Skip to content

Ingin Berhasil: Simak 7 Tips Wujudkan Resolusi Tahun Baru

Selain berkumpul dengan sanak keluarga dan bermain kembang api, pergantian tahun identik pula dengan pembuatan sejumlah resolusi. So, bagi EDOOers yang ingin mewujudkan new year new me di tahun 2024 besok? Yuk siapkan resolusi tahun baru untuk tahun 2024 dan simak artikel berikut ini untuk tau caranya, ya!

Sejatinya menyusun sebuah resolusi merupakan hal yang lumrah dan memang perlu EDOOers lakukan. Sebab tahun baru menjadi titik awal untuk mengisi ulang semangat dan motivasi yang baru.  

Namun faktanya membuat resolusi itu lebih mudah dibandingkan melaksanakannya. Saat memasuki bulan Januari pastinya EDOOers masih semangat, tetapi setelah menginjak Maret bisa jadi EDOOers kembali ke kebiasaan lama.

Tenang, hampir semua orang mengalami hal sama tersebut kok, EDOOers. Hanya sebagian kecil lainnya yang bisa berhasil mewujudkan resolusi-resolusi yang telah disusunnya. Sebab mereka menulis resolusi tahun baru yang realistis.

Namun, ada yang harus EDOOers ketahui yaitu jika sudah membuat resolusi tahun baru, sepatutnya juga dibarengi dengan kesiapan untuk mewujudkannya. Menurut studi dari Universitas Scranton, hanya 8% orang yang berhasil mewujudkan resolusi tahun barunya. Jika ingin menjadi bagian dari 8% tadi, mari ikuti tips sukses mewujudkan resolusi tahun baru berikut ini ya!

  1. Identifikasi Tujuan yang Spesifik

Hal pertama yang harus EDOOers lakukan adalah mengidentifikasi dengan tajam apa yang menjadi tujuanmu agar perubahan yang diinginkan terjadi. Sesudah mengetahui tujuan konkretnya, EDOOers harus melakukan hal-hal berbeda untuk mencapainya.

Selain itu, susunlah tujuan yang lebih jelas dan spesifik yang bukan berupa gambaran besar. Contohnya, EDOOers ingin menurunkan berat badan. Buat lagi lebih spesifik, seperti menurunkan berat badan 3 kg dalam satu bulan. Caranya dengan rutin berolahraga dua kali seminggu.

Sebab, kalimat resolusi tahun baru yang lebih spesifik akan menjamin hal tersebut terwujud bukan cuma wacana saja, melainkan sebuah target yang harus terwujud. Selain spesifik, EDOOers juga perlu membuat tujuan yang relevan, supaya bisa diukur, tercapai, dan terikat dengan waktu. 

  1. Mulai Dari Hal-Hal Kecil

Cobalah untuk memulai dengan membuat target yang realistis dan yakin bisa untuk mewujudkannya. Umumnya, langkah-langkah kecil justru akan menuai sukses yang lebih besar. Sebab, menetapkan target yang terlalu ambisius akan membuat EDOOers kewalahan atau frustasi.

Sebaliknya, dengan menetapkan target yang lebih logis, maka kamu akan punya kemungkinan lebih besar dalam mewujudkannya. Ingatlah EDOOers bahwa perubahan itu dimulai dari hal-hal kecil!

  1. Beritahu Resolusimu Kepada Orang Terdekat Agar Mendapatkan Dukungan

Dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman akan membuatmu lebih berkomitmen dalam merealisasikan resolusi. Menurut seoarang ahli filsafat dari Universitas Warwich bernama Dr John Michael mengatakan, bahwa tekanan sosial akan membuat seseorang lebih menepati janji. 

Jadi, tidak ada salahnya apabila EDOOer memberitahu resolusi tahun 2024 kepada beberapa teman untuk membantumu lebih berkomitmen dalam menjalankannya. Siapa tahu EDOOer juga dapat mengajak mereka untuk menajdi lebih baik secara bersama-sama.

  1. Buatlah Tenggat Waktu

Cara untuk mewujudkan resolusi tahun baru yang keempat ialah dengan membuat target yang detail, khususnya dalam hal waktu. Namun, tenggat waktu yang EDOOers buat harus realistis pula.

Berikan dirimu waktu yang cukup untuk mewujudkannya. Lalu pecahlah target jangka panjang untuk menjadi target jangka pendek. Apabila EDOOers sudah menetapkan resolusi tahun baru, maka sekarang saatnya membuat strategi yang detail untuk mewujudkannya.

  1. Jangan Takut Gagal

Terjatuh sekali jangan lantas membuatmu patah semangat ya, EDOOers! Sebab terlalu takut gagal dapat menjadi penyebab resolusimu tidak terwujud. Saat kamu mengalami kegagalan, maka berhentilah sejenak dan evaluasi kesalahan apa yang ada di dirimu.

Apabila targetmu masih terlalu ambisius, maka cobalah untuk mengubahnya menjadi beberapa target yang lebih realistis. Jadi, ketika EDOOers merasa jenuh atau bosan dalam menjalani resolusimu, cobalah untuk membuat variasi atau hentikan sejenak, tetapi jangan menyerah.

  1. Rencanakan Reward Jika Berhasil Meraihnya

Penghargaan atau reward bisa menjadi penyemangat dan membuat EDOOers tetap fokus untuk mewujudkan resolusi. Contohnya saja, jika EDOOers berhasil masuk ke PTN yang diimpi-impikan, kamu perlu memberikan reward pada diri sendiri dengan berwisata ke tempat yang ingin EDOOers kunjungi selama ini.

  1. Sabar Dalam Proses

Nah, tips terakhir unutuk mewujudkan resolusi tahun baru adalah sabar dalam berproses. Ingat, tak ada hal yang dapat EDOOer peroleh secara instan, ya! Semua itu butuh proses dan perjuangan yang harus dijalni dengan sabar.

Begitu pula dengan resolusi tahun barumu. Perubahan yang EDOOers buat di resolusi tahun baru dapat saja membutuhkan waktu yang lebih lama atau cepat. Hal tersebut tergantung kepada seberapa kuat usahamu dalam mencapainya.

Itulah tadi sedikit tips untuk EDOOers dalam mewujudkan resolusi tahun baru yang bisa kamu coba. Apabila EDOOers ingin mencapai tujuan, tidak hanya membutuhkan keinginan dan tekad saja ya, tetapi juga strategi, kedisplinan, dan keterampilan yang tepat. Salam Literasi Untuk Edukasi!