Skip to content

Minim Kejahatan: Inilah 7 Provinsi Paling Aman di Indonesia

Setiap orang pastinya tidak ingin menjadi korban dari kejahatan. Namun, tindak kejahatan tidak pandang bulu, karena bisa terjadi kepada siapa pun, dan kapan pun. Maka dari itu, EDOO kali ini akan membahasa daftar ranking provinsi paling aman di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2023.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang megah, mempunyai beragam budaya dan keindahan alam yang sangat memukau. Selain itu, keamanan suatu daerah juga menjadi faktor sangat penting bagi para penduduk atau wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan negeri ini.

Menurut data hasil survei mengenai Statistik Kriminal yang dirilis pada 12 Desember 2023 lalu. BPS menerangkan tentang gambaran secara makro mengenai kondisi keamanan terkini dan perkembangannya selama beberapa tahun terakhir.

Adapun, statistik yang disajikan di data tersebut mencakup tiga pendekatan utama, yaitu korban (Data Survei Sosial Ekonomi Nasional/Susenas), pendekatan pelaku (Data Registrasi Kepolisian), dan kewilayahan (Pendataan Potensi Desa/Podes).

Selain itu, Badan Pusat Statistik juga mencatatkan ada sekitar 0,53% penduduk Indonesia yang menjadi korban kejahatan sepanjang 2022. Tren ini menunjukan antara tahun 2016-2021 korban tindak kejahatan mengalami penurunan yang cukup drastis.

Lalu, daerah mana sajakah yang minim kejahatan di Indonesia? Berikut daftar provinsi paling aman di Indonesia berdasarkan rendahnya tingkat kejahatan.Yuk, simak informasinya di bawah ini!.

  1. Bali

Provinsi Bali menjadi provinsi paling aman di Indonesia dengan tingkat kejahatan hanya sebesar 0,2% jauh di bawah rata-rata nasional yang sebesar 0,53%. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Bali konsisten terendah dalam tiga tahun terakhir, yaitu pada tahun 2020 (0,23%), 2021 (0,20%), dan 2022 (0,20%).

Walaupun terkenal akan banyaknya destinasi wisata yang ramai, Bali berhasil mempertahankan reputasi keamanannya tersebut. Bahkan, sejak tahun 2020 sampai 2022, penduduk yang menjadi korban kejahatan di Bali paling sedikit apabila dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya.

  1. Sulawesi Barat

Mengikuti provinsi Bali, Sulawesi Barat menduduki peringkat kedua dengan tingkat kejahatan hanya sebesar 0,3%. Keberhasilan provinsi ini dalam menjaga keamanan menjadi suatu nilai tambah bagi para penduduk dan wisatawan, sehingga pariwisata di provinsi ini semakin berkembang.

Salah satu faktor yang menyembabkan provinsi Sulawesi Barat menempati peringkat kedua, karena kebijakan keamanan yang tegas dan berintegrasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kebijakan keamanan, seperti Operasi Cipta Kondisi, Operasi Aman Nusa, dan Operasi Patuh.

  1. Aceh

Provinsi Aceh menduduki peringkat ketiga sebagai salah satu provinsi teraman di Indonesia dengan tingkat kejahatan sebesar 0,34%. Meskipun mempunyai sejarah panjang sebagai daerah yang pernah terjadi konflik.

Aceh sudah berhasil menciptakan lingkungan yang aman dan tentram bagi penduduknya. Keberhasilan yang diraih ini menjadi inspirasi bagi provinsi-provinsi lain, agar bisa mengadopsi strategi keamanan yang lebih efektif.

  1. Kalimantan Selatan

Selanjutnya, posisi keempat di tempati oleh provinsi Kalimantan Selatan yang potensi keamanannya mengungguli provinsi lain dengan tingkat kejahatan sebesar 0,36%. Alhasil, banyak warga lokal dan wisatawan yang tertarik ingin merasakan keindahan alam dan keberagaman budaya di provinsi ini.

  1. Jawa Timur

Peringkat kelima ditempati oleh provinsi Jawa Timur dengan tingkat kejahatan sebesar 0,38%. Provinsi ini berhasil menciptakan lingkungan yang aman, tentram, dan nyaman bagi penduduknya.

Prestasi tersebut diraih Jawa Timur lewat kombinasi antara keberhasilan dalam menjaga keamanan dan kekayaan budaya, sehingga membuat provinsi ini menjadi destinasi wisata yang menarik.

 

  1. Kalimantan Tengah

Tidak kalah dengan Jawa Timur, provinsi Kalimantan Tengah juga menempati peringkat keenam dengan tingkat kejahatan yang sama yakni 0,38%. Keberhasilan provinsi ini dalam menjaga keamanan merupakan hasil dari kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan pihak-pihak terkait lainnya.

  1. Kalimantan Timur

Terakhir, provinsi Kalimantan Timur menutup daftar provinsi paling aman di Indonesia dengan tingkat kejahatan sebesar 0,41%. Walaupun berada di peringkat ketujuh, Kalimantan Timur tetap berkomitmen dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi masyarakatnya, karena tingkat keamanan menjadi prestasi yang patut untuk diapresiasi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 7 provinsi paling aman di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2023. Semoga, kedepan Indonesia bisa terus menjadi destinasi yang aman dan menarik bagi semua. Salam Literasi Untuk Edukasi!