Skip to content

Nggak Cuma Jepang: Inilah 5 Hidangan Ikan Mentah Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Membahas tentang kuliner yang berasal dari ikan mentah, pasti yang terlintas dipikiran adalah hidangan dari Jepang. Namun, kenyataanya juga ada hidangan ikan mentah khas Indonesia yang sudah turun temurun, lho EDOOers.

Makanan yang berasal dari olahan ikan yang masih mentah tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi kebanggaan setiap wilayah. Lantas apa saja hidangan yang berasal dari olahan ikan mentah khas Indonesia? Yuk, kita cari tahu bersama-sama ya!

  1. Pacco (Luwu)

Hidangan ikan mentah pertama yang patut EDOOers coba adalah Pacco dari Luwu, Sulawesi Selatan. Kuliner satu ini dibuat dari jenis ikan yang bermacam-macam tergantung selera. Namun, biasanya paling sering memakai bahan ikan teri putih dan ikan nike.

Nah, cara membuat hidangan satu ini sangat mudah, pertama ikan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dibasuh dengan air masak. Lalu, ditambahkan perasan jeruk nipis dan dibiarkan selama 10 menit.

Tahap selanjutnya, ikan tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu yang berupa jeruk sambel, cabai rawit, garam, dan kacang tanah goreng atau dapat dikatakan dengan bumbu kacang. Kuliner ini akan terasa segar, agak sedikit asam, dan gurih, ketika EDOOers menikmatinya.

  1. Rusip (Bangka Belitung)

Hidangan ikan mentah khas Indonesia berikutnya adalah Rusip yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Rusip sendiri terbuat dari ikan teri atau dikenal juga sebagai ikan bilis.

Sedangkan, cara pengolahan ikan teri ini dengan difermentasi, yaitu setelah dibersihkan, ikan teri segar akan dicampur dengan gula merah serta garam. Kemudian difermentasi yang lamanya selama tujuh hari.

Nah, sesudah itu, aroma ikan akan berubah menjadi masam. Adapun, penyajian makanan satu ini disajikan bersama beberapa bumbu seperti irisan cabai rawit, bawang merah, dan jeruk kunci.

Kalo EDOOers pengen tahu, nyatanya di Bangka Belitung, hidangan Rusip ini merupakan makanan pendamping lalapan atau dapat dibilang sebagai pengganti sambal, karena rasanya yang pedas dan segar.


  1. Gohu (Ternate)

Hidangan ikan mentah dari Ternate, Maluku Utara ini mungkin jadi salah satu hidangan ikan mentah paling populer di Indonesia, lho EDOOers. Gohu biasanya terbuat dari ikan tuna atau cakalang mentah.

Sedangkan, cara memasaknya pun sederhana. Ikan tinggal dipotong-potong dadu, dicuci, lalu dilumuri garam dan perasan lemon serta ditambah daun kemangi. Penyajiannya sendiri ikan disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari irisan bawang merah dan cabai.

Alhasil, saat EDOOers konsumsi, ikannya akan terasa lebih gurih, segar, dan agak manis. Kuliner Gohu ini umumnya dijadikan sebagai lauk pendamping, ketika makan nasi atau bubur sagu.

 

  1. Lawa Bale (Polewali Mandar)

EDOOers tahu nggak? Ternyata di daerah Polewali Mandar, Sulawesi Selatan, tepatnya suku Bugis, juga memiliki hidangan ikan mentah yang menggugah lidah yaitu Lawe Bale.

Adapun, bahan dasar dari kuliner ini adalah dari ikan yang beukuran kecil, bisa ikan teri ataupun ikan banjar. Sedangkan, proses pengolahannya pun cukup mudah. Sesudah ikan dibersihkan, baru diberi perasan jeruk nipis, garam, dan kelapa parut.

  1. Dekke Naniura (Toba)

Terakhir, ada sajian ikan mentah dari masyarakat Batak yang bernama Dekke Naniura. Hidangan ini bisa EDOOers temukan di Danau Toba, Tapanuli, Sumatera Utara. Umumnya masyarakat Batak sering menggunakan ikan mas untuk sajian Dekke Naniura ini.

Adapun, cara penyajian kuliner satu ini dengan menggunakan bumbu halus berwarna kuning dan kombinasi 10 rempah. Lalu, Ikan mas mentah atau yang disebut Dekke dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan lendirnya. Kemudian, ikan dimatangkan dengan cara direndam dalam air jeruk purut.

Dahulu kala, hidangan Dekke Naniura ini cuma disajikan untuk para raja. Namun, sekarang sudah dapat dinikmati oleh semua orang dan menjadi menu di berbagai rumah makan, kafe, ataupun restoran di Sumatera Utara.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai lima hidangan ikan mentah khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba. Nah, dari kelima kuliner ikan mentah di atas, ada yang pengen EDOOers coba nggak? Salam Literasi Untuk Edukasi!