Skip to content

Inilah 7 Persiapan Guru yang Harus Dilakukan Menjelang Tahun Ajaran Baru

Tak terasa kita semua sudah memasuki awal tahun 2024. Hal tersebut juga menandakan bahwa kita sudah memasuki tahun ajar baru 2024/2025 atau semester baru. Maka dari itu, pada artikel ini, EDOO akan memberikan tujuh tips persiapan guru yang dapat diterapkan untuk menghadapi tahun ajar baru di tahun 2024 sebagai tenaga pendidik.

Nah, guna menghadapi tahun ajaran baru 2024/2025, tidak ada salahnya EDOOcator untuk mulai dari sekarang. Apa saja sih, yang harus disiapkan supaya tenaga pendidik bisa mengajar dengan prima di tahun ajaran baru 2024? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

7 Persiapan yang Wajib Dilakukan Guru untuk Menyambut Tahun Ajar Baru

Tahun ajar baru menjadi kesempatan bagi guru untuk memulai semua hal yang berkaitan tentang pembelajaran, peserta didik dengan penuh semangat yang baru, menciptakan suasana pembelajaran yang positif. Berikut ini adalah 7 persiapan guru yang perlu diketahui dalam menyambut tahun ajar baru.

  1. Evaluasi & Refleksi Tahun Sebelumnya

Berikanlah waktu khusus untuk mengingat kembali hal apa saja yang sudah EDOOcator lakukan sebagai guru di tahun lalu. Apakah EDOOcator sudah berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan atau kebalikannya? Evaluasilahproses pembelajaran yang telah dilakukan.

Selanjutnya, carilah apakah ada yang dapat EDOOcator bisa tingkatkan atau kembangkan dari proses pembelajaran di tahun yang sebelumnya. Apabila, EDOOcator memperoleh masukan baik dari siswa ataupun orangtua/wali murid, EDOOcator dapat mencari cara menuju perubahan dan mencoba menerapkannya di tahun ajar baru ini.

  1. Mempelajari Kurikulum Bersama Rekan Tenaga Pendidik Lainnya

Cobalah untuk memperoleh kurikulum belajar yang akan diterapkan di tahun ajar berikutnya sedini mungkin. Sebab, EDOOcator akan bisa meninjau kurikulum tersebut terlebih dahulu serta berdiskusi bersama dengan rekan guru yang lainnya terkait persiapan dan perubahan apa saja yang akan dilakukan di tahun ajar yang baru.

EDOOcator bahkan dapat melakukan brainstorming dan observasi terkait topik kegiatan pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan karakter siswa-siswi. Berkat melakukan hal ini, EDOOcator bisa membuat rencana pembelajaran yang rinci dan lebih up to date dengan kurikulum yang berlaku saat tahun ajar baru dimulai.

 

 

  1. Mulai Mempelajari Materi Pelajaran Baru

Tips guru untuk mempersiapkan tahun ajaran baru berikutnya ialah dengan membuka dan membaca buku-buku materi pelajaran yang akan diajarkan pada tahun ajaran baru nantinya.

Adapun demikian, EDOOcator bisa lebih matang dalam memahami konsep materi pelajaran yang akan diajarkan dan bisa merancang bagaimana cara mengajarkan materi pelajaran tersebut.

  1. Mengenal Karakter Siswa yang akan Dididik

Salah satu cara untuk menjaga kondisi di kelas tetap kondusif ialah dengan mengenal karakter siswa masing-masing. Berkat mengetahui kepribadian dan apa yang mereka minati bisa membuat EDOOcator menentukan alur pembelajaran. Selain itu, juga bisa mencegah siswa-siswi melakukan perbuatan yang dapat mengacaukan suasana di kelas.

Ketika EDOOcator mengenal siswa-siswi secara lebih personal, maka akan lebih mudah untuk memahami mereka. EDOOcator juga dapat mencoba dengan strategi meluangkan 3 menit selama 10 hari berturut-turut untuk menemui siswa secara personal, supaya lebih mengenal pribadi siswa dan bisa saling mempercayai satu sama lain.

  1. Mempersiapkan Rencana di Hari Pertama Masuk Sekolah

Siswa atau siswi yang baru masuk sekolah, setelah liburan umumnya memiliki perasaan yang campur aduk. Mulai dari yang gembira, merasa gugup dan takut ketika masuk sekolah kembali.

Maka dari itu, sebagai guru buatlah rencana aktivitas kelas yang bisa mendorong interaksi antar teman sebaya dan mengenal satu sama lainnya. EDOOcator juga dapat melakukan ice breaking guna mencairkan suasana di dalam kelas.

  1. Tegaskan Aturan di Dalam Kelas

Penting sekiranya bagi guru untuk mengetahui bahwa aturan di dalam kelas harus dibuat terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan bersama antara guru dengan siswa. Maka akan lebih baik jika peraturan-peraturan tersebut bisa ditulis atau dicetak, supaya menjadi pengingat bagi siswa saat berada di dalam proses pembelajaran.

  1. Meningkatkan Kompetensi Diri

Tips terakhir yaitu guru juga perlu untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti berbagai macam pelatihan, seminar, ataupun kursus yang relevan. Berkat mengembangkan kompetensi diri, maka siswa akan terbantu pula, karena EDOOcator bisa menyajikan pembelajaran dengan lebih baik.

Sebagai guru manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk menambah keterampilan baru yang dibutuhkan untuk mengajar di tahun ajaran 2024 dan tingkatkan pula kemampuan mengajar dengan metode baru. Selain itu, asah keterampilan menggunakan teknologi dan aplikasi pendidikan seperti aplikasi EDOO.

Demikianlah tadi ketujuh tips persiapan guru dalam menghadapi tahun ajarab baru 2024/2025. Semua persiapan tersebut bisa meningkatkan kepercayaan untuk memulai pembelajaran di tahun ajar yang baru dan memberikan proses pembelajaran yang lebih bermakna untuk siswa. Salam Literasi Untuk Edukasi!