Skip to content

Mengenal Macam-Macam Alat Optik Beserta Fungsinya

Saat mempelajari pelajaran Fisika di sekolah, pastinya EDOoers akan menemukan materi tentang macam-macam alat optik dan fungsinya. Pengetahuan tersebut cukup penting untuk EDOOers pelajari, karena alat optik banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? Yuk, baca sampai akhir!

Siapa nih yang pernah mengunjungi Observatorium Bosscha? Atau, kalau EDOOers pernah nonton film Petualangan Sherina, pasti nggak asing lagi dengan bangunan Cagar Budaya Nasional satu ini. Kamu tahu nggak, Observatorium Bosscha ini adalah observatorium astronomi tertua yang ada di Indonesia dan merupakan alat optik pula.

By the way, pada artikel ini, EDOO nggak akan membahasa banyak tentang teleskop di Observatorium Bosscha nih, melainkan al-alat optik. So, buat EDOOers yang penasaran dengan apa itu alat optik, dan contoh-contoh alat optik yang lain selain teleskop, yuk simak artikel ini bersama-sama ya!

Pengertian Alat Optik

Alat optik merupakan alat-alat yang memanfaatkan lensa atau cermin untuk memanfaatkan sifat-sifat asli cahaya, yaitu bisa dibiaskan dan dipantulkan. Selain dari mata manusia itu sendiri, ada alat-alat optik yang digunakan bersamaan dengan mata yang dapat membantu penglihatan.

Tahu nggak sih kalian? Kalo mata kita itu termasuk contoh alat optik alami. Selain itu, ada juga jenis alat optik buatan yang membantu kita melihat objek yang sangat kecil, sangat jauh, atau terlalu kompleks, jika dilihat dengan mata telanjang.

Sejatinya, fungsi dari alat optik itu berbeda-beda dan tergantung jenis dan desain yang dimiliki. Namun, fungsi utama dari alat optik ialah memanipulasi cahaya atau radiasi elektromagnetik untuk tujuan analisis, pengamatan, pemrosesan gambar, dan aplikasi lainnya.

Macam-Macam Alat Optik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, alat optik dibagi menjadi dua jenis, yaitu alat optik alami dan alat optik buatan. Supaya EDOOers bisa memahami dengan lebih jelas, yuk kita bahas macam-macam alat optik beserta fungsinya secara lebih mendetail!

  1. Mata

Mata merupakan satu-satunya contoh alat optik alami yang ada di dunia ini, lho EDOOers. Mata juga menjadi alat optik utama yang merupakan dasar dari diciptakannya berbagai alat-alat optik buatan.

Sedangkan, fungsi mata itu dengan cara menerima, lalu memfokuskan, dan mentransmisikan cahaya melalui lensa mata. Lensa mata tersebut akan menghasilkan bayangan objek yang kemudian ditangkap oleh retina mata kita. Selanjutnya, bayangan objek yang ditangkap oleh retina, dikirimkan ke otak lewat saraf optik untuk diolah untuk menjadi gambar yang kita lihat.

  1. Lup (Kaca Pembesar)

Lup atau kaca pembesar cuma terdiri dari satu lensa positif yang berfungsi untuk memperbesar ukuran bayangan yang terbentuk di retina. Lup sebetulnya merupakan lensa cembung yang ditaruh antara mata dengan benda yang kita amati.

Lup sering digunakan oleh tukang arloji atau jam tangan untuk membantu memperbaiki arloji. Berkat kelebihan alat optik satu ini komponen-komponen arloji atau jam tangan yang ukurannya kecil, bisa terlihat jelas dan proses perbaikan jadi lebih cepat selesai.

  1. Kacamata

Kaca mata adalah alat optik yang dimanfaatkan untuk membantu melihat pada orang yang memiliki cacat di matanya, entah itu rabun jauh, rabun dekat, maupun mata silindris. kaca mata terdiri dari tiga komponen, seperti lensa (tergantung jenis cacat matanya), frame atau kerangka yang menyangga lensa.

Cara kerja kacamata ialah dengan mengatur bayangan supaya jatuh tepat di retina. Jadi, kacamata ini kan memiliki kaca/lensa ya, EDOOers. Nah, lengkungan lensa kacamata dapat dibuat berbagai ukuran dan bentuk seperti kornea mata.

Bagi penderita rabun dekat (miopi), lensa yang digunakan adalah yang berbentuk cembung atau melengkung ke arah dalam. Sebaliknya, bagi penderita rabun jauh (hipermetropi), lensa yang digunakan ialah lensa cekung dengan lengkungan mengarah ke luar.

Namun, bagi penderita astigmatisma, lensa kacamata yang digunakan adalah silinder atau korektif. Bentuk dari lensa ini merupakan kombinasi antara rabun jauh dan rabun dekat.

  1. Kamera

Kamera merupakan jenis alat optik buatan manusia yang memiliki fungsi untuk menghasilkan gambar atau foto. Ada beberapa jenis kamera yang umum kita gunakan, yaitu kamera digital dan kamera analog.

Setiap jenis kamera, sebetulnya mempunyai cara kerja yang sedikit berbeda. Namun, pada dasarnya, kamera bekerja dengan cara menangkap cahaya yang masuk melalui suatu objek. Sebelas duabelaslah cara kerjanya dengan cara kerja mata manusia.

Kemudian, cahaya tersebut diproses oleh lensa, sehingga terbentuk suatu bayangan yang tepat fokus dari objek. Lalu, bayangan itu difokuskan ke sensor digital yang ada di dalam kamera tersebut yang akan mengubah cahaya menjadi sinyal elektronik dan menjadi gambar atau video.

  1. Mikroskop

Mikroskop adalah suatu alat optik yang berguna untuk melihat benda-benda sangat kecil dengan perbesaran yang lebih besar dari perbesaran di lup. Bahkan perbesaran dengan alat optik ini bisa mencapai lebih dari 100 kali lipat dari besar benda.

Adapun, mikroskop pertama kali ditemukan oleh orang Belanda yang bernama Zacharias Janssen pada tahun 1590. Mikroskop itu terdiri dari dua lensa, yakni lensa objektif yang posisinya dekat dengan benda yang akan diamati, dan lensa okuler yang posisinya dekat dengan mata pengamat.

  1. Teleskop (Teropong Bintang)

Teleskop atau teropong bintang merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda dengan jarak yang sangat jauh. Sebetulnya, bagian-bagian dari teleskop juga bergantung dari jenisnya.

Namun, ada beberapa bagian utama telskop yang selalu ada pada teleskop, yaitu dua buah lensa cembung (lensa objektif dan lensa okuler), lensa pembidik yang befungsi untuk membidik bayangan dari lensa objektif dan serta tripod sebagai penopang tabung teleskop.

Oke, EDOOers, demikianlah tadi pembahasan mengenai macam-macam alat optik beserta fungsinya. By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!