Skip to content

Ciri-Ciri Hewan Omnivora si Pemakan Segala Beserta Contohnya

Berdasarkan jenis makanannya, EDOOers pasti mengenal adanya hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Lantas, apa itu hewan omnivora? Maka dari itu, kali ini EDOO akan membahas ciri-ciri hewan omnivora beserta contoh-contoh hewannya. Yuk kita bahas bersama apa yang dimaksud dengan hewan omnivora!

Omnivora merupakan sebuah istilah yang mungkin kerap EDOOers dengar selama mempelajari materi pelajaran biologi. Omnivora adalah jenis organisme yang memerlukan makanan untuk memperoleh energi dan bertahan hidup dalam sebuah ekosistem. 

Makhluk hidup juga dikategorikan berdasarkan caranya untuk memperoleh makanan, sehingga membuat hewan dikategorikan sebagai herbivora, karnivora, dan omnivora. Namun, berbeda halnya dengan tumbuhan, karena mereka membuat makanan sendiri, sehingga dikenal sebagai autotrof.

Definisi Hewan Omnivora

Istilah omnivora sendiri berasal dari kata Latin omnis yang berarti segala atau semua dan vorare yang berarti makan. Jadi, hewan omnivora merupakan jenis hewan pemakan segala, baik daging maupun tumbuhan sebagai sumber makanannya.

Omnivora juga bisa disebut sebagai sarwaboga, yaitu hewan yang memiliki sistem pencernaan atau mekanisme mencerna makanan yang berbeda dengan hewan herbivora dan hewan karnivora. Terutama pencernaan mereka bisa mengolah protein dari daging. 

Selain itu, hewan omnivora mempunyai peran yang penting pada rantai makanan, yaitu sebagai penghasil nutri dan energi bagi organisme yang lain. Pada umumnya, hewan omnivora menduduki tingkat trofik ketiga pada rantai makanan bersamaan dengan hewan karnivora.

Hewan omnivora lebih dapat bertahan hidup di lingkungannya, dibandingkan dengan kelompok yang lain. Hal tersebut disebabkan hewan omnivora bisa hidup di berbagai lingkungan, karena pola makannya yang beragam, yaitu bisa berburu mangsa dan memakan tumbuh-tumbuhan di sekitar tempat hidupnya.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Omnivora memiliki beberapa ciri-ciri yang berbeda dengan kelompok hewan herbivora ataupun karnivora. Guna membedakannya dengan jenis hewan lainnya, berikut adalah ciri-ciri hewan omnivora.

  1. Pemakan Segala

Ciri yang paling utama dari hewan omnivora ialah pemakan segala. Hewan yang termasuk kedalam jenis ini dapat memakan daging, tumbuhan, baik itu alga ataupun jamur juga bisa dimakan oleh mereka.

  1. Struktur Gigi yang Beragam

Hewan omnivora mempunyai gigi yang beragam, yaitu gabungan dari hewan karnivora dan herbivora. Susunan gigi dari jenis hewan ini biasanya lebih tajam di bagian depan dan datar di bagian belakang, karena berupa gigi seri (gigi taring) dan gigi pipih.

Gigi-gigi tersebut berguna bagi para hewan omnivora untuk memotong, merobek dan mengunyah berbagai jenis makanan. Nah,gigi tajam di bagian depan memiliki fungsi untuk memakan daging. Sedangkan, gigi belakang digunakan untuk menumbuk dan menghancurkan makanan nabati.

  1. Saluran Pencernaan Serbaguna

Saluran pencernaan hewan omnivora itu berbeda dengan jenis hewan lainnya, meski lebih sederhana daripada herbivora tetapi lebih kompleks. Sebab memiliki sistem pencernaan dengan perut tunggal dan usus yang panjangnya menengah antara hewan herbivora dan karnivora.

Adapun, saluran pencernaannya bisa mencerna dan menyerap nutrisi dari berbagai jenis makanan, entah itu daging ataupun tumbuhan. Selain itu, sistem pencernaan mereka dapat beradaptasi untuk mencerna protein, serat, dan bisa memanfaatkan nutrisi dari makanan daging atau sayuran.

  1. Berkembang Biak

Selanjutnya ciri-ciri dari hewan omnivora adalah bisa dilihat dari cara berkembang biaknya. hewan omnivora berkembang biak dengan dua cara, yaitu dengan cara bertelur (ovipar) dan juga melahirkan (vivipar).

  1. Bisa Ditemukan di Berbagai Jenis Tempat

Hewan omnivora dapat ditemukan di berbagai jenis habitat dikarenakan kemampuannya untuk memperoleh makanan dari berbagai macam sumber makanan. Mereka dapat hidup di hutan, padang rumput, perairan, sungai, danau, lautan, pesisir pantai, rawa-rawa, hingga savana.

Contoh Hewan Omnivora

Wah unik sekali ya, ciptaan Tuhan satu ini. Masing-masing makhluk ciptaan Tuhan pasti mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing. Apa saja sih hewan yang termasuk jenis omnivora? Yuk kita cari tahu bersama, EDOOers!

  1. Tupai

Pasti kalian tidak menyangka jika tupai termasuk hewan omnivora ya, EDOOers. Yaps, betul nggak salah kalau tupai merupakan hewan omnivora. Hewan yang masih termasuk jenis tikus pohon ini masuk jenis hewan omnivore, karena tupai juga memakan serangga dan buah-buahan. 

  1. Semut

Binatang yang bisa dengan mudah ditemui ini ternyata nggak Cuma makan makanan yang manis, lho EDOOers. Namun, semut juga mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, seperti bangkai serangga mati, contohnya kecoa, lalat, dan belalang. Maka dari itu, semut tergolong hewan omnivora.

  1. Ayam & Bebek

Hewan yang paling sering manusia konsumsi ini ternyata termasuk hewan omnivora,lho EDOOers. Ayam dapat memakan apa saja, seperti tumbuhan, daging, sampai beras.

Selain itu, hewan unggas temannya ayam ini juga termasuk hewan omnivora. Bebek merupakan hewan yang juga memakan apapun untuk kelangsungan hidupnya. Bisa memakan serangga, tumbuhan, sampai pakan ternak yang banyak dijumpai.

  1. Berang-Berang

Berang-berang adalah hewan yang hidup di air dan di darat. Salah satu hewan pengerat terbesar ini mengkonsumsi tumbuhan dan ikan-ikan kecil yang biasanya ditemui di sekitar sungai, sehingga membuatnya masuk kategori omnivora.

  1. Beruang

Beruang merupakan hewan omnivora yang makanan utamanya adalah tumbuhan, buah-buahan, akar, dan tunas. Namun, hewan ini juga bisa memakan ikan, serangga, madu dan hewan kecil, lho EDOOers.

  1. Ikan Mas

Ikan mas merupkan salah satu contoh ikan omnivora yang memakan alga, plankton, serangga air, dan bahkan tumbuh-tumbuhan dalam lingkungan airnya.

  1. Kura-Kura

Kura-kura ialah hewan omnivora yang makan buah-buahan, tumbuhan, serangga, dan kadang-kadang juga bangkai.

Itulah tadi ciri-ciri hewan omnivora yang perlu EDOOers ketahui, agar pengetahuan kalian semakin bertambah. By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Biologi bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!