segala bidang, termasuk di sektor perbankan. Kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai kemana-mana, misalnya untuk bayar uang sekolah, beli barang atau kebutuhan lain. Jadi lebih aman. Semuanya bisa dilakukan dengan bantuan teknologi.

Mungkin kamu sudah sering mendengar QRIS. QRIS adalah salah satu inovasi yang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah layanan pembayaran digital. Inovasi teknologi ini berbasis QR Code Indonesia Standard, disingkat QRIS.

QRIS adalah standar untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS diharapkan dapat mendorong efisiensi alias hemat memudahkan orang melakukan transaksi keuangan dan biaya transaksi murah.

Bagaimana QRIS bekerja dan apa keunggulannya? Berikut informasinya.

  1. Lebih Efisien

Dengan satu QR Code, toko alias merchant tidak perlu memiliki berbagai jenis QR Code dari berbagai penerbit. QRIS terdiri dari spesifikasi QR Code Merchant Presented Mode dan didukung oleh spesifikasi interkoneksi penyelenggara. QRIS disusun dengan menggunakan standar internasional EMV Co.

2. Ikuti Tren Pembayaran Non-Tunai Digital

QRIS mengikuti trend pembayaran secara non-tunai-digital, seperti Ovo, Gopay, LinkAja, Dana, Paytren, CIMB GoMobile, PermataX, MoBRI dan Bank Bali, dan sejumlah bank lain. Potensi perluasan penjualan karena alternatif pembayaran selain kas

3. Dapat Digunakan di Berbagai Negara

Standar ini diadopsi untuk mendukung interkoneksi yang lebih baik dan bersifat open source, serta mengakomodasi kebutuhan spesifik negara, sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara. Saat ini standar tersebut juga telah digunakan di berbagai negara, seperti India, Thailand, Singapore, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan negara lain.

4. Modal ponsel pintar, kamera dan data

Pengguna bisa siapa saja, asalkan kamu memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS. Kamu dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel mereka. Selanjutnya melakukan registrasi ke salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dan  emastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi.

5. Dapat Digunakan di Berbagai Bank dan Platform Pembayaran Digital

QRIS dapat digunakan diberbagai sistem pembayaran perbankan maupun platform pembayaran digital, antara lain BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga dan Danamon, OVO, Gopay, LinkAja  Dana, Paytren, ShopeePay dan BluePay melalui aplikasi.

Selanjutnya konsumen melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, melakukan otorisasi transaksi dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.

6. Tidak Ada Biaya Tambahan

Kamu dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code. Tidak ada biaya tambahan bagi konsumen saat melakukan pembayaran melalui QRIS. Jika kamu mengalami masalah dengan pembayaran anda menggunakan QRIS, silakan diskusikan masalah terlebih dahulu dengan penyedia barang/jasa atau hubungi bank atau platfor digital yang kamu gunakan.

7. Lebih Hemat Bagi Merchant

Merchant cukup memasang satu macam QR Code yaitu QRIS yang dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi konsumen yang telah dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Untuk menerima pembayaran dengan menggunaan QRIS, merchant dapat menghubungi bank atau perusahaan financial technology yang telah menerapkan QRIS. *