Skip to content

Ingin Memulai Karir di Usia Muda? Ini Dia 5 Jurusan SMK yang Bisa Kamu Pilih

Tahun Ajaran Baru telah dimulai, bagi kamu yang sudah duduk di kelas 9 alias kelas 3 SMP, siap-siap untuk memutuskan apakah akan masuk SMA atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK akan mempersiapkanmu menjadi tenaga trampil di satu bidang pekerjaan dan begitu lulus, langsung siap pakai di dunia kerja.

Tidak perlu banyak mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti di SMA, di SMK kamu akan fokus diajarkan untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Bidang ilmunya juga sangat spesifik, sesuai jurusan yang kamu pilih. Jadi kamu bisa langsung memulai karirmu di usia muda alias masih belasan tahun. Tertarik? Ini 5 jurusan SMK yang patut kamu pertimbangkan.

1.            SMK Farmasi

SMK farmasi dulunya bernama Sekolah Asisten Apoteker (SAA) karena setelah lulus diharapkan bekerja di apotik atau perusahaan obat. Tugasnya membantu pekerjaan Apoteker. Lapangan kerja yang disediakan bagi lulusan SMK cukup banyak, terutama yang berkaitan dengan industri farmasi. Untuk bagian produksi, kamu bisa bekerja di apotek untuk meracik obat dari resep yang diberikan dokter. Kemudian, di pabrik farmasi untuk memproduksi obat-obatan.

Selain di bagian produksi, permintaan untuk lulusan SMK farmasi juga banyak dibagian marketing obat, seperti menjadi Medical Representatif karena profesi ini membutuhkan pemahanan dan logika tentang cara kerja obat di dalam tubuh.

SMK Farmasi banyak mempelajar ilmu kimia, botani alias ilmu tanaman yang khusus dapat digunakan sebagai obat, serta belajar bahasa latin. Soalnya, untuk dunia obat-obatan bahasa yang digunakan adalah bahasa lain karena bahasa latin adalah bahasa mati, sehingga kemungkinan terjadi perubahan artinya saat ini dan dimasa mendatang sangat kecil.

2.            SMK Animasi dan Multimedia

Jurusan animasi dan multimedia memang sedang naik daun diera digital saat ini. Apalagi sejak ada Covid-19, semua perusahaan membuka unit multimedia. Hampir semua sektor membutuhkan sumber daya manusia dibidang animasi dan multimedia. Pertama, jika kamu tertarik bekerja di industri penyiaran yang memang gudangnya para pekerja animasi dan multimedia.

Kedua, saat ini, hampir semua perusahaan memiliki devisi multimedia untuk melakukan promosi produk ke pihak eksternal ataupun untuk kebutuhan internal perusahaan. Rumah ibadah, organsiasi masyarakat, lembaga pendidikan, perusahaan swasta, perusahaan pemerintah, hampir semua membutuhkan tenaga multimedia. Kamu juga berpeluang menjadi wiraswasta dengan menjadi youtuber membuka perusahaan animator atau desain grafis.

3.            SMK Pariwisata

SMK pariwisata memiliki prospek yang sangat bagus. Apalagi, Indonesia memiliki banyak sekali kawasan wisata yang sudah berjaya atau kawasan yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah. Kamu juga bisa berkarir di luar negeri asalkan kamu menambah pengetahuan bahasa asing, di luar ketrampilanmu di bidang pariwisata, misalnya perhotelan, wisata bahari, ekowisata dan keahlian spesifik lain.

Saat ini, sektor pariwisata juga tidak hanya melulu soal turis asing atau turis mancanegara, industri perhotelan misalnya, sudah sangat berkembang. Hotel tidak lagi hanya menjadi tempat menginap, tetapi juga tempat menggelar pertunjukan, rapat, serta kegiatan lain, seiring degan perubahan gaya hidup masyarakat. Kamu bisa ambil bagian di dalamnya, asalkan kamu selalu siap beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.

4.            SMK Tata Boga

Menjadi koki alias chef adalah sebuah profesi yang populer dan banyak digemari generasi muda saat ini. Setelah lulus SMK tata boga, kamu bisa bekerja di restoran, hotel atau perusahaan yang bergerak di insutri makanan dan minuman lain. Memang untuk menjadi koki terkenal dan bertarif mahal tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun, tidak ada yang mustahil, jika kamu percaya. Tentunya dengan tidak henti-hentinya belajar menghasilkan resep-resep yang lezat. Jangan lupa menjadi seorang profesional chef dibutuhkan karakter kuat, mandiri, pantang menyerah dan bersikap baik.

5.            SMK Tata Busana

SMK tata busana tidak kalah populernya dengan tata boga saat ini. Kamu bisa bekerja di industri tekstil di dalam dan di luar negeri. Kamu juga bisa berwiraswasta membuka rumah mode sendiri menjadi seorang desainer ata perancang moda. Tahukah kamu bahwa desainer yang memahami dunia jahit-menjahit saat ini banyak sekali dibutuhkan masyarakat. Bahkan sering ditemui rumah-rumah mode tidak merima pelanggan lagi di hari-hari besar karena banyaknya konsumen.

Industri fesyen juga tidak pernah ada matinya. Sebagai desainer, kondisi ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis besar bagi kamu. Asalkah kamu serius, konsisten, selalu mengembangkan diri dan memiliki attitude yang positif, maka cepat atau lambat kamu akan segera meraih kesuksesan dibidang yang kamu tekuni. Tidak hanya dari sisi popularitas, tetapi juga beriringan dengan kenaikan pendapatan. *