Skip to content

7 Aplikasi Pembayaran Digital Tanpa Rekening Bank

Pengguna aplikasi pembayaran digital terus meningkat karena masyarakat mulai menyukai transaksi keuangan yang praktis tanpa harus antree ke bank. Selain itu, pembayaran digital bisa digunakan untuk transaksi pembayaran produk dengan nilai nominal relatif kecil, seperti membeli satu mangkok bakso hingga transportasi online di bawah harga Rp10 ribu.

Untuk melakukan transaksi digital, tidak harus memiliki rekening perbankan. Saat ini, banyak perusahaan teknologi keuangan atau finacial technology (fintech) yang sudah bisa melayani penyimpanan, penarikan uang dan pembayaran belanja barang atau jasa.

Keuntungan lain adalah terhindar dari penipuan uang palsu. Transaksi digital bisa dipakai kapan saja, asalkan tempat yang kamu tuju adalah merchat rekanan fintech yang kamu gunakan. Nah, jika kamu berencana beralih ke transaksi digital dari pembayaran tunai, ini dia tujuh aplikasi transaksi keuangan digital yang kamu download di ponsel pintarmu tanpa harus membuka rekening perbankan.

1. OVO

OVO cukup banyak digunakan, terutama di tempat-tempat yang berafiliasi degan Lippo Group, seperti di mall, pembayaran parkir, departemen store hingga kafe dan restoran. Pengisian pulsa bisa dilakukan melalui ATM, m-banking, internet banking, debit card atau melalui merchant rekanan OVO. OVO juga memberikan poin loyalty rewards setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO.

Sedangkan, jenis keanggotaan OVO dibagi dua, yaitu OVO Club dengan saldo OVO hingga Rp2 juta dan OVO Premier dengan saldo hingga Rp10 juta. Untuk OVO Premier mendapatkan fasilitas gratis transfer ke semua bank dan antar-pegguna. Untuk menggunakannya kamu dapat mendownload aplikasinya di androidnya gratis di google play store dan apple app store atau membuka di laman https://www.ovo.id/.

2. Go-Pay

Go-Pay merupakan layanan jasa keuangan berbasis teknologi milik Go-Jek. Sebagian besar pengguna Go-Pay biasanya adalah konsumen Gojek, sehingga bisa bertransaksi non-tunai untuk menggunakan jasa Gojek, mulai dari alat transportasi, pembelian makanan, jasa antar dan produk lain. Namun, saat ini, pengunaannya lebih luas, seperti mengisi pulsa dan bayar tagihan.

Sedangkan untuk mengisi saldonya, bisa dilakukan di pengemudi Go-jek, di ATM dan minimarket yang bekerja sama dengan Go-Pay. Saldo yang tadinya maksimal Rp2 juta, kini bisa dinaikkan menjadi Rp10 juta dengan memperbagarui akun kamu. Aplikasinya juga bisa didownload secara gratis google play store dan apple app store atau membuka di laman https://www.gojek.com/gopay/.

3. i.Saku

i.Saku adalah produk keuangan digital dari PT Inti Dunia Sukses (PT IDS) yang melayani transaksi keuangan dalam bentuk pengisian saldo, pembelian, penarikan uang dan transfer (Cash In, Purchase, Cash Out dan Transfer) melalui media ponsel. Sedangkan, nilai uang secara elektronik dalam suatu media server. Transaksi dapat juga dilakukan melalui merchant rekanan PT IDS.

Jenis layanan terbagi dua,  yaitu standard service dengan maksimal limit saldo Rp2 juta dan full service dengan maksimal saldo Rp1 juta. Sedangkan, biaya yang diberlakukan untuk registrasi gratis, bayar merchant gratis, isi saldo Rp1.000 per transaksi dan tarik saldo Rp5.000 per transaksi dan untuk transfer bebas biaya. Bisa didownload aplikasinya di google play store dan apple app store atau di laman https://www.i-saku.com/.

4. PayTren

Aplikasi Paytren menyediakan jasa pembayaran tagihan, wakaf, zakat, sedekah, membayar tagihan PLN, PDAM, BPJS, tagihan telepon, Telkom, gas, pembelian di merchant rekanan PayTren. Membeli pulsa, paket data, tiket kereta, voucher game, tiket pesawat dan hotel. Jika tertarik kamu bisa mendownload aplikasinya di google play store dan apple app store atau membuka di laman https://www.paytren.co.id/.

5. LinkAja

LinkAja produk operator telekomunikasi Telkomsel untuk melayani transaksi keuangan digital. Untuk mengisi saldo bisa dilakukan di GraPari Telkomsel, minimarket, atau melalui transfer bank. LinkAja (sebelumnya bernama Telkomsel Cash atau TCASH), Layanan TCASH hanya dapat digunakan oleh para pengguna kartu Telkomsel KartuHalo, simPATI, Kartu As dan LOOP.

Pengguna dapat melakukan pengisian saldo TCASH di GraPARI, GeraiHALO, Bang TCASH (berupa outlet-outlet kecil di daerah-daerah sebagai pengganti fungsi bank) dan agen-agen terdaftar lainnya. Jumlah saldo yang dapat disimpan dapat mencapai nominal hingga Rp10 juta. Saldo yang ada di TCASH dapat ditransfer kembali ke rekening bank. Aplikasinya dapat didownload di google play store dan apple app store atau membuka di laman https://www.linkaja.id/.

6. DANA

DANA merupakan bentuk baru pembayaran dalam genggaman Anda. Dengan menggunakan DANA, anda bisa melakukan berbagai macam transaksi elektronik melalui berbagai layanan yang tersedia, seperti Saldo DANA, Transfer Bank, Kartu Kredit, dan juga Setor Tunai ke minimarket.

Dana juga menerbitkan akun DANA premium dengan batas saldo maksimal Rp10 Juta dengan fasilitas pengiriman uang, tarik tunai, sertai penawaran spesial dan berbagai keuntungan lain. DANA hanya bisa digunakan pada ponsel berbasis iOS dan Android atau membuka di laman https://dana.id/.

7. Sakuku

Sakuku bisa digunakan untuk membayar belanjaan di merchant fisik toko atau merchant online Sakuku. Aplikasi ini juga dapat melakukan transfer dana, isi pulsa dan membeli voucher game favorit sesama pengguna Sakuku dengan memindai QR khusus Sakuku Plus.

Dengan minimal transfer Rp5 ribu, teman yang diminta atau meminta transfer harus lebih dulu mengaktifkan Sakuku Plus. Untuk menggunakannya kamu juga dapat mendownload aplikasinya di google play store dan apple app store atau membuka di laman https://www.bca.co.id/sakuku. *