Skip to content

Ini 7 Tips Menyambut Semester Baru yang Sebaiknya Siswa Lakukan!

Melewati libur semester sekaligus natal dan tahun baru yang panjang bersama teman dan keluarga, tentunya sangat menyenangkan. Nah, untuk menyambut semester baru, tidak ada salahnya mempersiapkan diri. Lantas, apa saja sih tips menyambut semester baru yang semestinya siswa persiapkan nanti? Simak baik-baik ya daftarnya di bawah ini.

By the way, kira-kira EDOOers libur semester kemana nih? Di rumah aja, atau hang out kemana ya? Hmm, tapi kesenangan liburan ternyata tidak lama. Setelah itu, EDOOers harus siap untuk menyambut semester baru seusai libur panjang. 

Setiap provinsi di Indonesia memiliki kalender akademiknya masing-masing, sehingga membuat peraturan tahun ajaran baru menjadi berbeda-beda. Mendengar kabar tersebut, pastinya sebagian dari EDOOers ada yang mungkin merasa nervous sampai kepikiran.

Kira-kira apa saja ya yang harus dipersiapkan untuk menyambut semester baru? Apakah harus menyampul buku-buku dengan kertas kado warna-warni? Atau bawa tumbler minum dengan bentuk yang unik ke sekolah? Yaps, tidak perlu aneh-aneh kok! Yuk intip tips menyambut semester baru berikut ini!

  1. Evaluasi Semester Lalu

Yaps, tips pertama yang harus EDOOers lakukan untuk menyambut semester baru adalah evaluasi. Barangkali selama semester lalu EDOOers sering membolos, atau tidur waktu pelajaran di kelas? Yuk mulai untuk memperbaikinya di semester baru yang akan datang ini.

Ubahlah kebiasaan buruk tersebut untuk menuju best version dari dirimu sendiri. Contohnya, mendengarkan dan memberikan perhatian penuh saat gurumu sedang mengajar. Selain itu, cara lain menghargai guru yaitu jika sedang belajar online, EDOOers bisa mengaktifkan kamera. 

  1. Siapkan Kesehatan Mental & Fisik

Tips kedua dan tak kalah penting yang perlu EDOOers persiapkan yaitu kesehatan mental dan fisik. Jangan salah, kesehatan mental sangat diperlukan dalam proses belajar, lho EDOOers. Sebab hal tersebut bisa menolongmu untuk merasa senang, nyaman, dan percaya diri saat menyambut tahun ajaran baru.

 

Selain itu, memastikan kondisi tubuh untuk tetap dalam keadaan fit, juga sangat penting, lho EDOOers. Sebab jika imun tubuhmu dalam keadaan lemah, tubuh akan mudah terserang oleh penyakit dan belajar pun jadi tidak fokus.

Nah, supaya kesehatanmu terjaga, pastikan untuk selalu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, EDOOers harus rutin minum air putih dengan cukup, rutin berolahraga, dan cukupkan istirahat pula.

  1. Mempersiapkan Peralatan Sekolah

Setelah lelah menghadapi ujian semester, umumnya “alat tempur” alias peralatan sekolah berceceran bahkan hilang. Nah, sesudah liburan selesai dan masuk semester baru, persiapkan kembali peralatan belajarmu, ya. 

Contohnya dengan membeli buku dan alat tulis baru. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan semangatmu untuk belajar di semester baru. Sebab, membawa peralatan pendukung pembelajaran juga penting.

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang diperintah guru pada saat menyambut tahun ajaran baru. Kalau bisa sih, satu hari sebelum masuk sekolah atau alangkah baiknya dari jauh-jauh hari, ya EDOOers.

  1. Buat Mind Map Belajarmu

EDOOers pasti sudah tidak asing dengan mind map. Nah, melalui mind map dapat membuat belajar jadi lebih menyenangkan dan mudah, lho EDOOers. Bahkan, juga bisa lebih memudahkan seseorang dalam mencari ide dan topik materi, sehingga dapat memahami esensi materi yang akan diajarkan.

Maka dari itu, EDOOers bisa buat mind map sekreatif mungkin dengan ditambah warna-warni spidol dan krayon. Dijamin deh, selama pembelajaran esok, EDOOers akan lebih mudah jika sudah mempersiapkan mind map materi buatan sendiri.

  1. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

Disiplin dan menghargai waktu merupakan hal yang tidak mudah, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru. Perhatikanlah terlebih dahulu jadwal kelas dan targetmu.

Selain itu, rencanakan studi selama satu semester ke depan dengan lebih terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, yuk EDOOers buat target dan goals selama satu semester nanti. EDOOers dapat membuatnya di kertas bergambar dan beri warna sesuka hatimu, lalu tempelkan di dinding kamarmu ya! 

So, manajemen waktu yang baik sangat diperlukan supaya EDOOers dapat menentukan prioritas. Hal tersebut juga bisa meminimalisir terjadinya benturan jadwal yang dimiliki. Apabila tidak bisa mengatur jadwal dengan baik, bisa-bisa nilai akan turun dikarenakan kurangnya waktu belajar.

 

 

 

  1. Merapikan Ruang Belajar di Rumah

Menyambut semester baru tidak melulu tentang persiapan yang harus dilakukan EDOOers saat di sekolah. Namun, tempat belajar di rumah juga tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan. Guna menambah semangat belajar, EDOOers dapat merapikan atau menata ulang ruang belajarmu.

Contohnya mulai dengan memisahkan buku-buku yang sudah tak terpakai dan menempelkan jadwal pelajaran yang baru. EDOOers juga bisa loh menyusun time table agar lebih disiplin, karena dengan begitu akan memperoleh suasana dan energi baru untuk lebih giat belajar.

  1. Siapkan Aplikasi Belajar Terbaik

Semester baru ini beberapa di antara sobat-sobat EDOOers masih dilanda ketidakpastian. Pasti ada rasa kebingungan tentang apakah di semester baru ini dapat ngikutin pelajaran atau enggak.  Well, daripada mikirin hal tersebut dan buat overthinking, alangkah baiknya melakukan persiapan sendiri.

Nah, salah satu cara mempersiapkan diri yaitu dengan memilih aplikasi belajar yang terbaik. Adapun, aplikasi yang bisa membantu siswa belajar yaitu EDOO yang kini sudah banyak perubahan dalam aplikasinya dan lebih mudah dalam menggunakannya.

Aplikasi EDOO dapat membantumu memahami konsep pelajaran melalui koleksi bukunya, dan dapat menyadarkan bahwa belajar ialah suatu kegiatan yang menyenangkan. Buat siswa yang belum terbentuk kebiasaan belajarnya, EDOO bisa membantu memberikan materi-materi sekolah agar belajarmu lebih terstruktur, rapi, dan jelas tujuannya.

Nah, itu tadi tujuh tips menyambut semester baru yang perlu EDOOers persiapkan sebelum memasuki semester baru nanti. Jadi, berkat tips-tips di atas akan membuat EDOOers jauh lebih siap untuk kembali belajar di sekolah seusai liburan panjang. Salam Literasi Untuk Edukasi!