Skip to content

5 Contoh Bahan Ajar Bagi Guru untuk Merdeka Mengajar

Apakah saat ini Bapak dan Ibu EDOOcator sedang kebingungan dalam mencari contoh bahan ajar untuk digunakan saat mengajar di kelas? Tak perlu bingung, karena EDOO kali ini akan membahas berbagai contoh bahan ajar yang dapat menjadi referensi untuk Bapak dan Ibu EDOOcator sekalian.

Apabila diartikan secara sederhana, bahan ajar merupakan segala sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Maka dari itu, ayo telusuri lebih jauh mengenai pengertian bahan ajar, fungsi, tujuan, hingga contoh bahan ajar melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Bahan Ajar

Bapak dan Ibu EDOOcator pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Bahan ajar ialah adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Baik itu dalam bentuk media tulis atau cetak, seperti artikel, komik, dan infografis. Selain itu, bisa berupa media tidak tertulis atau noncetak, seperti audio dan video.

Bahan ajar ini dirancang sedemikian rupa untuk supaya dapat menjadi alat bantu dalam pembelajaran terkait topik atau materi tertentu. Pada Kurikulum Merdeka, bahan ajar juga bisa dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada tujuan dan capaian pembelajaran secara spesifik.

Fungsi & Tujuan Bahan Ajar

Sebelum memasuki pembahasan terkait contoh bahan ajar, kita akan membahas terlebih dahulu tentang fungsi dari bahan ajar. Fungsi ini mempunyai peran penting dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan hasil kualitas belajar itu sendiri.

Maka dari itu, bahan ajar mempunyai peranan yang sangat penting dan turut menentukan tercapai ataupun tidaknya tujuan pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa fungsi bahan ajar yang perlu EDOOcator ketahui.

  1. Sebagai sebuah substansi kompetensi yang wajib diajarkan kepada siswa;
  2. Sebagai pedoman bagi siswa dalam mengarahkan segala aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus menjadi substansi kompetensi siswa yang harus dipelajari dan dikuasainya;
  3. Sebagai pedoman bagi guru dalam mengarahkan segala kegiatan di dalam proses pembelajaran;
  4. Sebagai alat evaluasi pencapaian atau penugasan hasil pembelajaran.

Selain fungsi, bahan ajar juga mempunyai tujuan, antara lain:

  1. Menyediakan berbagai macam jenis pilihan bahan ajar;
  2. Mempermudah guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran;
  3. Membantu siswa dalam mempelajari sesuatu hal yang baru dan menarik;
  4. Supaya kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak monoton, dan tidak terpaku pada satu sumber pembelajaran

5 Contoh Bahan Ajar

Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa contoh bahan ajar yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Bapak dan Ibu EDOOcator.

  1. Bahan Ajar Buku Teks

Contoh bahan ajar yang pertama adlah bahan ajar berupa buku teks. Bahan ajar ini merupakan sebuah buku yang dipergunakan dalam proses pembelajaran. Adapun di dalamnya, berisikan materi-mater pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa.

 

  1. Bahan Ajar Modul Ajar

Bahan ajar berupa modul ajar ialah sebuah perangkat ajar yang berperan dalam memberikan petunjuk, sekaligus sebagai pedoman bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

  1. Bahan Ajar Handout

Selanjutnya, bahan ajar berbentuk handout ialah bahan ajar tertulis yang berisikan poin-poin penting dari sebuah materi pelajaran. Bisa dikatakan, bahan ajar ini merupakan ringkasan dari materi pelajaran.

  1. Bahan Ajar Rekaman Siaran (Radio)

Rekaman siaran (radio) merupakan salah satu contoh bahan ajar audio yang sering dipergunakan oleh guru, khususnya dalam mata pelajaran bahasa. Umumnya, guru akan memutar audio dan siswa akan mendengarkannya dengan menggunakan headphone atau earphone.

  1. Bahan Ajar Video

Terakhir, bahan ajar video pembelajaran ialah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran, baik yang berisikan konsep, prosedur, prinsip, maupun teori aplikasi pengetahuan untuk membantu siswa memahami suatu materi pembelajaran.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 contoh bahan ajar, beserta pengertian, fungsi dan tujuannya. Semoga, seorang guru yang merdeka mengajar kedepannya bisa menggunakan bahan ajar yang tepat untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang berharga bagi siswa. Salam Literasi Untuk Edukasi!