Skip to content

Mengagumkan, Inilah 5 Terowongan Terpanjang di Dunia

Terowongan adalah sebuah infrastruktur yang menembus bawah permukaan tanah, gunung, ataupun laut. Pada umumnya, terowongan digunakan untuk akses mobilisasi kendaraan, kereta api, hingga pejalan kaki. Maka dari itu, kali ini EDOO akan membahas tentang beberapa terowongan terpanjang di dunia. Yuk, simak sampai habis ya!

Membangun sebuah fasilitas terowongan pastinya membutuhkan biaya dan investasi yang sangat besar. Terlebih lagi jika terowongan itu berukuran sangat panjang. Adapun, menurut data dari situs We Build Value, terowongan modern pertama dibangun pada tahun 1843 di London, yaitu di bawah Sungai Thames dengan panjang 396 meter. 

Perlu EDOOers ketahui, bahwa ada sejumlah negara yang mempunyai terowongan yang sangat panjang untuk dilewati kendaraan. Berikut 5 terowongan terpanjang di dunia hingga saat ini, seperti dilansir dari situs ontheroadtrends.com.

  1. Terowongan Laerdal (Norwegia – 24,5 kilometer)

Lærdal merupakan sebuah terowongan terpanjang di dunia yang membentang hingga 24,5 kilometer (km). Panjang dari terowongan ini setara dengan jarak dari Jakarta Selatan ke Tangerang Selatan, lho EDOOers.

Adapun, terowongan ini dibangun sejak tahun 1995 di antara Lærdal dan Aurland di Norwegia. Namun terowongan ini baru diresmikan secara umum pada tahun 2000 dan menjadi jalur kendaraan utama penghubung warga antar desa-desa di Laerdal dan Aurland sampai saat ini.

Selain itu, terowongan Laerdal ini juga menghubungkan Ibu Kota Oslo dengan Bergen dan kota terbesar di Bergen. Bagi pengendara yang melewati terowongan ini, mereka akan membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyusurinya.

  1. Terowongan Yamate (Jepang – 18,2 kilometer)

Terowongan terpanjang di dunia yang kedua adalah terowongan Yamate di Tokyo, Jepang. Terowongan ini memiliki panjang 18,2 km dan berada di kedalaman 30 meter di bawah tanah.

Adapun, konstruksi dari terowongan Yamate sendiri dimulai pada tahun 1992 dan selesai secara keseluruhan pada tahun 2015. Terowongan terpanjang di Negara Matahari Terbit ini lokasinya ada di kawasan perkotaan Yamate, yaitu di jalan tol Tokyo.

  1. Terowongan Zhongnanshan (China – 18,04 kilometer)

Selanjutnya, ada terowongan Zhongnanshan yang berada di Shaanxi, China dengan panjang 18,04 km. Terowongan yang mempunyai dua lubang ini, membentang di bawah Gunung Zhongnan, lho EDOOers.

Adapun, pengerjaan konstruksi terowongan ini baru dimulai pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2007. Titik terdalam terowongan Zhongnanshan ini berada di kedalaman 1.640 meter di bawah permukaan gunung.

  1. Terowongan Jinpingshan (China – 17,5 kilometer)

Terowongan terpanjang di dunia selanjutnya masih berada di China lagi, yaitu terowongan Jinpingshan. Adapun, lokasi terowongan ini berada di Sichuan, China dan mempunyai panjang 17,54 km.

Terowongan ini arahnya menuju ke Bendungan Jinping, yang merupakan bendungan paling di dunia. Berbeda dengan terowongan-terowongan pada umumnya, nyatanya terowongan ini hanya bisa dilalui kendaraan resmi pemerintah dan tidak terbuka untuk kendaraan umum.

  1. Terowongan San Gotardo (Swiss – 16,9 kilometer)

Terowongan Gotthard atau biasa disebut San Gotardo merupakan terowongan kereta api terpanjang di dunia yang melewati Pegunungan Alpen, Swiss. Adapun, terowongan yang memiliki panjang 16,84 km ini, dibangun selama sepuluh tahun dari Mei 1970 sampai September 1980.

Sedangkan, tujuan utama pembangunan terowongan ini ialah meningkatkan kapasitas transportasi lokal melalui jalur Pengunungan Alpen, memudahkan proses angkutan barang pada koridor Rotterdam-Basel-Genoa dan mengurangi kecelakaan serta kerusakan lingkungan akibat meningkatnya jumlah truk.

Itulah tadi kelima terowongan terpanjang di dunia yang mungkin baru pertama EDOOers ketahui. Meskipun pembangunannya cukup sulit, akan tetapi adanya terowongan dapat meningkatkan efektifitas perjalanan setiap orang. Salam Literasi Untuk Edukasi!