Skip to content

Sudah Berusia Ribuan Tahun: Inilah 7 Negara Tertua di Dunia

Pernahkah EDOOers berpikir di dataran bumi ini negara mana yang paling tua, atau setidaknya yang ditemukan lebih dahulu. Negara mana yang memiliki peradaban lebih dulu? kalau kemarin EDOO sudah membahas tentang negara termuda di dunia. Maka dari itu, kali ini EDOO akan menjelaskan beberapa negara tertua di dunia.

Pada sebuah laporan yang diterbitkan oleh situs Oldest, masyarakat pada masa awal peradaban, yaitu sekitar tahun 6500 SM, mulai meninggalkan gaya hidupnya yang nomaden. Mereka mulai menetap di suatu wilayah tertentu dan mulai mengembangkannya. Hal tersebut merupakan awal dari pembentukan konsep negara.

Adapun, berdirinya sebuah negara selama berabad-abad ialah dikarena adanya pemimpin pada masa itu. Kedaulatan pun hadir secara turun temurun dan bertahan sampai sekarang. Berkaitan dengan hal itu, menarik untuk mengetahui negara tertua di dunia. Simak daftar 7 negara tertua di dunia sebagai berikut.

  1. Mesir (6000 SM)

Negara yang tercatat dalam sejarah dengan peradaban paling tua adalah Mesir kuno. Salah satu negara yang berada di benua Afrika ini punya sejarah yang panjang dalam perjalanannya menjadi sebuah negara. Pada sekitar tahun 6000 SM, para kelompok pemburu-pengumpul sudah tinggal di lembah Sungai Nil.

Nah, dinasti pertama Mesir baru mulai dibentuk pada tahun 3100 SM yang dipimpin oleh Raja Narmer. Pada masa pemerintahannya, Narmer berhasil mengendalikan aktivitas di sepanjang jalur aliran Sungai Nil dan mendirikan ibu kota dekat wilayah Kairo modern, yakni Memphis.

Kemudian, Mesir modern berevolusi sesudah Revolusi Mesir pada tahun 1952. Selanjutnya, pada tahun 1953 berdirilah peradaban Mesir modern. Meskipun menjadi negara tertua di dunia, Mesir juga pernah mengalami beberapa kali penjajahan sampai akhirnya baru merdeka pada 28 Februari 1922.

  1. India (3300 SM)

India menjadi salah satu negara tertua berdasarkan sejarah peradabannya, lho EDOOers. Jejak peradaban awal muncul di Lembah Indus pada sekitar tahun 3300 SM. Kendati peradaban telah ada pada waktu itu, identitas nasional bangsa India mulai terbentuk sepenuhnya selama era Veda, yang berlangsung sekitar tahun 1500-600 SM.

Peradaban Veda menjadi fondasi utama bagi kepercayaan Hindu, dengan diperkaya teks-teks Veda kuno dan warisan budaya yang masih dijaga sampai sekarang di anak benua India. Munculnya kerajaan pertama diketahui terjadi pada sekitar tahun 1200 SM dan berlangsung sampai akhir periode Veda.

  1. Afghanistan (3000 SM)

Afghanistan tercatat dalam sejarah sudah muncul sejak 3000 SM, dan mempunyai sejarah yang sama panjangnya dengan India. Peradabannya sendiri dimulai dari sebuah wilayah yang diberi nama kota Mundi Gak yang menjadi salah satu bagian penting dari koloni orang-orang di Lembah Indus.

Adapun, lembah indus tersebut menjadi salah satu daerah yang mewujudkan banyak peradaban di berbagai macam negara, sehingga wilayah ini masuk ke dalam bagian negara Pakistan, India dan Afganistan.

Nah, pada sekitar tahun 2000 SM, orang-orang melakukan migrasi dari Asia Tengah dan mulai menetap di wilayah Afghanistan. Orang-orang tersebut merupakan suku Indo-Iran, yang berangsur-angsur bermigrasi lagi ke India bagian selatan.

  1. China (2070 SM)

Dinasti pertama di Tiongkok, yaitu Xia, ditemukan pertama kali pada tahun 2070 SM dan berkuasa dari tahun 2070 SM hingga 1600 SM. Dinasti ini mempunyai sedikit catatan sejarah yang bisa ditemukan, dan catatan tertulis mulai muncul pada masa Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM).

Sedangkan, informasi mengenai Dinasti Xia diperoleh dari berbagai sumber sejarah, termasuk the Classic of History, Bamboo Annals, dan the Records of the Grand Historian. Sejarah Cina terus berkembang sampai pada masa Dinasti Qing pada tahun 1912, sebelum negara ini memasuki era peradaban modern dengan berdirinya Republik Rakyat Cina.

  1. Georgia (1500 SM)

Sebagai bekas negara Uni Soviet, Georgia juga menjadi salah satu negara tertua di dunia, lho EDOOers. Negara ini memulai peradabannya sejak tahun 1500 SM pada masa Kerajaan Karlti/Iberia dan Kerajaan Colchis dan.

Kedua kerajaan tersebut memainkan peran sangat penting selama zaman Perunggu Eurasia. Bahkan, keberadaan Kerajaan Colchis ini sering disebutkan dalam kisah mitologi Yunani, khususnya dalam kisah tentang Bulu Domba Emas.

  1. Ethiopia (980 SM)

Bisa dikatakan negara Etiopia menjadi salah satu negara paling tua dan memiliki peradaban paling awal yang ada di benua Afrika. Ethiopia atau juga disebut sebagai Republik Demokratik Federal Ethiopia ini berada berdekatan dengan negara Kenya, Somalia, Sudan, dan Eritrea.

Ethiopia menjadi salah satu negara paling merdeka diantara negara-negara lain di benua Afrika. Jauh sebelum kemerdekaannya, pemerintahan Ethiopia sudah memulai dibentuk sejak tahun 980 SM. Kendati wilayahnya tidak luas, akan tetapi Ethiopia menjadi negara yang paling damai.

Tak hanya itu, sebenarnya Ethiopia sendiri merupakan negara yang lebih dulu maju jika dibandingkan negara-negara di Eropa. Bahkan, kenyataannya negara kecil ini sudah mempunyai kekaisaran Kristen yang lebih dulu daripada Romawi, yaitu sekitar abad ke 4.

 

  1. Yunani (800 SM)

Peradaban Yunani menjadi salah satu yang paling maju dalam sejarah, dan mengalami perkembangan pertama sekitar tahun 800 SM sesudah keluar dari masa Abad Kegelapan. Orang-orang disana terkenal dengan kemajuan di bidang seni, sastra, dan teknologi, akan tetapi yang paling signifikan adalah konsep polis, atau negara-kota.

Meskipun, benua Eropa terdapat banyak negara-negara yang maju. Namun, negara kecil ini menjadi cikal bakal budaya barat di wilayah Eropa. Buktinyan adalah setelah tahun 800 SM, Yunani mencapai kemakmurannya dengan mulai mengembangkan perdagangan, segala bentuk arsitektur, ilmu-ilmu, kebudayaan, filsafat, hingga drama.

Demikianlah tadi daftar 7 negara tertua di dunia yang mungkin baru pertama kalian ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan EDOOers sekalian! Salam Literasi Untuk Edukasi!