Skip to content

Perbedaan Bunyi 3 Hukum Newton dalam Pelajaran Fisika

Pernahkah EDOOers mendengar nama Newton? Pasti pernah dong, entah itu di buku pelajaran Fisika, atau pernah dibahas di kelas. Nah, pada artikel kali ini, EDOO akan membahas tentang tiga Hukum Newton dan bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, check this out!

Newton atau yang terlahir dengan nama panjang Sir Isaac Newton merupakan seorang ilmuwan dan filsuf matematika dan fisika. Bapak Newton ini sudah menemukan beberapa hukum mengenai gerak benda, yang dinamai “Hukum Newton”.

Pengertian Hukum Newton

Secara definisi, Hukum Newton adalah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.
Adapun, Hukum Newton ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Berikut ini penjelasan lebih terperinci terkait bunyi Hukum Newton dan penerapannya.

Bunyi Hukum I Newton

Bunyi Hukum I Newton ialah “Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada suatu gaya yang bekerja untuk mengubahnya”. Apabila terjadi resultan gaya yang bekerja pada suatu benda memiliki nilai 0, maka benda tersebut tidak memiliki percepatan.

Jadi gini EDOOers, maksud dari Hukum I Newton ini berkaitan dengan sifat kelembaman benda. Adapun, kelembaman benda disini juga bisa disebut dengan inersia yang memiliki arti sifat suatu benda untuk mempertahankan kedudukannya. Maka dari itu, secara matematis, Hukum I Newton bisa ditulis dengan persamaan:

 

 

Dimana : F = gaya (N)

Nah, jika ada benda yang awalnya terdiam, maka akan tetap diam. Sedangkan benda yang awalnya bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan sama (konstan), kecuali ada resultan gaya yang diberikan atau bekerja pada benda tersebut.

Sementara itu, contoh dari penerapan Hukum I Newton adalah pada saat seseorang sedang naik bus yang bergerak dengan kecepatan tetap (konstan). Tubuh orang tersebut yang awalnya pada posisi duduk nyaman. Namun, saat supir bus mengerem mendadak.Maka, secara otomatis tubuh orang tersebut akan terdorong ke depan.

Bunyi Hukum II Newton

Bunyi Hukum II Newton ialah “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah resultan gaya atau gaya yang bekerja pada benda tersebut dan akan berbanding terbalik dengan massanya”. Hukum ini berkaitan langsung dengan keadaan benda yang bergerak, di mana gaya dan massa benda yang diberikan pada benda tersebut diperhitungkan. 

Berdasarkan bunyi Hukum II Newton di atas, dapat dipahami bahwa kita tahu bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan berbanding terbalik dengan massa bendanya. Maka dari itu, secara matematis, Hukum II Newton bisa ditulis dengan persamaan:

 

 

F = Gaya (N)
m = massa (kg)
a = percepatan (m/s2)

Hukum II Newton ini juga menjelaskan bahwa semakin besar gaya yang diberikan pada suatu benda, maka percepatan benda juga akan semakin besar. Sebaliknya, semakin besar massa suatu benda, maka percepatan benda justru akan semakin kecil.

Sementara itu, contoh dari penerapan Hukum II Newton adalah apabila EDOOers menarik sebuah mobil mainan dengan kuat, maka akan semakin cepat pula mobil mainan itu bergerak. Namun, saat di atas mobil mainan itu ada beban. Maka, pasti akan merasa lebih berat ketika menarik mobil mainannya dan gerakannya pun juga akan lebih lambat. 

Bunyi Hukum III Newton

Bunyi Hukum III Newton ialah “Untuk setiap aksi selalu akan ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah atau gaya dari dua benda pada satu sama lain selalu akan sama besar dan berlawanan arah”.

Hukum III Newton ini berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi dari dua benda yang memiliki besar yang sama, dengan arah berkebalikan dan segaris. Maksudnya ialah setiap benda yang diberikan gaya aksi, maka benda tersebut akan memberikan gaya reaksi yang sama besarnya, tetapi arahnya berlawanan. Maka dari itu, secara matematis, Hukum III Newton bisa ditulis dengan persamaan Faksi = -Freaksi.

 

 

Sementara itu, contoh dari Hukum III Newton ialah pada saat EDOOers mendayung perahu. Sewaktu EDOOers menggerakkan dayung ke arah belakang, maka perahu akan bergerak ke depan.

Hal tersebut terjadi dikarenakan ada gaya aksi yang diberikan lewat dayung (saat mendayung adalah gaya aksi), sehingga perahu yang dikendarai akan memberikan gaya reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah dengan bergerak ke depan.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai bunyi Hukum Newton I, II, III beserta konsepnya. Wah, ternyata hukum newton itu sering berlaku ya EDOOers di kegiatan kita sehari-hari. By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!