Skip to content

Ini Daftar 5 Negara dengan Jalan Raya Terbaik di Dunia

Jalan raya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pertumbuhan dan pembangunan di suatu negara. Berkat mempunyai jalan raya yang baik akan memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, EDOO kali ini akan membahas beberapa negara dengan jalan raya terbaik di dunia. Yuk, check this out!

Setiap negara berusaha untuk terus membangun jalan raya yang baik, sehingga mobilitas dan distribusi barang maupun jasa menjadi lebih cepat dan mudah. Hal tersebut menunjukkan bahwa jalan raya mempunyai peranan yang cukup penting terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Selain itu, transportasi jalan raya yang baik juga turut membuka kesempatan pintu masuk yang sesuai ke pasar yang luas. Oleh karena itu, dalam jangka panjang, tentunya akan berdampak besar pada peningkatan secara signifikan laba perusahaan, bahkan terhadap PDB negara.

Adapun, perusahaan akademi pengemudi internasional Zutobi membagikan sebuah data studi yang telah dikajinya tentang kualitas jalan raya dari total 59 negara di dunia. Penelitian tersebut dilakukan dengan mempelajari luas dari masing-masing negara dan panjang jaringan jalannya.

Lalu, Zutobi menghitung jalan raya di setiap negara per 100.000 km². Melansirdari ha laman resminya, skor kualitas jalan per negara yang dipergunakan bersumber dari The Global Economy dengan cara membandingkan data yang dikumpulkan dari tahun 2019 dan lima tahun sebelumnya yaitu tahun 2014.

Seusai menganalisis data, kualitas dari suatu jalan, jumlah korban jiwa, dan ukuran jaringan jalan. Zutobi akhirnya memberikan pemeringkatan dari negara-negara dengan jalan raya terbaik di dunia. By the way, berikut adalah hasilnya:

  1. Singapura

Berdasarkan hasil studi, Singapura menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kualitas jalan raya terbaik di dunia. Menurut data, Singapura memperoleh skor hampir sempurna dan menjadi satu-satunya negara di dunia yang diteliti dengan skor di atas 9 poin, yaitu 9,44 dari total 10 poin.

Adapun, infrastruktur jalan di negara Singapura ini disebut dipelihara dengan sangat baik dan mempunyai permukaan yang mulus, rambu-rambu yang jelas, dan sistem manajemen lalu lintas yang cukup efisien. Selain itu, menurut studi Zutobi, jumlah kematian lalu lintas di jalanan negara ini juga tercatat paling rendah, yakni hanya 1,69 per 100 ribu jiwa.

Jaringan jalan raya di Singapura mencakup jarak lebih dari 3.000 kilometer, terdiri atas beberapa jalan tol dan jalan raya yang menghubungkan berbagai daerah di pulau tersebut. Sistem transportasi negara Asia Tenggara ini dibangun untuk melayani pejalan kaki dan pengemudi, dengan tersedianya jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terpisah.

  1. Belanda

Nah, negara kedua di dunia yang dinobatkan sebagai negara dengan kualitas jalanan terbaik adalah Belanda. Walaupun begitu, negara dengan julukan negeri kincir angin ini juga pernah melampaui Singapura dan menduduki peringkat pertama pada tahun 2014 silam, lho EDOoers.

Meskipun kondisi tanah di negara ini yang datar dan kesulitan transportasi, akibat kebanyakan jembatan dan sungai, akan tetapi pemerintah Belanda tidak kehabisan akal dan telah berhasil menemukan solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Solusi tersebut juga berlaku untuk rute kecil satu jalur yang sederhana, sehingga tidak ada biaya sepeser pun untuk jalan raya di Belanda, sehingga mampu menjadikannya masuk ke dalam kategori negara dengan jalan terbaik di dunia. Adapun, skor yang diperoleh Belanda cukup tinggi, yaitu sebesar 8,62 poin.

3. Swiss

Bukan cuma wisata alamnya yang indah, negara Swiss ternyata juga mempunyai jalan raya terbaik sedunia, lho EDOOers. Menempati posisi ketiga, Swiss hanya tertinggal 0,4 poin dari negara kincir angin tersebut, yaitu sebesar 8,58 poin menurut laporan Zutobi.

Jalan raya di Swiss tidak hanya terkenal karena kualitas cakupannya, akan tetapi juga terkenal karena jaringan luasnya yang terdiri dari berbagai simpang susun nan kompleks. Jalan-jalan di negara ini saling terhubung, sehingga orang-orang bisa dengan mudah mencapai sudut dan lereng paling terpencil di pegunungan Alpen.

Selain itu, negara terbersih dan terindah di dunia ini juga mempunyai teknologi khusus yang dimanfaatkan untuk pembangunan jalan raya. Adapun, Swiss memiliki beberapa jalur pendakian pegunungan yang spektakuler pula, seperti halnya Furka Pass dengan kualitas jalanan yang sangat apik.

4. Jepang

Posisi keempat daftar negara dengan jalan raya terbaik di dunia diisi oleh Jepang. Negara matahari terbit ini memperoleh skor keseluruhan sebesar 8,41 poin. Mengutip data dari Zutobi, negara Jepang juga berada di peringkat lima teratas dalam hal kualitas jalannya.

Kualitas jalanan-jalanan di Jepang dapat dibilang sangat baik. Sebagian besar dari EDOOers pastinya sudah tahu bahwa Jepang ialah negara paling tertib sedunia. Bahkan, negara ini termasuk ke dalam jajaran negara yang sangat taat dan disiplin terhadap tata tertib lalu lintas.

5. Denmark

Selanjutnya di peringkat kelimat ditempati oleh negara Denmark dengan skor sebesar 7,59 poin. Jalan tol, jalan sekunder, maupun jalan raya di negara ini mempunyai kualitas yang sangat baik, bahkan mempunyai koneksi eksklusif ke negara-negara lain seperti Jerman.

Terlebih lagi, masyarakat Denmark terkenal sangat patuh terhadap peraturan lalu lintas. Selain itu, pihak pemerintah Denmark juga memberlakukan secara ketat peraturan terhadap batas kecepatan di jalan raya, lho EDOOers.

Alhasil, Denmark dikenal mempunyai batas kecepatan yang cukup rendah untuk jalan pedesaan non-jalan raya, karena penetapan kecepatan yang hanya 80 kmh (51 mph) saja. Terlebih lagi, angka kematian di jalan raya negara ini juga cukup rendah, yaitu tercatat hanya ada 2,21 kematian di jalan per 100 ribu jiwa.

Demikianlah pembahasan terkait negara dengan jalan raya terbaik di dunia yang patut diketahui. Semoga berkat penjelasan di atas bisa menambah wawasan keilmuan EDOOers sekalian. Salam Literasi Untuk Edukasi!