Skip to content

Inilah 5 Pemain Timnas Indonesia Termuda di Piala Dunia U-17 2023

Babak penyisihan pada ajang Piala Dunia FIFA U-17 2023 sudah selesai dipertandingkan. Meskipun dalam perjalanannya, pemain Timnas Indonesia tidak lolos ke babak 16 besar. Namun dalam tiga pertandingan penyisihan, Indonesia tercatat bermain dengan sangat baik dengan hanya kalah sekali melawan Maroko.

Sebetulnya, Timnas Indonesia mempunyai peluang masuk ke babak 16 besar, lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Namun, langkah tersebut harus kandas dikarenakan pada tabel peringkat ketiga terbaik, Indonesia masih harus bersabar, karena berada di posisi terbawah dengan perolehan 2 poin.

Total ada 21 pemain yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia dalam ajang kelas dunia tersebut. By the way, dari semua nama yang dipanggil coach Bima Sakti, kira-kira siapa saja ya pemain Timnas Indonesia termuda yang tampil pada gelaran Piala Dunia U-17? Berikut ini daftar nama-nama pemainnya:

  1. Arkhan Kaka Putra

Pemain Timnas Indonesia termuda yang pertama adalah Arkhan Kaka Putra. Pemilik nomer punggung 8 ini lahir di Blitar pada 2 September 2007. Adapun sebelumnya, Arkhan Kaka pernah menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia ketika memenangkan Piala AFF U-16 tahun 2022.

Selain itu, Arkhan Kaka juga sempat menjalani debut pertamanya bersama Timnas Indonesia U-20 pada bulan Februari 2023 lalu, lho EDOOers. Sekarang ini, Arkhan Kaka memperkuat salah satu tim lokal Indonesia yaitu Persis Solo dalam ajang Liga 1 Indonesia pada musim ini.

Sang mesin gol Timnas Indonesia U-17 ini menjadi sosok sentral dan tak kalah penting dalam kesuksesan Timnas Indonesia menahan imbang Ekuador U-17 waktu itu. Bagaimana tidak, Arkhan Kaka dapat mencetak gol ke gawang Ekuador U-17 dengan aksinya yang ciamik.  

Kesuksesan tersebut menjadikan Arkhan Kaka mengukir sejarah baru, yaitu sebagai pencetak gol pertama Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, ia juga membawa Timnas Indonesia mencatatkan sejarah pertama kalinya dalam meraih poin pada Piala Dunia di berbagai level.

  1. Amar Rayhan Brkic

Pemain termuda kedua yang membela Timnas Indonesia U-17 adalah Amar Rayhan Brkic. Pemain dengan nomer punggung 16 ini merupakan salah satu pemain keturunan atau naturalisasi yang ada di tim asuhan coach Bima Sakti.

Amar Brkic lahir di Frankfurt am Main, Jerman pada tanggal 11 Juni 2007. Ibunya Amar merupakan seorang dokter spesialis anak asal Kebumen, Jawa Tengah, yang dinikahi oleh dokter keturunan Bosnia-Jerman.

Pemain yang memperkuat posisi sayap Timnas Indonesia tersebut, diketahui saat ini bermain untuk tim junior asal Jerman, yaitu TSG 1899 Hoffenheim U-17. Menurut data Transfermarkt, Amar Brkic sudah bermain delapan kali untuk Hoffenheim U-17 di Bundesliga South/Southwest U-17 dengan mampu menyarangkan tiga gol.

Sedangkan, karier sepak bola Amar dimulai ketika bergabung dengan akademi SG Rot-Weiss Frankfurt Jugend. Lalu dilanjutkan pada tahun 2021, ia pindah ke akademi Kickers Offenbach Jugend.

Selanjutnya pada tahun 2022, Amar melanjutkan karier dengan bergabung akademi TSG 1899 Hoffenheim Jugend dan tahun berikutnya membela tim tersebut. Kehadiran Amar Brkic menjadi tambahan yang bagus buat menyokong area serangan di Timnas Indonesia.

3. Welberlieskott Jardim

Nama pemain Timnas Indonesia U-17 selanjutnya yang cukup banyak dibahas di berbagai media, yaitu Welberlieskott Jardim. Pemain bernomer punggung 12 ini merupakan kelahiran Banjarmasin pada 25 April 2007.

Saat ini, Welberlieskott Jardim memperkuat tim junior asal Brazil, Sao Paulo FC U-17. Sebagai salah satu pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia U-17, ia memperoleh darah Brazil dari sang ayah, yaitu Elisangelo Jardim de Jesus.

Elisangelo sendiri juga merupakan salah satu pemain asing yang pernah bermain di Indonesia pada awal tahun 2000-an dan pernah pula memperkuat tim Persiba Balikpapan. Ketika bermain di Indonesia itulah, Elisangelo bertemu dengan sang istri yaitu Lielyana Halim yang merupakan perempuan asli Banjarmasin.

4. Mokhamad Hanif Ramadhan

Pemain termuda di Timnas Indonesia yang selanjutnya adalah Mokhamad Hanif Ramadhan. Pemain bernomer punggung 6 ini lahir di Bangil, Pasuruan pada tanggal 26 November 2006 dan termasuk salah satu pemain yang dipanggil oleh pelatih Bima Sakti dalam ajang Piala Dunia U-17 2023.

Sama seperti Arkhan, Hanif menjadi salah satu pemain yang mempersembahkan trofi Piala AFF U-16 pada tahun 2022 lalu. Meskipun jarang tersorot, pemain yang berposisi di gelandang ini menempa kemampuan sepak bolanya di berbagai tempat, di antaranya meliputi SSB Aro Porong, SSB Mandiri FC Wonokoyo, SSB Bulog Surabaya (2018), Intan Soccer Cipta Cendikia (2019-2020), T. Eleven (2021), dan Garuda Select (2021-2022)

5. Achmad Zidan Arrosyid

Urutan kelima pemain paling muda yang akan membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023 ini adalah Achmad Zidan Arrosyid.Pemain yang bernomer punggung 5 ini lahir di Yogyakarta pada 22 Oktober 2006.

Saat ini, Zidan Arrosyid bermain untuk tim PSS Sleman dalam ajang Liga 1 Indonesia. Selain itu, ajang Piala Dunia U-17 bukan menjadi kali pertamanya dalam berkostum Timnas Garuda. Sebab, Zidan sudah pernah membela Timnas Indonesia U-16 saat meraih piala AFF U-16 pada tahun lalu.

Demikianlah tadi nama-nama pemain Timnas Indonesia termuda yang bermain dalam pagelaran Piala Dunia U-17 tahun ini. Semoga kedepan, sepak bola Indonesia semakin maju dan lebih sukses lagi dalam meraih berbagai prestasi di berbagai ajang. Salam Literasi Untuk Edukasi!