Skip to content

Inilah 5 Kebakaran Hutan Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Dunia

Salah satu contoh bencana tahunan yang sering kali terjadi di berbagai belahan dunia ialah kebakaran hutan. Walaupun, kerap kali terjadi di alam liar, akan tetapi kebakaran hutan juga memiliki dampak yang cukup besar, lho EDOOers. Nah, berikut daftar kebakaran hutan paling mematikan di dunia.

Tak bisa dipungkiri apabila perubahan iklim telah memicu berbagai macam bencana yang mematikan di Bumi. Berangkat dari berbagai bencana tersebut, kebakaran hutan adalah salah satu bencana yang paling kerap diberitakan. 

Sedangkan, penyebab utama dari kebakaran hutan tentu bisa dipengaruhi oleh faktor alam ataupun pun faktor perbuatan manusia. Contoh dari faktor alam ialah seperti sambaran petir dan musim kemarau yang berkepanjangan.

Sementara itu, faktor perbuatan manusia seperti pembakaran sampah yang dilakukan dalam hutan dan membuang puntung rokok sembarangan di hutan. Adapun sejarah dunia, pernah mencatat beberapa kebakaran hutan paling mematikan dengan korban terbanyak di dunia. Yuk, simak penjelasan berikut!

  1. Kebakaran Peshtigo (1871)

Kebakaran Peshtigo merupakan kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah manusia yang berhasil tercatat. Kebakaran yang terjadi pada 8 Oktober 1871 ini, terjadi saat seluruh wilayah Great Lake dipengaruhi oleh kebakaran besar yang menyebar luas ke seluruh negara bagian AS di Wisconsin, Michigan, dan Illinois. 

Adapun, jumlah korban meninggal dunia karena bencana ini mencapai antara 1.200 hingga 2.500 orang. Bahkan, dari total itu korban tersebut, ada lebih dari 350 jenazah dikuburkan secara massal karena sudah tidak dapat dikenali. 

Selain menyebabkan begitu banyak korban jiwa, kebakaran hutan ini juga menyebabkan kerugian besar, lho EDOOers. Sekitar 1,2 juta hektare lahan hangus terbakar dan kerugian materi mencapai sekitar USD 169 juta (Rp2,4 triliun).

  1. Kebakaran Michigan (1881)

Kebakaran hutan paling mematikan kedua dalam sejarah manusia ialah kebakaran Michigan. Kebakaran yang terjadi pada tahun 1871 ini bersamaan dengan kebakaran paling mematikan di Peshtigo, akan tetapi bencana ini merupakan kasus kebakaran yang terpisah.

Penyebab kebakaran hutan ini disebutkan karena industri penebangan kayu yang besar di wilayah tersebut. Sebab saat itu, banyak lahan-lahan gundul dan meninggalkan sejumlah besar tebangan dan kayu yang tidak digunakan. Namun, ada yang menyebutkan karena dipicu kilat atau hujan meteor.

Pada saat kebakaran Michigan ini terjadi, wilayah Michigan sedang dilanda musim panas serta kekeringan, sehingga memperparah besarnya kobaran api. Alhasil, korban jiwa dari kebakaran ini diperkirakan mencapai 482 jiwa.

  1. Kebakaran Cloquet (1918)

Kebakaran hutan yang terjadi pada 12 Oktober 1918 di Minnesota ini dikenal sebagai The Cloquet-Moose Lake Fire. Adapun, kebakaran hutan paling mematikan di abad ke-20 ini menewaskan orang hingga 453 jiwa.

Bahkan, kobaran api dari kebakaran ini membakar kurang lebih 1.500 mil persegi lahan yang sedang dilanda musim panas dan keadaannya sangat kering. Sedangkan, kerusakan properti akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai US 73 juta (USD1,256 miliar pada tahun 2021 atau setara Rp17,9 triliun).

  1. Kebakaran Hinckley (1894)

Kebakaran hutan paling mematikan nomer empat dalam sejarah manusia juga terjadi di Minnesota. Pada peristiwa ini, api menyebar ke seluruh Pine County di Minnesota Timur dan menghancurkan kota kecil Hinckley, sehingga dinamakan kebakaran Hinckley.

Kebakaran ini terjadi pada 1 September 1894 usai kawasan di wilayah Upper Midwest Amerika Serikat mengalami kekeringan akibat musim panas selama dua bulan. Selain itu, dikombinasikan dengan suhu esktrem, beberapa titik kebakaran kecil yang terjadi di hutan pinus Pine County.

Penduduk Kota Hinckley yang tidak sempat menyelamatkan diri mencoba menyelam ke rawa-rawa, akan tetapi sayangnya banyak dari mereka yang malah tewas tenggelam. Adapun korban jiwa dari kebakaran Hinckley ini mencapai 418 jiwa.

  1. Kebakaran Chicago (1871)

Kebakaran besar Chicago dimulai pada 8 Oktober 1871 dan baru padam setelah dua hari lamanya. Adapun bencana ini menewaskan korban jiwa sekitar 290 jiwa, 17.500 bangunan runtuh, lebih dari 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal, dan menyebabkan kehancuran kurang lebih 3,3 mil persegi wilayah Chicago dan Illinois.

Kebakaran ini menyebabkan kericuhan lainnya yaitu terjadinya penjarahan dan keadaan keamanan yang tidak menentuk di Chicago. Bahkan, sampai pemerintah setempat harus mengerahkan para tentara dengan status wilayah yang darurat militer.

Itulah tadi beberapa peristiwa kebakaran hutan paling mematikan di sepanjang sejarah dunia. Semoga bencana-bencana besar tersebut tidak akan terjadi lagi dan mari kita jaga lingkungan sekitar kita. Salam Literasi Untuk Edukasi!