Skip to content

Apa itu Magnet? Inilah Pengertian, Sifat, dan Jenis-Jenisnya

Sobat EDOOers, pastinya pernah melihat tempelan magnet di kulkas atau pernah melihat catur yang menempel di papan caturnya? Nah, itu semua merupakan contoh-contoh magnet di kehidupan sehari-hari. Hmmm…jadi tambah penasaran, apa itu magnet? Yuk, simak pembahasan lengkapnya mulai dari pengertian, sifat, dan jenis-jenisnya di artikel ini.

Pengertian Magnet

Pertama-tama, EDOOers harus tahu dulu apa itu yang dinamakan magnet. Magnet ialah suatu benda yang mampu menarik benda atau objek lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Sedangkan, menurut bahasa magnet berasal dari bahasa Yunani yakni “magnifitis lifthos” yang memiliki arti batu Magnesian.

Magnesia sendiri merupakan wilayah di Yunani yang sekarang ini bernama Manisa. Dahulu kala, wilayah tersebut pertama kali ditemukan magnet, tepatnya di Gunung Ida. Magnet di Gunung Ida ini ditemukan oleh seorang penggembala yang kebingungan karena tongkat besi yang dibawanya tiba-tiba tertarik sendiri oleh tanah dan sulit untuk diangkat dengan tangannya.

Nah, magnet yang ditemukan oleh penggembala tersebut dinamakan magnet alami, sobat EDOOers. By the way, memangnya ada magnet lain selain magnet alami ya? Maka dari itu, yuk kita lanjutin pembahasan tentang magnet ini, sobat EDOOers.

Adapun sebelum menginjak pembahasan berikutnya, setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Kutub magnet adalah ujung-ujung magnet yang mempunyai gaya tarik atau gaya tolak terbesar.

For your information, jika dua kutub magnet didekatkan dapat terjadi reaksi yang berbeda, tergantung kutub mana yang salaing bersentuhan. Saat dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka yang terjadi saling tolak-menolak. Namun, ketika dua kutub yang berlawanan didekatkan, maka akan saling tarik-menarik.

Sifat-Sifat Magnet

Magnet mempunyai keunikan tersendiri daripada benda lain, hal tersebut tersirat pada sifat-sifat magnet. Apa saja sih sifat-sifat magnet? Yuk, kita cari tahu bersama!

  1. Magnet hanya bisa menarik benda tertentu yang ada di sekitarnya. Tidak semua jenis benda bisa ditarik oleh magnet, meski berada dalam jangkauannya. Contoh benda yang bisa ditarik oleh magnet seperti besi, baja, kobalt, dan alumunium.
  1. Magnet bisa menunjukkan arah utara dan selatan bumi. Sifat magnet inilah yang dipakai pada kompas.
  2. Magnet memiliki dua gaya, yaitu gaya tarik-menarik ketika berhadapan dengan kutub yang berbeda dan gaya tolak-menolak ketika berhadapan dengan kutub yang sama
  3. Sifat magnet dapat melemah dan menghilang dikarenakan hal tertentu. Salah satu faktornya akibat terjatuh secara terus-menerus, terbentur, atau terbakar. Namun, sifat tersebut cuma ada pada jenis magnet buatan.
  4. Magnet selalu mempunyai pasangan kutub. Jika ada batu magnet panjang dipotong menjadi dua, hasil kedua potongan tersebut tetap memiliki kutub utara dan kutub Selatan, lho EDOOers.

Jenis-Jenis Magnet Berdasarkan Bentuk

Sudah tahu belum EDOOers, apa saja bentuk-bentuk magnet? Magnet itu memiliki berbagai macam bentuk.Yuk, kita pelajari satu persatu ya!

  1. Magnet Batang

Sama seperti namanya, magnet satu ini berbentuk batang atau balok. Magnet batang ialah magnet dengan gaya tarik terlemah, akan tetapi magnet ini paling banyak digunakan manusia pada kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti magnet perekat di pintu kulkas. Selain itu magnet ini termasuk yang termurah dan mudah untuk diganti.

  1. Magnet Cincin

Magnet cincin bentuknya mirip dengan cincin, yakni berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Magnet cincin umumnya digunakan pada perlengkapan seperti generator, penyedot debu, motor, pengeras suara, dan lain sebagainya. Selain itu, magnet cincin ini juga dapat digunakan pada eksperimen sains, lho EDOOers.

  1. Magnet Silinder

Magnet silinder merupakan magnet yang berbentuk bulat dan pipih, seperti tabung silinder panjang. Magnet ini biasanya banyak digunakan dalam perawatan medis dan beberapa tindakan operasi.

Selain itu, magnet silinder ini juga berguna untuk perawatan tulang belakang manusia, dan perawatan medis lainnya. Adapun, daya magnet silinder ini sangat kuat, meski permukaannya relatif kecil.

  1. Magnet Jarum

Bentuk dari magnet jarum ialah pipih, memanjang, dan bagian ujunya lancip. Magnet ini dapat EDOOers temukan dalam kompas yang berguna untuk penunjuk arah mata angin. Magnet jarum ini merupakan salah satu dari jenis magnet yang menarik dan terkecil. Sebab ujung dari magnetnya berbentuk runcing.

  1. Magnet Tapal Kuda atau Magnet U

Magnet tapal kuda (ladam) atau biasa juga disebut magnet U ini berbentuk huruf U. nah, EDOOers tahu nggak kalo magnet ini memiliki daya tarik sangat kuat, sehingga biasanya digunakan untuk mengangkat atau mengumpulkan benda-benda bersifat magnetik, seperti pin, bahan industri, dan lain sebagainya.

Yaps, sudah lengkap nih pembahasan tentang magnet kali ini, sobat EDOOers. Semoga sobat-sobat EDOOers semua sudah paham ya. Yuk, belajar di EDOO! By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!