Skip to content

Kisah Megawati Hangestri: Pemain Voli Wanita Asal Indonesia yang Mendunia di Korea

Siapa sangka salah satu atlet voli Indonesia bisa mencuri perhatian di negara Korea Selatan dan berhasil membuat kagum orang-orang disana. Dialah Megawati Hangestri Pertiwi, yang sekarang terkenal sebagai pemain voli wanita profesional asal Indonesia yang tergabunng dalam klub voli di Korea Selatan.

Pemain Timnas Voli Indonesia ini melambung setelah berhasil buktikan prestasinya dengan bermain memukau di tim Daejeon ChengKwanJang Red Spakrs dalam liga Korea Selatan. Ia pun menjadi sorotan dan ramai diberitakan oleh media-media Korea Selatan.

Berkutat di dunia olahraga voli sejak lama dengan proses panjang yang tidaklah mudah dalam mencapai karirnya saat ini, sehingga membuatnya terharu ketika bisa menjadi pemain voli wanita asal Indonesia pertama yang gabung di Liga Voli Korea Selatan. Penasaran seperti apa sosok Megawati Hangestri? Yuk, simak profilnya di bawah ini!

Profil & Biodata Megawati Hangestri Pertiwi

Megawati Hangestri Pertiwi merupakan seorang atlet bola voli putri Indonesia yang lahir pada tanggal 20 September 1999 di Jember, Jawa Timur. Karirnya yang identik dengan bidang olahraga bola voli, ia mempunyai tinggi sepanjang 185cm. 

Meskipun berada di masa-masa yang gemilang ini, Megawati tidak pernah melupakan peribahasa tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Lantas, ia tetap melanjutkan studi perkuliahannya di jurusan Manajemen dan berhasil lulus pada tahun 2020, sekaligus menggapai mimpinya sebagai atlet.

Megawati di tim bola volinya bisa diandalkan untuk menempati beberapa posisi, seperti outside hitter atau opposite. Ia juga memiliki kelebihan pada smes-smes keras yang sulit dibendung oleh pemain lawan. Nah, berkat penampilannya yang ibarat mesin pendulang poin, sehingga membuatnya dijuluki Megatron dari penggemar voli tanah air.

Perjalanan Karir & Prestasi

Megawati Hangestri sudah menyukai olahraga voli sejak ia berusia 14 tahun. Pada usia tersebut ia sudah mengawali karirnya bersama klub bola voli pelajar SMA Negeri 1 Jember. Berkat tekadnya yang konsisten dan bulat, pada tahun 2015 ia berhasil tergabung dalam tim Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama.

Seiring berjalannya waktu, Megawati berhasil naik ke level Proliga dengan bergabung di tim Jakarta Pertamina Fastron pada 2015 hingga 2017 dan berlanjut pada musim 2022. Semakin tenar, ia mulai menjajaki karirnya dengan debut bertanding bersama klub Thailand Supreme Chonburi-E Tech pada tahun 2021.

Nah, pada tahun 2022, megawati berhasil bergabung dengan klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa di Liga Bola Voli Vietnam setelah Proliga 2022. Sedangkan, karirnya di timnas voli putri Indonesia telah dimulai sejak 2017 dalam ajang Pesta Olahraga Asia pada tahun 2017 dan menjadi salah satu pemain andalan milik Indonesia. Namun, akhir-akhir ini namanya semakin menjadi topik perbincangan, karena ia membela klub Daejeon ChengKwanJang Red Sparks di Liga Voli Korea Selatan.

Sementara itu, sejumlah prestasi yang sudah ditorehkan oleh Megawati, di antaranya adalah Best Server” di ASEAN Grand Prix tahun 2019, MVP Livoli Divisi Utama 2022, Best Opposite ASEAN Grand Prix 2022, Medali Perunggu SEA Games 2023, Best Opposite Spiker” di Asian Challenge Cup 2023, dan yang terbaru adalah MVP di Liga Voli Korea Selatan.

Curi Perhatian Korea Selatan

Tergabungnya Megawati di klub Daejeon ChengKwanJang Red Sparks padaLiga Voli Korea Selatan, menjadikannya sorotan di beberapa media negara gingseng tersebut. Alasan betapa viralnya ia di Korea Selatan, karena menjadi Most Valuable Player (MVP) pada pertandingan debutnya di Liga Voli Korea Selatan.

Status yang diperoleh Megawati tersebut berkat pertandingan pada tanggal 17 Oktober 2023, ketika melawan tim Hwangseong IBK Altos. Walaupun timnya tidak menang dalam pertandingan tersebut, akan tetapi ia tetap menjadi MVP dengan skor sebanyak 21 poin.

Bahkan sampai ada kompilasi dari dirinya yang mencetak poin tersebut, ditambah pula dengan permainannya yang sangat memukau dan bersemangat tanpa menghilangkan senyum di wajahnya.

Selain itu, pemain voli berhijab pertama di Korea Selatan ini menjadi senjata emas bagi tim Red Sparks lewat keahlian dan performanya yang selalu ia keluarkan dan buktikan dengan maksimal setiap kali pertandingan, sehingga dirinya memperoleh julukan Megatron.

Salah satu alasan dirinya bergabung di klub bola voli Korea Selatan ialah karena dirinya mengakui telah terinspirasi oleh sosok pelatih timnas sepak bola Indonesia, yaitu Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan.

Berkat debutnya menjadi pemain voli wanita di Korea Selatan, sekaligus membuat dirinya mempromosikan Indonesia memiliki atlet-atlet yang berkualitas dan memiliki teladan yang baik. Megawati akan terus berproses dan bekerja keras untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Semoga kisah dari kak Megawati Hangestri Pertiwi sebagai pemain voli wanita yang mengharumkan nama baik Indonesia di Korea Selatan tersebut, dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan kemampuan masing-masing. Congratulations, kak Mega! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya.