Skip to content

Ini Dia 7 Negara Terbersih di Dunia, Kebanyakan di Eropa!

Tinggal di lingkungan yang bersih menjadi dambaan bagi semua warga dunia, terlebih lagi ketika masalah perubahan iklim dan polusi kian memburuk saat ini. Sebab, lingkungan yang bersih berkaitan erat dengan kehidupan yang lebih lama dan lebih baik. Nah, kali ini EDOO akan membahas deretan negara-negara terbersih di dunia, yuk simak yuk!

Setelah beberapa waktu lalu ramai pemberitaan terkait kualita udara yang memburuk di beberapa wilayah di Indonesia.  Banyak sekali orang-orang yang menyoroti mengenai permasalah polusi dan perubahan iklim yang terjadi.

Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa kualitas udara yang baik, sanitasi yang bagus, penangangan limbah dan lingkungan tempat tinggal yang bersih merupakan dambaan semua orang di dunia.

Berdasarkan laporan dari Environmental Performance Index (EPI) tahun 2022, Terdapat beberapa negara yang memperoleh julukan sebagai negara terbersih di dunia, dikarenakan mencapai skor EPI yang tinggi melalui survey. Berikut daftar 7 negara terbersih di dunia berdasarkan peraihan skor EPI.

  1. Denmark

Negara Denmark menempati posisi pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan skor EPI 77,9 dari 100. Tentu dengan perolehan skor cukup tinggi tersebut terbilang membuat Denmark dinobatkan sebagai negara paling bersih dan paling ramah.

Negara yang populasinya hanya berjumlah 5,83 juta jiwa ini dikatakan unggul dalam beberapa kategori, seperti pengolahan air limbah, kawasan perlindungan laut dan rendahnya tingkat pertumbuhan emisi SO2 dan NOX.

Selain itu, Denmark juga sangat memperhatikan keberlanjutan alam dan lingkungan. Negara ini mempunyai kebijakan paling komprehensif dan efektif di dunia untuk mencegah perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya perahu tenaga surya, jumlah hotel ramah lingkungan, dan makanan organik.

  1. Inggris

Posisi kedua ditempati oleh negara Inggris yang meraih skor EPI sebesar 77.7 dari 100. Skor tersebut terbilang mengesankan mengingat jumlah penduduk negara tersebut cukup banyak yaitu sekitar 67,25 juta jiwa.  

Negara tempat tinggal keluarga Raja Charles III ini mempunyai nilai yang sempurna dalam kualitas sanitasi, air minum, perlindungan laut, perlindungan spesies, dan kebijakan dalam emisi polusi.

  1. Finlandia

Selanjutnya, negara yang terkenal dengan julukan Negeri Seribu Danau ini menempati posisi ketiga dengan skor EPI sebesar 76.5 dari 100. Selain itu, Finlandia juga menjadi negara terbahagia dengan kualitas udara yang paling baik di dunia menurut data yang dimiliki oleh WHO.

Adapun, sekitar 35% energi yang digunakan oleh negara ini berasal dari sumber energi terbarukan. Bahkan, negara ini juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar, sehingga meraih peringkat pertama kehilangan padang rumput paling sedikit, paparan logam berat paling sedikit, kualitas sanitasi dan air minum terbaik, serta pengolahan limbah paling baik.

  1. Malta

Negara kepulauan kecil yang berlokasi di Laut Mediterania ini mendapatkan skor EPI sebesae 75.2 dari 100. Malta dikenal orang-orang dengan pantainya yang indah dan banyaknya situs bersejarah kuno dari abad pertengahan, sehingga negara ini unggul dalam pengelolaan air minum, sanitasi, dan pembuangan emisi gas berbahaya.

  1. Swedia

Berkat memperoleh skor EPI sebesar 72.7, Swedia menjadi negara terbersih kelima di dunia. Ibukota dari Swedia, yaitu Stockholm merupakan salah satu kota yang paling ramah lingkungan di kawasan Eropa.

Hal tersebut dikarenakan peran Komisi Kebijakan Energi Swedia yang punya target mengenai energi terbarukan, semua transportasi publik bus dan kereta yang ada di negara ini menggunakan bahan bakar terbarukan.

Selain itu, negara ini juga memasang target bahwa seluruh pembangkit listrik harus memanfaatkan energi terbarukan pada tahun 2040 dan efisiensi energi harus mencapai 50% lebih tinggi pada tahun 2030.

  1. Luksemburg

Negara keenam sebagai negara terbersih di dunia yaitu Luksemburg dengan memperoleh skor EPI 72.3 dari 100. Meskipun salah satu negara terkecil di Eropa, akan tetapi ekonomi di negara ini yang paling maju dengan mencapai kemajuan yang signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Namun, yang lebih mengesankan dari Luksemburg ialah skor dalam hal air minum (97,8), sanitasi (100), dan pengolahan limbah (100). Mempunyai banyak kawasan hutan, Luksemburg fokus dalam melindungi keberagaman hayati dalam suatu bioma.

  1. Slovenia

Terakhir, negara peringkat ketujuh sebagai negara terbersih di dunia adalah Slovenia. Negara yang berbatasan langsung dengan negara Austria, Italia, Hungaria, dan Kroasia ini dianggap sebagai salah satu negara terbersih dan paling berkelanjutan di dunia, lho EDOOers.

Slovenia menjadi negara dari Eropa Timur yang meraih skor EPI sebesar 67,3 dari 100, sehingga negara ini meraih peringkat ke-35 dalam hal kualitas udara berkat emisi gas rumah kaca.

Selain itu, Slovenia juga menempati peringkat kedua dalam hal vitalitas ekosistem dengan bioma terestrial teratas, pengasaman tanah, penghilangan lahan basah, dan perlindungan spesies yang sangat baik. Menurut EPI, lebih dari 30% daerah di Slovenia merupakan lahan yang dilindungi seperti hutan lebat, taman, dan cagar alam.

Bahkan, Ljubljana yang merupakan ibu kota negara Slovenia ini dinobatkan sebagai ibu kota paling ramah lingkungan di Eropa pada tahun 2016 oleh Uni Eropa, karena memimpin pariwisata berkelanjutan. Belum lagi, kota tersebut juga menjadi salah satu ibu kota terbersih di dunia.

Nah, bagi EDOOers yang ingin mengetahui tentang peringkat negara kita tercinta ini, menurut laporan dari Environmental Performance Index tahun 2022, Indonesia berada di peringkat 117 negara terbersih di dunia.

Itulah tadi pembahasan mengenai 7 daftar negara terbersih di dunia menurut laporan dari Environmental Performance Index (EPI) tahun 2022. Yuk, mari tingkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing ya EDOOers! Salam Literasi Untuk Edukasi!