Skip to content

Keren! Yuk, Intip 5 Lukisan Termahal di Dunia

Lukisan ialah karya seni dengan keindahan dan nilai jual yang tinggi. Kreasi dua dimensi ini mempunyai karakteristik khas seperti bahan, corak, sampai teknik pembuatan. Maka dari itu, EDOO kali ini akan membahas lima lukisan termahal di dunia yang perlu kalian tahu.

Lukisan sudah menjadi medium ekspresi bagi manusia selama berabad-abad. Pada dunia seni, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian karya mempunyai keistimewaan yang lebih daripada yang lain, utamanya lukisan.

Sebuah lukisan tak hanya berbicara terkait keindahan visual, akan tetapi juga tentang nilai budaya, sejarah, dan cerita unik di dalamnya. Oleh karena itu, tidak heran banyak lukisan yang memiliki harga ratusan juta dollar, karena kisah di balik lukisan tersebut.

Ada beberapa lukisan terkenal di dunia dibuat oleh para seniman dari abad ke-19, sehingga tidak heran jika harganya sangatlah fantastis, karena lukisan klasik tersebut dibuat langsung oleh seniman kelas atas.

5 Lukisan Paling Mahal di Dunia

Lukisan termasuk salah satu karya seni yang mempunyai nilai. Tahukah kamu bahwa lukisan memiliki harga yang sangat bervariasi? Nah, berikut ini adalah daftar 5 lukisan termahal di dunia menurut Wealthy Gorilla.

  1. Salvator Mundi (Leonardo Da Vinci)

Lukisan karya Leonardo Da Vinci ini merupakan sebuah lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus yang sedang memgang bola kristal. Pembuatan lukisan ini berada pada periode waktu yang sama dengan pembuatan lukisan Mona Lisa.

Selain itu, lukisan Salavator Mundi ini membutuhkan waktu sekitar 6 tahun untuk diidentifikasi terkait keasliannyaa, hingga pada akhirnya dapat teridentifikasi sebagai karya Leonardo Da Vinci. Adapun, harga dari lukisan ini mencapai US$ 450,3 juta atau sekitar Rp 6,4 triliun (kurs 14.232).

Lukisan yang dibuat ketika Raja Louis XII dari Perancis ini sempat hilang antara tahun 1763 dan 1900. Sampai akhirnya semua catatan serta penemuan lukisan ditemukan di tahun 2005, oleh seorang pedagang seni dari Inggris.

  1. Interchange (Willen de Kooning)

Lukisan termahal di dunia yang kedua, yaitu lukisan Interchange yang merupakan karya Willem de Kooning. Adapun, inspirasi dari lukisan yang dibuat tahun 1955 ini adalah dari lingkungan kota di New York dengan gaya abstrak-ekspresionis.

Lukisan cat minyak ini dapat dilihat di Art Institute of Chicago, Amerika Serikat. Interchange terjual dengan harga hampir menyentuh angak US$300 juta atau senilai dengan Rp 4,2 triliun pada tahun 2015 yang dibeli oleh Kenneth C. Griffin.

Lukisan terkenal karya Willem de Kooning tahun 1955 berada di urutan kedua. Willem terinspirasi dari lingkungan kota New York. Lukisan Interchange terjual dengan harga hampir $300 juta atau senilai dengan Rp 4,2 Triliun tahun 2015.

  1. The Card Players (Paul Cézanne)

Paul Cezanne membuat lukisan The Card Players ini pada tahun 1893 dan kemudian dibeli tahun 2011 oleh keluarga dari kerajaan Qatar. Lukisan yang pernah dipamerkan di Institut Seni Courtauld London dan Musée d’Orsay Paris ini, terjual dengan harga US$250 juta atau setara dengan Rp 3,5 triliun.

Lukisan yang dibuat seniman Perancis ini, sebenarnya merupakan salah satu lukisan dari 5 lukisan dalam seri yang ia buat selama tahun 1890-an. Seri ini mempunyai kesamaan yang menunjukkan pria yang duduk di meja dan bermain kartu. Namun, perbedaannya terletak pada jumlah orang, tempat permainan, ataupun ukuran kanvas.

  1. Nafea Faa Ipoipo (Paul Gauguin)

Lukisan yang menggambarkan dua orang gadis karya Paul Gauguin ini berada di peringkat keempat. Pembuatan lukisan ini ketika Paul melakukan perjalanan pertamanya ke Tahiti.

Ternyata, Nafea Faa Ipoipo ini mengintepresentasikan dua wanita yang tinggal di pulau tersebut. Nah, judul lukisan ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “kapan anda menikah?”. Sedangkan, harga jual dari lukisan ini ialah US$ 210 juta atau setara dengan Rp 2,9 triliun.

  1. Number 17A (Jackson Pollock)

Number 17A merupakan sebuah lukisan abstrak yang dibuat oleh Jackson Pollock. Lukisan yang dibuat tahun 1948 ini terjual dengan harga US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Lukisan Number 17A ini dibeli oleh seseorang untuk koleksi pribadi. Adapun, selain lukisan tersebut, sebenarnya masih banyak karya Pollock lainnya yang bisa dijumpai di Museum of Modern Art (MOMA) New York.

Demikianlah tadi informasi mengenai 5 lukisan termahal di dunia yang pernah terjual. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya, EDOOers. Salam Literasi Untuk Edukasi!