Skip to content

Penggemar Serangga Wajib Merapat! Inilah 5 Serangga Terbesar di Dunia

Ratusan juta tahun yang lalu, serangga raksasa pernah mendiami planet bumi ini. Termasuk capung berukuran 71 cm. Namun, evolusi banyak menyebabkan ukuran serangga semakin mengecil. Lantas serangga terbesar di dunia apa yang ada sekarang? Yuk, kit acari tahu bersama di dalam artikel ini!

Serangga adalah binatang beruas yang sangat adaptif terhadap lingkungan di sekitarnya. Berdasarkan bahasa Latin, serangga sendiri bisa disebut insectum. Biasanya, banyak orang yang mengira serangga merupakan hewan yang rata-rata berukuran kecil, layaknya ukuran nyamuk ataupun lalat. 

Padahal, di dunia ini ada beberapa spesies serangga yang berukuran cukup besar. Bahkan, terdapat spesies yang ukurannya sebesar telapak tangan manusia, lho EDOOers. Berikut lima spesies serangga terbesar di dunia yang wajib kamu ketahui. 

  1. Lalat Mydas

Mydas merupakan keluarga besar lalat yang bisa terbang gesit meskipun ukurannya terbilang cukuplah besar. Salah satu spesies dari Mydas yang bernama ilmiah pahlawan Gauromydas mempunyai panjang yang mencapai 7,1 cm dengan lebar sayapnya selebar 10 cm.

Berkat ukuran tersebut, lalat mydas ini menjadi lalat terbesar di dunia. Serangga ini pun juga suka memakan lalat lain dan meminum nektar. Lalat ini juga dianggap sebagai bentuk pengendalian hama alami, karena larvanya yang menetas di tempat busuk akan memakan belatung lain yang membawa penyakit.

  1. Tawon Laba-laba

Juara kedua dalam pencarian serangga terbesar di duni adalah tawon laba-laba atau bisa disebut Tarantula Hawk. Serangga satu ini mempunyai kecenderungan untuk memangsa tarantula, sehingga mengapa dinamakan tawon laba-laba.

Fase dewasa dari tawon laba-laba ini bisa berukuran 6,8 cm untuk panjangnya dan lebar sayapnya sendiri bisa mencapai 11 cm. Tawon ini bisa melumpuhkan mangsanya yaitu tarantula dengan sengatnya, kemudian membawa buruannya tersebut ke sarang mereka.

  1. Belalang Tropidakris

Belalang tropidakris merupakan belalang yang bisa ditemukan di wilayah Amerika Tengah dan Selatan dengan ukuran tubuh sebesar 12 cm. Tentu ukuran tersebut merupakan ukuran yang besar, jika dibandingkan dengan belalang pada umumnya.

Tropidakris ini adalah termasuk genus belalang yang terdiri dari tiga spesies yang berbeda. Adapun, genus ini tidak memiliki nama baku, sehingga hanya menggunakan nama ilmiah Tropidakris. Menariknya lagi, sayap dari belalang ini berwarna-warni cemerlang dan menyerupai daun. 

  1. Kupu-kupu Sayap Burung Ratu Alexandra

Kupu-kupu dengan ukuran yang besar di bumi ini, tentunya sangat beragam contohnya, seperti kupu-kupu bersayap burung layang-layang Jamaika, kupu-kupu sayap burung miranda dan kupu-kupu sayap burung Rippon.

Namun, kupu-kupu sayap burung Ratu Alexandra ini ialah kupu-kupu terbesar di antara yang lain. Alasan, kupu-kupu ini dinamai dengan nama tersebut, karena untuk menghormati Ratu Alexandra, yakni istri Raja Edward VII dari Inggris.

Kupu-kupu betina dari jenis ini dapat mempunyai ukuran tubuh mencapai 7,6 cm dengan lebar sayap sebesar 27 cm. Sedangkan, kupu-kupu jantannya mempunyai sayap selebar 15-20 cm, dengan bentuk yang lebih bersudut dan lebih tipis.

  1. Weta Raksasa

Weta merupakan kelompok jangkrik besar yang tidak bisa terbang. Hewan endemik satu ini berasal dari Selandia Baru dan dapat tumbuh hingga 10 cm dan memiliki berat melebihi jangkrik pada umumnya, yaitu sekitar 2,5 ons atau setara dengan 70 gram.

Weta sebenarnya dalam bahasa asli Maori mempunyai arti “dewa hal-hal buruk”. Meskipun begitu, jangkrik besar ini tidaklah bisa terbang seperti jangkrik pada umumnya.

Terdapat 11 spesies weta raksasa yang ada di dunia ini, mereka biasanya hidup di pepohonan dan semak belukar, akan tetapi juga turun ke tanah untuk kawin. Adapun, ketika terancam, weta bisa mempertahankan diri dengan kakinya yang tajam dan berduri.

Itulah tadi daftar lima serangga terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. Ukuran serangga-serangga di atas yang besar, terkadang membuat banyak orang cukup segan untuk memegangnya. Gimana nih EDOOers berani nggak megangnya? Salam Literasi Untuk Edukasi!