Skip to content

Simak! Inilah Urutan 5 Pulau Terbesar di Dunia

Bumi mempunyai daratan dan lautan yang begitu luas, yang dimana di dalamnya terdapat jutaan pulau yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Namun, tahukah EDOOers pulau terbesar di dunia ada di mana? Bisa jadi, EDOOers akan terkejut dengan jawabannya. Maka dari itu, baca sampai akhir untuk menemukan jawabannya ya!.

Pulau adalah sebuat daratan yang terbentuk dengan dikelilingi oleh air dan mempunyai luas yang lebih kecil daripada benua. Definisi pulau sesungguhnya ialah sebuah daratan yang terbentuk secara alamiah dan bukan hasil dari reklamasi.

Pulau juga merupakan suatu daratan yang bisa ditinggali oleh sekelompok manusia dengan luas yang bermacam-macam. Negara kita Indonesia sering dijuluki sebagai negara kepulauan, karena terkenal akan jumlah pulaunya yang banyak, yakni sekitar 17.000 pulau.

Dari jumlah keseluruhan pulau yang ada di bumi, terdapat 5 pulau yang termasuk ke dalam kategori sebagai pulau terbesar di dunia. Berikut penjelasan dari 5 pulau terbesar di dunia.

  1. Greenland

Urutan pertama sebagai pulau terbesar di dunia diduduki oleh Greenland. Secara geografis, pulau ini terletak di wilayah Amerika Utara, lebih tepatnya di antara Samudra Arktik serta Atlantik, dan di sebelah timur Kepulauan Arktik dekat Canada. Namun, secara otonomi pulau ini adalah bagian dari Denmark.

Adapun luas dari Greenland adalah mencapai 2.166.086 km2 dan diperkirakan seperti tiga kali ukuran Texas. Hampir 80% wilayahnya tertutup es dan hanya daerah pesisir selatan dan baratnya saja yang bisa ditinggali. Oleh karena itu, Greenland cuma dihuni sesuai musimnya selama kurang lebih 4.500 tahun terakhir oleh suku-suku Arktik.

Sedangkan, penduduk yang mendiami pulau Greenland ini adalah orang-orang Eskimo atau Inuit. Selain itu ada juga beberapa orang Denmark dan campuran dari orang Inuit Denmark yang dikenal sebagai orang Tanah Hijau atau Greenland peoples yang mendiami pulau ini.

 

  1. Papua Nugini

Pulau terbesar kedua di dunia adalah New Guinea atau Papua Nugini yang berada di sebelah utara benua Australia. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya merupakan wilayah milik Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Pulau yang memiliki sedikit penduduknya ini total luasnya mencapai 821.400 km2. Selain menjadi salah satu pulau terbesar yang ada di dunia, Papua Nugini pun punya rangkaian pegunungan yang mencakup Puncak Jaya, yaitu gunung tertinggi di Oseania dengan ketinggian mencapai 4.884 meter.

Sedangkan, nama Papua saat ini digunakan hanya untuk merujuk pada pulau yang berada di wilayah Indonesia saja yaitu pada bagian barat. Sementara itu, nama Papua Nugini digunakan untuk merujuk kepada keseluruhan pulau oleh dunia internasional.

  1. Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau ketiga terbesar di dunia yang berada di Indonesia. Pulau ini mempunyai hutan hujan yang lebat dan menjadi rumah bagi flora dan fauna yang sangat beragam, termasuk bunga Rafflesia arnoldii yang merupakan flora terbesar di dunia dan orang utan.

Wilayah pulau Kalimantan sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu wilayah bagian Indonesia sebanyak 73%, Malaysia sebanyak 26% dan Brunei Darussalam sebanyak 1%. Sedangkan, luas pulau yang dulunya bernama Borneo ini mencapai 748.168 km2.

Di Kalimantan, terdapat puncak tertinggi bernama Selain Gunung Sabah, ada pula Gunung Palung, Gunung Lumut serta Gunung Liangpran.

Mendapat julukan sebagai pulau seribu sungai, sungai terpanjang di pulau Kalimantan yaitu Sungai Kapuas memiliki panjang 1143 km yang berada di Kalimantan Barat. Selain itu, Kalimantan juga memiliki puncak tertinggi bernama Sungai Gunung Kinabalu dengan ketinggian 4095 m dan terletak di Sabah, Malaysia.

 

  1. Madagaskar

Pulau Madagaskar yang terletak 250 mil dari lepas pantai Afrika ini menempati urutan keempat sebagai pulau terbesar di dunia. Berkat luasnya yang mencapai 587.295 km2, pulau ini menjadi tempat tinggal bagi flora dan fauna yang unik, di antaranya seperti 40 spesies lemur, 800 spesies kupu-kupu, dan 6 spesies pohon baobab.

Selain menjadi pulau terbesar keempat di dunia, Madagaskar juga menjadinegara terbesar ke-46 di dunia. Secara historis, wilayah Madagaskar adalah pusat dari kebudayaan Suku Merina yang berlokasi di kota Ambohimangan dan pusat dari kerajaan Imerina pada abad ke-18.

  1. Baffin

Pulau terbesar kelima di dunia ialah Pulau Baffin yang terletak di wilayah Nunavut, Canada dan termasuk ke dalam gugus kepulauan Artik. Pulau Baffin ini juga merupakan pulau terbesar di Canada dengan total luas permukaannya mencapai 507.451 km2.

Nah, nama pulau ini diambil dari seorang navigator sekaligus seorang penjelajah dari Inggris di abad ke-17, yakni William Baffin. Sedangkan, orang yang tinggal di pulau ini terbilang sedikit, yaitu hanya 13.000 jiwa. Selain itu, Baffin Island juga merupakan lokasi gunung vertikal tertinggi di dunia, yaitu gunung Thor Peak dengan tinggi 1.675 meter.

Itulah tadi kelima pulau terbesar di dunia yang lengkap dengan total luas wilayahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat-sobat EDOOers, ya. Salam Literasi Untuk Edukasi!