Skip to content

Inilah 7 Deretan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Pada beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Indonesia terus menggenjot Pembangunan infrastruktur dalam negeri, yaitu salah satunya jalan tol di berbagai wilayah. Lantas, apa saja jalan tol terpanjang di Indonesia yang sudah berfungsi saat ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Adapun, pembangungan jalan tol yang giat dilakukan pemerintah sekarang ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan konektivitas antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. Berkat adanya jalan tol, maka jarak tempuh logistik, entah orang maupun barang akan semakin efektif dan efisien.

Menurut data dari Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), salah satu dari jalan tol terpanjang di Indonesia mempunyai total panjang lebih dari 180 kilometer. Kira-kira, tol mana saja yang punya ruas jalan tol terpanjang? Berikut ini adalah daftar jalan tol terpanjang di Indonesia.

  1. Terbanggi Besar-Kayu Agung (189 KM)

Tol Terbelanggi Besar-Kayu Agung menjadi jalan tol terpanjang nomer satu di Indonesia saat ini. Jalan tol ini memiliki panjang kurang lebih 189 kilometer dan mulai beroperasi pada bulan November 2019.

Adapun jalan tol Terbelanggi Besar-Kayu Agung ini terbentang dari Lampung, Pematang Panggang sampai melintasi Kayu Agung bagian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Selain menjadi tol terpanjang di Indonesia, jalan tol Terbelenggi Besar-Kayu Agung juga menjadi jalan tol dengan pembangunan tercepat, karena proses pembangunannya mulai dari bulan Juli 2018 sampai secara resmi beroperasi pada November 2019. Bahkan, sampai memperoleh rekor MURI sebagai jalan tol tercepat di Indonesia.

Sedangkan, pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap yakni pembangunan Terbanggi Besar-Pematang Panggang dengan panjang 112 kilometer. Selanjutnya, pembangunan dari Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

  1. Bakauheni-Terbanggi Besar (140 KM)

Pada urutan kedua ada jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang sekitar 140,94 kilometer. Jalan tol ini melintasi wilayah Bakauheni, Kabupaten Lampung Tengah sampai Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Adapun jalan tol ini mulai dibangun pada bulan April 2015 dan secara resmi dioperasikan pada bulan Maret 2019. Adapun, jalan tol Bakauheni ini punya 11 gerbang masuk dan keluar yang berada di daerah Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kabupaten Lampung Tengah.

  1. Pekanbaru-Dumai (131 KM)

Jalan tol terpanjang di Indonesia yang ketiga ialah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang mempunyai panjang sekitar 131 kilometer.  Jalan tol tersebut termasuk jalan Tol Trans Sumatera dan menjadi akses penghubung antar kota-kota besar yang menjadi jantung perekonomian Riau.

Adapun wilayah yang dilintasi tol Pekanbaru-Dumai ini, di antaranya Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, sampai Kota Dumai. Sedangkan, Pembangunan jalan tol ini dimulai sejak tahun 2016 dan secara resmi beroperasi pada tahun 2020. Jadi membutuhkan waktu hampir empat tahun untuk menyelesaikan pembangunannya.

Jalan tol Pekanbaru-Dumai ini mempunyai keistimewaan dibandingkan jalan tol lainnya, yaitu tol ini memiliki 6 perlintasan yang dibangun khusus untuk Gajah Sumatera. Perlintasan tersebut memberikan suatu kebebasan pada hewan-hewan untuk berkeliaran di suaka margasatwa.

  1. Cikampek-Palimanan (116 KM)

Sejak pertama kali diresmikan dan beroperasi pada tahun 2015 hingga 2018, Jalan Tol Cikampek-Palimanan atau lebih akrab disebut Tol Cipali ini selalu termasuk salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia, lho EDOOers.

Adapun, jalan tol terpanjang keempat di Indonesia ini memiliki ukuran jalan sepanjang 116 kilometer, atau lebih tepatnya 116,75 km. Sementara itu, daerah yang dilintasi meliputi daerah Cikopo, Subang, Purwakarta, sampai berakhir di Palimanan.

Jalan tol Cipali ini juga termasuk ke dalam Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan wilayah penting seperti Merak, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan, gerbang masuk dan keluar dari jalan tol ini berjumlah 10 gerbang.

  1. Balikpapan-Samarinda (99 KM)

Pada urutan kelima ada jalan tol yang pertama kali dioperasikan di Pulau Kalimantan, yaitu Tol Balikpapan-Samarinda dengan panjang mencapai 99 kilometer. Jalan tol tersebut secara resmi beroperasi pada pertengahan tahun 2020 kemarin.

Berkat kehadiran jalan tol Balikpapan-Samarinda ini membuat banyak masyarakat terbantu dalam memangkas waktu perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda sampai 2 jam perjalanan.

Adapun, jalan tol Balikpapan-Samarinda ini mempunyai 4 gerbang tol masuk-keluar, di antaranya yaitu Gerbang Tol Manggar, Gerbang Tol Samboja, Gerbang Tol Karang Joang, dan Gerbang Tol Palaran.

  1. Jakarta-Merak (98 KM)

Jalan tol Jakarta-Merak merupakan ruas tol yang menghubungkan antara Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan melintasi wilayah Serang, Tangerang, serta Cilegon.

Tol yang beroperasi sejak tahun 1984 ini merupakan akses utama untuk menghubungkan wilayah-wilayah industri yang berada di Tangerang sampai Cilegon.

Adapun, jalan tol Jakarta-Merak ini mempunyai panjang kurang lebih 98 kilometer. Sedangkan, gerbang tol keluar-masuk dari jalan tol ini berjumlah 21 yang tersebar di kawasan Gerbang Tol Tomang, Gerbang Tol Meruya, Gerbang Tol Karang Tengah Barat, Gerbang Tol Tangerang, dan Gerbang Tol Karawaci.

Kemudian ada Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Balaraja Timur, Gerbang Tol Balaraja Barat, Gerbang Tol Cikande, Gerbang Tol Bitung, Gerbang Tol Ciujung, Gerbang Tol Cilegon Timur, Gerbang Tol Serang Timur, Gerbang Tol Serang Barat, Gerbang Tol Cilegon Barat, dan Gerbang Tol Merak.

  1. Solo-Ngawi (91 KM)

Urutan terakhir ditempati oleh jalan tol Solo-Ngawi yang termasuk ke dalam ruas tol Trans Jawa. Tol ini memiliki panjang mencapai 91 kilometer dan menghubungkan Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Sragen, dan Ngawi. Selain itu, jalan tol ini terhubung juga dengan ruas tol Semarang-Solo dan ruas tol Ngawi-Kertosono.

Adapun, jalan tol ini mulai beroperasi sejak November 2018 dan memiliki 2 tipe rest area yang ada di 6 titik. Selain itu, jalan tol Solo-Ngawi ini juga memiliki 8 gerbang tol keluar-masuk, di antaranya Gerbang Tol Colomadu, Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo, Gerbang Tol Ngemplak, dan lainnya.

Itulah tadi pembahasan tentang jalan tol terpanjang di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga semua pembahasan di atas dapat menambah wawasanmu. Jadi, tol terpanjang Indonesia mana yang pernah EDOOers lewati? Salam Literasi Untuk Edukasi!