Skip to content

Kebanyakan Negara Berkembang: Inilah 5 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Beras merupakan salah satu bahan pangan tertua di dunia yang masih dikonsumsi oleh manusia hingga saat ini. Selain menjadi sumber utama karbohidrat, beras juga termasuk dalam jajaran komoditas perdagangan penduduk dunia yang sangat strategis. Lantas, apa saja negara penghasil beras terbesar di dunia? Yuk, kita cari tahu bersama, EDOOers!

Beras ialah salah satu komoditas pangan yang menjadi makanan pokok paling penting di dunia. Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO), lebih dari 50% penduduk dunia sangat bergantung dengan beras untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pangannya sehari-hari.

Adapun, FAO menyampaikan bahwa sekitar 95% produksi beras global diproduksi dan dikonsumsi di negara-negara berkembang. Namun, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United States Department of Agriculture (USDA), tercatat ada beberapa jajaran negara penghasil beras terbesar di dunia pada tahun 2023 yang didominasi oleh negara berkembang.

Sementara itu, pada tahun 2022 lebih dari 500 juta metrik ton beras dikonsumsi penduduk diseluruh dunia. Nah, merujuk dari data yang telah dirilis oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) berikut daftar lengkap 5 negara penghasil beras terbesar di dunia.

  1. China

Beras merupakan makanan pokok terpenting penduduk di Cina. Negara dengan populasi penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa ini, mampu berhasil memproduksi sebesar 149 juta ton pada tahun 2023.

Nah, berdasarkan Biro Statistik Nasional, China mempunyai 20 % lahan sawah dan menghasilkan 29% beras yang dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan masyarakat setempat dan ekspor.

Namun sayangnya, menurut laporan yang dikeluarkan pemerintah setempat, industri beras di Negeri Tirai Bambu ini menghasilkan 55,3 juta ton metana pada tahun 2014, yang dimana sekitar 40 persennya berasal dari emisi pertanian.

Guna mengatasi masalah tersebut, pihak pemerintah China menerbitkan perencanaan untuk mengurangi emisi dan penyerapan karbon di wilayah pedesaan dan sektor pertanian. Harapan dari perencanaan tersebut adalah guna menekan produksi metana dan mendorong produksi beras dengan kualitas yang lebih baik di masa depan kelak.

  1. India

Negara penghasil beras terbesar di dunia yang kedua ditempati oleh India. Negara dengan mayoritas penduduk Hindu ini memproduksi beras mencapai 132 juta ton pada 2023. Menariknya, hanya China dan India saja yang berhasil memproduksi beras di atas 100 juta ton, lho.

Sebanyak 90% lahan pertanian di India dikuasai oleh para petani marjinal, kecil, dan menengah. Maka dari itu, guna menunjang produksi beras, India memanfaatkan teknologi pertanian yang lebih baik.

Bahkan, negara India sudah membudidayakan padi hibrida yang mempunyai potensi untuk meningkatkan produktivitas. Itulah sebabnya, negara ini menjadi salah satu negara penghasil beras terbesar di dunia yang memproduksi 20 varian beras.

  1. Bangladesh

Negara yang beribukota Dhakka ini berhasil memproduksi beras sekitar 36,4 juta ton pada tahun 2023. Meski mempunyai populasi dibawah Indonesia (164 juta jiwa), akan tetapi tingkat konsumsi negara ini ternyata lebih tinggi dari Indonesia, sehingga Impor beras menjadi agenda rutin pemerintah Bangladesh guna menjaga ketahanan pangan.

Nah, dalam rangka meningkatkan produksi beras, para petani di Bangladesh membudidayakan varietas padi asli dengan kualitas yang lebih baik di Tengah-tengah perubahan pola iklim.

Adapun, Bangladesh Resource Center for Indigenous Knowledge (BARCIK) sendiri sudah melestarikan lebih dari 600 varietas padi lokal yang melibatkan semua petaninya.Tercatat, ada sekitar 75 % total lahan pertanian yang dimana 80 persennya ditanami padi.

  1. Indonesia

Selanjutnya, pada posisi keempat disusul oleh Indonesia yang mampu memproduksi beras sebesar 34,45 juta ton. Aadpun, daerah di Indonesia yang menghasilkan beras terbesar adalah provinsi Jawa Timur.

Meski jumlah produksinya banyak, akan tetapi produksi beras di Indonesia lebih  didominasi oleh para petani kecil, bukan dari perusahaan besar atau swasta. Itulah sebabnya, para petani kecil yang tidak punya modal yang cukup cuma bergantung dengan teknik pertanian tradisional.

Padahal, apabila dilihat dari luas negara dan lahan pertanian, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar sebagai negara eksportir beras terbesar di dunia, jika memperoleh dukungan maksimal dari pemerintah setempat.

  1. Vietnam

Vienam menduduki urutan kelima sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, pada tahun 2023 dengan produksinya mencapai 27 juta ton. Berkat populasi penduduk yang masih di bawah 100 juta, sehingga membuat tingkat konsumsi beras di negara ini lebih rendah dari tingkat produksinya. Alhasil, pemerintah Vietnam bisa lebih leluasa dalam melakukan kebijakan ekspor.

Menariknya, Vietnam mempunyai lahan seluas 7,2-7,3 juta hektar hanya diperuntukkan untuk membudidayakan beras di negaranya. Selain memproduksi beras, negara ini juga memproduksi singkong seluas 530 ribu hektar, jagung di atas lahan 880 ribu hektar, dan ubi jalar 105 ribu hektar.

Demikianlah tadi kelima negara penghasil beras terbesar di dunia yang perlu EDOOers ketahui. Produksi beras yang tinggi membuktikan, bahwa beras menjadi komoditas pertanian yang penting bagi masyarakat dunia. Salam Literasi Untuk Edukasi!