Skip to content

Daftar 5 Gereja Terbesar di Dunia yang Bisa Dikunjungi Saat Natal Tiba

Dalam hingar-bingar suasana Natal tahun 2023 ini, seluruh umat Kristiani di dunia merayakan hari peringatan lahirnya Yesus Kristus dengan beribadah ke geraja. Ngomong-ngomong soal gereja, berikut 5 gereja terbesar di dunia berdasarkan luas bangunannya yang bisa kalian kunjungi saat perayaan natal.

Gereja merupakan bangunan suci bagi agama Kristen yang digunakan untuk tempat beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Pada awal sejarahnya, gereja hanya sebagai rumah sederhana yang terletak di kota kuno Dura-Europos di Suriah dan berubah menjadi gereja antara tahun 233 dan 256 Masehi.

Sekarang ini, gereja sudah berkembang pesat, baik dalam ukuran ataupun pengaruhnya. Tak terkecuali dengan bangun-bangunan katedral besar yang memiliki kapasitas hampir menyaingi stadion atletik.

Gaya arsitektur dari gereja-gereja itu bisa bervariasi dari mulai Gotik, Romawi, Renaisans, sampai modern, tergantung pada periode dan budaya di mana mereka dibangun. Tak hanya sebagai tempat ibadah, saat ini gereja juga dijadikan sebagai tempat wisata religi, karena mempunyai nilai-nilai sejarah dan keindahan arsitekturnya.saat

Gereja-Gereja Terbesar di Dunia

Gereja paling besar di dunia nyatanya mempunyai luas sampai ribuan meter persegi yang dilengkapi pula dengan fasilitas lengkap, interior yang menawan dan dekorasi yang berkelas. Lantas, di mana sajakah gereja terbesar di dunia? Berikut daftarnya.

  1. St Peter’s Basilica (15.160 m²)

St Peter’s Basilica atau biasa disebut Basilika Santo Petrus, yaitu sebuah gereja terbesar di dunia yang berada di Kota Vatikan. Gereja yang memiliki luas interior dan kapasitas yang luar biasa ini merupakan bangunan penting dalam Katolik Roma yang dibangun selama 120 tahun dari tahun 1506 sampai 1626.

Adapun, gereja ini mempunyai luas internal mencapai 15.160 meter persegi (m²). Sedangkan, luas eksterior dari gereja St Peter’s Basilica ini 21.095 m² dan bisa menampung pengunjung sampai  60.000 orang, sehingga kapasitasnya lebih besar daripada kapasitas pengunjung di kebanyakan stadion sepak bola.

Sementara itu, kubah dari gereja St Peter ini memiliki tinggi mencapai 41 meter dan dirancang oleh seorang seniman besar italia yaitu Michelangelo. Gereja yang dikenal dalam bahasa Italia sebagai Basilica di San Pietro in Vaticano ini difungsikan sebagai tempat beribadah dan ziarah, karena menampung 100 makam termasuk paus, kaisar Romawi Otto II dan Ratu Swedia Christina.

  1. Cathedral Basilica of the National Shrine of Our Lady Aparecida (12.000 m²)

The Basilica of our lady of Aparecida merupakan gereja terbesar kedua di dunia dengan luas mencapai 12.000 m². Gereja ini merupakan pusat ziarah maria yang paling penting di Brasil yang berlokasi di kota Aparecida.

Terkenal akan atap yang berwarna biru dan kubahnya setinggi 70 m, katedral ini dapat menampung sekitar 45.000 jamaah. Sedangkan, area parkirnya mampu menampung 6.000 mobil dan 4.000 bus. Sementara itu, pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1955 dan selesai pada tahun 1980.

  1. Seville Cathedral (520 m²)

Seville Cathedral merupakan sebuah gereja yang terletak di Kota Sevilla dan menjadi gereja terbesar di Spanyol. Gereja yang dibangun antara tahun 1402 hingga 1528 ini mempunyai luas bangunan bagian dalam mencapai 11.520 m².

Adapun, katedral ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Christopher Columbus, sekaligus sebagai situs warisan dunia UNESCO, lho EDOOers. Nah, gereja yang memiliki interior dekorasi yang megah serta dilapisi emas ini, ternyata dirancang oleh arsitek Prancis Katedral Rouen.

  1. Cathedral Of Saint John the Divine (11.200 m²)

Selanjutnya adalah The Cathedral of Saint John the Divine yang berada di New York City, Amerika Serikat. Gereja ini mempunyai luas bangunan mencapai 11.200 m² dan panjang 183,2 meter. Pembangunan katedral ini cukup lama yaitu kurang lebih 20 tahun dan dimulai pada tahun 1892.

Katedral Saint John the Divine ini dirancang oleh dua arsitek ternama Amerika bernama George Heins dan Christopher Grant Lafarge. Selain itu, gereja ini juga terkenal dengan jendela mawarnya yang terbuat dari 10.000 keping kaca berwarna-warni dan pintu utamanya terbuat dari perunggu yang dihiasi dengan 48 panel relief.

  1. Basilica of Our Lady of Lichen (10.090 m²)

Terletak di negara terbesar kesembilan di Eropa yaitu Polandia, Basilica Our Lady of Lichen di Licheń Stary ini merupakan salah satu Gereja Katolik Roma terbaru yang selesai dibangun pada tahun 2004. Gereja yang terletak di kota Konin ini memiliki menara gereja setinggi 141,5 meter, sehingga termasuk salah satu gereja tertinggi di dunia.

Gereja ini membutuhkan waktu sekitar 10 tahun lamanya untuk selesai dan pembangunannya dimulai pada tahun 1994. Adapun, Basilica Our Lady of Lichen ini memiliki luas tanah mencapai 10.090 m² dengan luas interior lebih dari 10.000 m² dan dapat menampung jamaah sebanyak 7.000 orang.

Demikianlah tadi 5 daftar gereja terbesar di dunia yang sangat megah dan juga indah nilai arsitekturnya. Nah, apakah sobat EDOOers tertarik untuk mengunjungi salah satu gereja di atas untuk beribadah atau sekedar wisata? Salam Literasi Untuk Edukasi!