Skip to content

Unik! Sekolah Dasar di Sidoarjo Terapkan Mata Pelajaran Tidur Siang

Bahasa Indonesia atau Matematika sudah menjadi langganan mata pelajaran wajib di setiap sekolah. Namun, pernahkah EDOOers mendengar mata pelajaran tidur siang? Viral di media sosial, sebuah sekolah dasar (SD) di Sidoarjo, Jawa Timur menerapkan jam tidur siang kepada siswanya di kelas selama satu jam.

Mata pelajaran tersebut hadir di SD Muhammadiyah IV yang berlokasi di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo yang menjadikan tidur siang sebagai salah satu pelajaran yang wajib diikuti seluruh siswa kelas satu dan dua.

Para guru biasanya marah ketika ada siswanya tertidur di kelas. Namun uniknya, di sekolah dasar di Sidoarjo ini justru menerapkan jam pelajaran tidur siang. Adapun, alasanya adalah guna mengoptimalkan konsentrasi siswa dan meningkatkan nilai akademik ketika mengikuti proses kegiatan belajar mengajar yang sudah menerapkan sistem full day school.

Alhasil dengan adanya pemberian jam tidur siang di sekolah, para siswa mengaku senang dan bergairah kembali untuk mengikuti pelajaran selanjutnya sampai sore hari. Pada pelajaran tidur siang ini, para siswa diwajibkan untuk tidur selama 1 jam lamanya, yaitu mulai pukul 1 sampai 2 siang dengan diawasi langsung oleh guru kelasnya masing-masing.

Adapun, sebelum mengikuti mata pelajaran tidur siang, para siswa dipersilakan untuk melakukan shalat dan istirahat makan siang. Lalu setelahnya, mereka baru mengikuti mata pelajaran tidur siang dengan beralaskan karpet di kelasnya masing-masing dengan diiringi lantunan murottal Al-Qur’an.

Meskipun tidak tidur di atas kasur, melainkan hanya beralaskan karpet di dalam kelas masing-masing, akan tetapi siswa-siswi di SD Muhammadiyah IV ini tampak tidur dengan lelapnya saat mengikuti pelajaran ini.

Pihak sekolah pun mengaku baru mulai menerapkan mata pelajaran tidur siang ini pada tahun pelajaran 2023-2024, setelah sebelumnya melihat para siswanya yang kelelahan hingga tidak jarang meminta untuk pulang ketika mengikuti kegiatan pembelajaran di siang hari.

Pihak sekolah mengakui bahwa pelajaran tidur siang ini baru diterapkan di hari Senin sampai hari Rabu saja. Selain itu, pihak sekolah diketahui juga meniadakan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa-siswinya, sehingga tidak membebani siswa sekolah dasar.

Manfaat-Manfaat Tidur Siang

Tidur siang yang dilakukan dengan cara yang benar diketahui dapat menghilangkan rasa ngantuk, akan tetapi juga turut memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh? Berikut pemaparannya.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Tubuh yang kelelahan dan mata mengantuk dapat memperburuk suasana hati, sehingga EDOOers mungkin menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak yang buruk pada suasana belajar.

Supaya siswa mampu mengurangi rasa stress dan tidak jenuh dengan rutinitas sehari-hari, EDOOcators bisa memberikan waktu sebentar kepada siswa untuk tidur siang. Pasalnya, tidur semacam ini dapat memulihkan energi secara tidak langsung dan meningkatkan suasana hati.

  1. Mengoptimalkan Daya Ingat

Tidur siang secara rutin bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah dan mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Selain itu, tidur siang juga diketahui dapat mencegah gangguan memori, seperti pikun dan demensia.

Namun, berbeda halnya jika tidur siang dilakukan dengan salah atau terlalu lama. Sebab hal tersebut justru bisa menjadi gejala dari demensia. Oleh karena itu, penting sekiranya untuk memperhatikan waktu tidur siang yang lebih ideal.

  1. Mengurangi Rasa Lelah & Kembali Berenergi

Beraktivitas sedari pagi, sangat mungkin membuat tubuh seseorang lelah dan butuh waktu untuk istirahat yang cukup. Nah, dengan tidur siang dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa lelah yang EDOOers alami.

Maka dari itu, EDOOers harus punya waktu istirahat yang cukup agar menjadi peluang bagus bagi tubuh untuk mengisi energi yang telah hilang, sehingga EDOOers bisa kembali beraktivitas dengan semangat.

  1. Menjaga Konsentrasi & Kewaspadaan

Manfaat tidur siang yang keempat adalah menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Soalnya, tidur siang dapat membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang memiliki peran dalam menciptakan rasa kantuk. Hal tersebut membuat otak dapat bekerja dengan optimal, sehingga konsentrasi dan tingkat kewaspadaan pun lebih bisa terjaga.

Itulah tadi pembahasan mengenai viralnya penerapan mata pelajaran tidur siang di salah satu sekolah di Sidoarjo, beserta beberapa manfaat dari tidur siang. Jadi, sekolah kamu ikutan tren pelajaran tidur siang nggak nih, EDOOers? Yuk share kesini!!.