Skip to content

Inilah 7 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang luas dan terdiri dari bermacam-macam Suku bangsa. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010, Indonesia mempunyai 1.340 Suku bangsa di Tanah Air. Lantas, manakah suku dengan populasi terbanyak di Indonesia?  Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Secara harfiah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Suku bangsa ialah kesatuan sosial yang bisa dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, terkhususnya dalam segi bahasa.

Sementara itu, menurut Koentjaraningrat di dalam bukunya yang berjudul “Pengatar Ilmu Antropologi”. Suku bangsa ialah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran serta identitas dalam kesatuan kebudayaan. Kesadaran identitas ini dikuatkan oleh kesatuan bahasa.

7 Suku yang Memiliki Populasi Terbesar di Indonesia

Terdapat 7 suku dengan jumlah populasi terbanyak di Indonesia. Apa saja? Yuk, kita pelajari lebih dalam melalui penjelasan di bawah ini, EDOOers!

  1. Suku Jawa

Suku Jawa menempati peringkat pertama sebagai suku dengan populasi terbanyak di Indonesia. Menurut data SP 2010 BPS jumlah populasi Suku Jawa di Indonesia sendiri mencapai 95.217.022 jiwa. Angka tersebut mewakili 40,22 % dari jumlah penduduk Indonesia, lho EDOOers.

Biasanya, kelompok Suku Jawa banyak bermukim di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta. Selain itu, suku ini juga tersebar di beberapa wilayah lain, seperti Banten, Jakarta, Lampung dan Sumatra. Bahkan ada beberapa masyarakat Suku Jawa yang bermukim di luar negeri, yaitu Suriname dan Malaysia.

Adapun Suku Jawa sendiri dapat dikelompokkan bersama suku lainnya yang ada di Pulau Jawa, seperti Suku Samin, Osing, Nagaring, Tengger, Boyan, Naga, dan suku lainnya yang mendiami Pulau Jawa. Suku yang dikenal dengan keramahtamahan dan kekayaan keseniannya ini, umumnya berbicara menggunakan bahasa Jawa dengan  dialek bahasa Jawa yang berbeda-beda.

  1. Suku Sunda

Peringkat kedua suku dengan populasi terbanyak di Indonesia diduduki oleh Suku Sunda. Menurut data jumlah populasi Suku Sunda mencapai 36.701.670 jiwa atau setara dengan 15 % dari total penduduk Indonesia. Suku ini banyak mendiami beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Suku Sunda sendiri mempunyai banyak warisan budaya yang masih tetap dilestarikan hingga sekarang. Misalnya adalah alat musik kecapi, wayang golek, kesenian sisingaan, tradisi ngaliwet, Tari Topeng, Tari Jaipong, dan masih banyak lagi. Selain itu, suku ini punya alat musik khas yaitu angklung.

  1. Suku Batak

Nah, pada peringkat tiga didiami oleh Suku Batak dengan jumlah populasi sebanyak 8.466.969 jiwa atau 3,58 % dari total penduduk. Menurut sejarah, Suku Batak diperkirakan sudah datang sejak 3.000 tahun lalu.

Peradaban Batak sendiri bermula lewat proses perjalanan sejarah panjang sebagai ras suku Proto Melayu (Melayu Tua). Adapun suku yang berasal dari Sumatera Utara ini menyebar ke berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Batam, Riau, Jakarta, sampai Jawa Barat.

Selain itu, Suku Batak juga dibagi menjadi enam kategori atau puak, yaitu Batak Pakpak, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Angkola, Batak Mandailing, dan Batak Toba. Setiap puak punya ciri khas nama marga sebagai tanda adanya tali persaudaraan.

  1. Suku Asal Sulawesi

Suku dengan populasi terbesar keempat di Indonesia ialah Suku asal Sulawesi dengan jumlah mencapai 7.634.262 jiwa atau 3,22 % dari total penduduk. Suku ini terdiri dari beberapa suku, yaitu Suku Toraja, Suku Buton, Suku Talaud, Suku Mandar, dan Suku Balaesang.

  1. Suku Madura

Suka bangsa yang mendiami Pulau Mandura, Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki jumlah populasi banyak, lho EDOOers. Menurut data SP 2010 BPS jumlah populasi Suku Madura mencapai 7.179.356 jiwa atau setara dengan 3,03% total penduduk Indonesia.

Suku Madura dikenal akan kelezatan masakannya, yaitu olahan sate yang sudah mendunia. Selain itu, Suku Madura juga terkenal dengan penduduknya yang mempunyai ragam bahasa yang unik. Hampir serupa dengan Jawa, hanya saja kosa katanya tergantung dengan siapa yang mereka ajak bicara dan memiliki dialek kedaerahan sendiri.

  1. Suku Betawi

Suku Betawi menempati posisi kelima sebagai suku dengan populasi terbanyak di Indonesia, yaitu berjumlah 6.807.968 jiwa atau setara dengan 2,88 % dari total penduduk Indonesia. Adapun pusat populasi paling banyak dari suku ini berada di Provinsi DKI Jakarta.

Suku Betawi merupakan percampuran dari suku-suku yang pada zaman dahulu yang didatangkan ke wilayah Batavia (Jakarta) pada masa penjajahan Belanda. Suku ini mewarisi berbagai macam warisan kesenian budaya, seperti alat musik tanjidor, bela diri silat beksi, tarian khas, ondel-ondel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Suku Minangkabau

Suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat ini dikenal sebagai suku yang suka merantau. Sedangkan jumlah populasi sendiri sebanyak 6.462.713 jiwa atau setara 2,73 % dari total penduduk di Indonesia.

Suku ini terkenal akan kelezatan cita rasa setiap masakannya yang sangat kaya dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Selain itu, masakan khas dari Suku Minangkabau itu sendiri jarang menggunakan penyedap rasa.

Itulah tadi daftar tujuh suku dengan populasi terbanyak di Indonesia. By the way, keragaman suku inilah yang membuat negara kita menjadi unik dan mempunyai daya tarik tersendiri di mata dunia, lho EDOOers. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan. Salam Literasi Untuk Edukasi!