Skip to content

Mengenal 5 Filum Kingdom Animalia yang Menginspirasi Karakter Spongebob Squarepants

Apabila EDOOers gemar menonton serial kartun Spongebob Squarepants, pasti tidak asing dengan hewan-hewan yang menjadi karakter dalam cerita tersebut. Namun, sadarkah EDOOers kalau karakter-karakter pada serial SpongeBob SquarePants itu ternyata terinspirasi dari 5 filum Kingdom Animalia berikut ini, lho! Yuk, kita bahas bersama-sama!

Bukan menjadi suatu hal yang aneh, sebab sang pembuat karakter animasi SpongeBob Squarepants yaitu Stephen Hillenburg sendiri merupakan seorang ilmuwan Biologi. Beliau merupakan lulusan Biologi dari Humboldt State University di Amerika Serikat. 

Nah, setelah Stephen Hillenburg lulus, ia sempat menjadi guru biologi kelautan. Kemudian, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di California Institute of the Arts dengan mengambil jurusan animasi. Akhirnya, ia membuat acara televisi tersebut, karena kecintaannya terhadap kehidupan laut.

Nggak nyangka, kan? Ngomong-ngomong tentang kartun yang berbentuk kotak ini, artikel kali ini akan membahas terkait 5 filum Kingdom Animalia yang menjadi inspirasi dari beberapa karakter pada serial SpongeBob Squarepants. Ada apa saja? Pantengin terus, ya EDOOers!

  1. Porifera

Porifera berasal dari bahasa Latin, yaitu porus (pori) dan fer (membawa). Maksudnya, porifera merupakan hewan yang ada di bawah laut dan mempunyai pori. Adapun, Spongebob sendiri adalah hewan dari filum porifera ini, lho EDOOers!

Filum porifera ini terdiri atas tiga kelas, di antaranya Hexactinellida (Hyalospongiae), Demospongiae, dan Calcarea (Calcispongiae). Tuh kan, dari nama-namanya saja sudah ada kata-kata “sponge”-nya, bukan EDOOers?

Hewan pada filum porifera ini memiliki pori-pori yang berfungsi untuk menangkap makanan berupa bakteri dan plankton. So, meskipun porifera ini tidak memiliki mulut, akan tetapi dia masih dapat untuk mendapatkan makanannya.

Porifera merupakan hewan yang harus sangat untuk dijaga keberadaannya, karena menjadi hewan yang menyusun terumbu karang. Sebab, terumbu karang sendiri sangat penting bagi keseimbangan ekosistem di dasar laut.

  1. Coelenterata

“Berburu ubur-ubur…” “Berburu ubur-ubur…” Siapa nih yang sering mengucapkan ucapan kalimat tersebut ya? Ya, si porifera alias Spongebob. Nah, ternyata ubur-ubur termasuk ke dalam filum Coelenterata, lho EDOOers.

Coelenterata berasal dari bahasa Yunani “coilos” atau “coelom” yang berarti berongga dan “enteron” yang memiliki arti perut. Coelenterata atau yang disebut juga sebagai Cnidaria ini, merupakan hewan dengan rongga pada tubuhnya. Sedangkan, mulutnya dikelilingi oleh tentakel yang mempunyai sel penyengat.

Coba deh, EDOOers ingat-ingat, kalau Spongebob itu sering disengat oleh ubur-ubur, kan saat berburu? Nah, hal itu dikarenakan adanya sel penyengat. Adapun, tentakel ubur-ubur ada kapsul knidoblas yang di dalamnya terdapat sel nematokis. Penyengat tersebut berfungsi sebagai bentuk pertahanan diri dari hewan lain atau manusia.

  1. Mollusca

Lanjut, dari filum mollusca, ada dua karakter di serial Spongebob nih, yaitu Gary siput dan Squidward. Mollusca sendiri adalah hewan yang tubuhnya lunak, dan akan tetapi ada pula yang bercangkang, dan ada juga yang tidak bercangkang.

Filum mollusca ini dibagi menjadi lima kelas,yaitu Gastropoda, Cephalopoda, Scaphopoda, Amphineura, dan Pelecypoda.

Nah, Gary si siput peliharaan Spongebob itu termasuk ke kelas Gastropoda yang  bergeraknya dengan menggunakan perut dan umumnya punya cangkang sebagai pelindung.

Sedangkan, Squidward sendiri termasuk ke dalam kelas Cephalopoda. Adapun, hewan yang masuk kelas ini mempunyai kaki yang berada di kepalanya dan biasanya juga mempunyai tentakel di tubuhnya.

  1. Arthropoda

“Uang….uang….uang…” Nah yang sering ngomong begitu di serial Spongebob, pastinya adalah Tuan Krab. Pemilik restoran Krusty Krab ini tergolong ke dalam filum arthropoda, yaitu hewan yang memiliki tubuh dan kaki yang beruas-ruas. Arthropoda ada yang hidup di darat dan ada pula yang hidup di laut.

Sedangkan, alat pernapasan dari hewan ini pun berbeda, jika hidup di darat bernapas dengan paru-paru buku atau permukaan kulit. Namun, apabila hidup di laut bernapas dengan menggunakan insang.

Adapun, filum arthropoda ini sendiri terdiri atas subfilum Chelicerata (atau terkadang disebut sebagai Arachnoidea), Crustacea, Myriapoda, dan Hexapoda (Insekta). Tuan Krab ini masuk ke dalam filum arthropoda dengan kelas Crustacea.

Nah, pada kelas Crustacea ini anggota tubuhnya terdiri dari abdomen dan sefalotoraks. Jadi hewan yang ada di kelas ini punya sepasang kaki di setiap ruas eksoskeleton, misalnya seperti udang windu dan kepiting.

  1. Echinodermata

Lanjut ke filum Kingdom Animalia terakhir, yaitu filumnya Patrick Star! Sahabat Spongebob yang satu ini memang menggemaskan dengan tingkah lakunya yang sangat konyol. Namun, perlun EDOOers ketahui kalau Patrick termasuk ke dalam filum echinodermata pada kelas Asteroidea.

Asteroidea adalah hewan dengan permukaan tubuh yang mempunyai duri pendek dan kaki tabung. Hewan ini juga mempunyai bentuk tubuh simetri radial pentameral (terbagi lima). Selain Asteroidea, ada kelas lain dalam Echinodermata, di antaranya Echinoidea, Ophiuroidea, dan Holothuroidea.

Itulah tadi pembahasan mengenai 5 filum Kingdom Animalia yang menjadi inspirasi karakter-karakter pada serial Spongebob Squarepants. By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Biologi bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!