Skip to content

Tidak Cuma Bahasa Inggris Saja: Inilah 5 Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai

Bahasa menjadi alat pemersatu yang digunakan manusia untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Tahukah EDOOers, ada ribuan lebih bahasa di dunia, loh! Akan tetapi, Bahasa Inggris yang menjadi bahasa global. Lantas, bahasa asing apa saja yang sebaiknya dipelajari ya selain Bahasa Inggris? Yuk, cari tahu sama-sama lewat artikel ini!

Nyatanya pada era sekarang, jago berbahasa Inggris belum dapat dianggap cukup untuk bersaing dalam banyak hal. Sebab, menjadi multibahasa itu semakin penting. Kemampuan berbahasa asing yang mumpuni dan bagus, bisa menjadi peluangmu untuk bekerja di perusahaan multinasional kelak dan bisa lebih mudah untuk travelling ke luar negeri.

Maka dari itu, EDOOers harus menguasai atau setidaknya mencoba mempelajari beberapa bahasa asing. Namun bahasa asing apa ya yang perlu dikuasai? Yuk, belajar sama-sama lewat artikel dibawah ini.

  1. Bahasa Mandarin

Bahasa asing pertama yang perlu dipelajari adalah bahasa Mandarin, ya EDOOers. Sebab, di seluruh dunia terdapat 983 juta orang yang bisa berkomunikasi dalam bahasa Mandarin.

Bahkan, setidaknya ada 1.2 miliar jiwa memahami bahasa Mandarin tersebut, meski tidak dapat menggunakannya dengan begitu lancar. Sementara itu, memahami bahasa ini sangat penting jika EDOOers ingin sukses dalam bisnis kelas Internasional.

Sebab dengan menguasai bahasa Mandarin bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kalian dapat bertahan di gempuran industri bisnis dalam kelas global. Pasalnya, para pemain-pemain utama dalam bidang-bidang tersebut sebagian besarnya adalah orang Tiongkok.

Adapun, bahasa Mandarin ialah bahasa resmi Negara China, Taiwan, dan Hong Kong. Namun, ada bahasa lain yang satu rumpun dengan Mandarin, di antaranya seperti Kanton, Yanbian, Wu Xiang. Selain itu, bahasa Mandarin juga menjadi bahasa resmi lho di PBB.

  1. Bahasa Jerman

Jerman dapat dikatakan sebagai salah satu negara Eropa dengan kondisi perekonomian yang cukup stabil. Bagaimana tidak, Jerman ialah negara yang sangat maju dalam bidang industrinya.

Maka dari itu, jika EDOOers ingin berbisnis secara global dalam bidang tersebut, EDOOers mungkin setidaknya harus dapat fasih dalam berbahasa Jerman. Selain itu, bahasa Jerman juga digunakan di negara lainnya, seperti Belgia, Austria, Swiss, Belanda, dan Denmark.

Bahkan, bahasa Jerman juga merupakan bahasa terpenting kedua di dunia pada bidang ilmu pengetahuan, lho EDOOers. Hal tersebut dikarenakan Jerman menduduki peringkat ketiga untuk kontribusi pada bidang litbang, dan menyediakan banyak beasiswa-beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing.

  1. Bahasa Arab

Bukan hanya menjadi salah satu bahasa yang paling tua di dunia, bahasa Arab juga masih relevan untuk digunakan sampai saat ini. Bahkan, sejak tahun 1974, bahasa Arab ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh PBB.

Belum lagi, bahasa Arab ini merupakan bahasa kitab suci Al-Quran. Apabila EDOOers menghadapi mata pelajaran yang menggunakan bahasa Arab di sekolah atau kampus, tentunya akan lebih mudah jika kamu sudah pernah mempelajarinya lebih dalam lagi.

  1. Bahasa Jepang

Salah satu bahasa Asia lain yang mungkin juga penting untuk EDOOers pelajari ialah bahasa Jepang. Soalnya, Bahasa Jepang bukan hanya sekedar bermanfaat untuk dunia bisnis, tetapi juga di dunia pendidikan. Apalagi, Jepang ialah salah satu negara yang cukup maju dalam perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, tidak jarang orang yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang sains akan memilih untuk meneruskan studi kuliahnya di negeri Matahari Terbit tersebut. Tidak hanya itu, bahasa Jepang juga dapat menjadi bahasa Asing untuk kerja, sebagai bekal EDOOers nanti setelah lulus terjun di dunia kerja.

Tahukah EDOOers, bahwa bahasa Jepang masuk ke dalam peringkat lima belas besar di antara bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, loh! Bahasa ini juga diajarkan di sebagian besar sekolah-sekolah di benua Asia, bersaing dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

  1. Bahasa Rusia

Mungkin sebagian dari EDOOers sudah tidak asing lagi dengan nama Fiki Naki ya. Seorang youtuber asal Indonesia yang terkenal dikarenakan kemampuan multilingualnya, salah satunya yaitu bahasa Rusia. Bahasa Rusia sendiri ialah bahasa resmi PBB, akan tetapi belum banyak diajarkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Padahal, menguasai bahasa Rusia ini banyak manfaatnya, lho EDOOers. Saat ini, Rusia merupakan negara ke-9 yang terbanyak dikunjungi, karena panorama alamnya yang sangat indah, juga beragam tempat wisata seperti Museum Hermitage st. Pitersburg, Istana Kremlin Moscow, Galeri Tretyakov, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perguruan tinggi di negara Rusia tidak kalah berkualitasnya dengan perguruan tinggi di Eropa. Sebab institusi pendidikan tinggi Rusia sangat terkenal dengan program sains, seni, dan matematikanya, loh! Jadi, jika EDOOers tertarik, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa Rusia ini. 

Demikianlah tadi kelima bahasa asing yang perlu EDOOers pelajari selain bahasa Inggris. Sebenarnya, masih banyak lagi bahasa asing perlu dipelajari untuk menghadapi persaingan global di masa mendatang. Jangan malas belajar, ya! Salam Literasi Untuk Edukasi!