Skip to content

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli: Menguak Sejarah dan Tugas Pokok Pustakawan

Di Indonesia, setiap tahunnya pada tanggal 7 Juli merupakan diperingatinya Hari Pustakawan Nasional.  peringatan tahunan Hari Pustakawan Nasional adalah ajang untuk mengapresiasi peran penting seorang pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan.

Hari Pustakawan Nasional ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai arti penting profesi pustakawan. Sebab, Pustakawan memiliki peranan penting dalam perkembangannya dunia literasi dan informasi di Indonesia.

Lantas, Bagaimana sih sejarah munculnya Hari Pustakawan ini? Apa saja tugas pokok serta tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pustakawan? Sobat EDOOers Yuk, kita simak informasinya berikut ini:

Sejarah Hari Pustakawan Nasional

Kisah di balik Hari Pustakawan yang dirayakan setiap 7 Juli ini erat kaitannya dengan berdirinya Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). IPI adalah organisasi yang menjadi payung bagi para pustakawan di seluruh Indonesia. Perayaan Hari Pustakawan sendiri berawal dari momen penting saat IPI didirikan pada 7 Juli 1973, dalam Kongres Pustakawan Indonesia yang berlangsung di Ciawi, Bogor, pada 5-7 Juli 1973.

Sejak tahun 1990, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menetapkan tanggal 7 Juli sebagai Hari Pustakawan di Indonesia. Maka, setiap tanggal 7 Juli, kita tidak hanya merayakan Hari Pustakawan, tetapi juga hari lahirnya IPI atau HUT IPI.

Hari Pustakawan ini juga memiliki tujuan penting, yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran pustakawan. Di dunia literasi dan informasi, pustakawan adalah pilar yang krusial bagi perkembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan.

Apa itu Pustakawan?

Profesi pustakawan dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Menurut UU tersebut, pustakawan adalah individu yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus di bidang kepustakawanan, dan memiliki tugas penting dalam mengelola serta menyediakan layanan perpustakaan.

Tidak hanya itu, pustakawan juga berperan besar dalam meningkatkan literasi di masyarakat. Meskipun di Indonesia profesi ini belum begitu dikenal, di banyak negara lain, pustakawan adalah profesi yang sangat diminati.

Dilansir dari situs Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Indonesia memiliki jumlah perpustakaan terbanyak kedua di dunia setelah India. Sayangnya, jumlah pustakawan di Indonesia masih sangat minim. Padahal, tanpa pustakawan, pengelolaan perpustakaan tidak akan berjalan dengan lancar.

Tugas Pokok Pustakawan

Pustakawan memiliki sejumlah tugas penting dalam menjalankan pekerjaannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, berikut adalah tugas utama pustakawan:

  1. Pengelolaan Perpustakaan: Pustakawan bertanggung jawab merencanakan, menyelenggarakan, memonitor, dan mengevaluasi berbagai kegiatan perpustakaan.
  2. Pelayanan Perpustakaan: Pustakawan memberikan layanan teknis seperti pengembangan koleksi dan melayani pengguna perpustakaan dengan menangani peminjaman dan pengembalian koleksi.
  3. Pengembangan Sistem Kepustakawanan: Pustakawan melakukan kajian, pengembangan, analisis karya kepustakawanan, serta menelaah sistem kepustakawanan.

Selain tugas pokok tersebut, pustakawan juga memiliki tugas utama yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan. Menurut laman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, tugas utama pustakawan adalah mencari, menghimpun, mengelola, menyajikan, dan menyebarluaskan informasi yang ada di perpustakaan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cara Memperingati Hari Pustakawan 7 Juli

Ada beberapa cara seru yang bisa kamu lakukan untuk ikut merayakan Hari Pustakawan Nasional pada tanggal 7 Juli:

  • Cari Tahu dan Pelajari: Gali informasi tentang Hari Pustakawan dan profesi pustakawan. Mengetahui lebih banyak akan membuatmu lebih menghargai peran mereka.
  • Edukasi Orang Lain: Bagikan pengetahuan yang kamu dapat tentang profesi pustakawan kepada orang-orang di sekitarmu. Semakin banyak yang tahu, semakin baik!
  • Apresiasi Langsung: Ucapkan terima kasih secara langsung kepada pustakawan yang kamu kenal. Mereka pasti akan senang menerima apresiasi.
  • Bagikan di Sosial Media: Sebarkan konten atau edukasi tentang Hari Pustakawan 7 Juli 2024 di media sosialmu. Ayo, jadikan hari ini trending!

Itulah beberapa cara untuk merayakan dan memahami pentingnya profesi pustakawan serta sejarah di balik Hari Pustakawan yang diperingati setiap tanggal 7 Juli. Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk ikut merayakannya.

Selamat Hari Pustakawan 2024!

by : Ma’ruf Munir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *