Skip to content

Yuk Simak 7 Negara Pemilik Hutan Terluas di Dunia

Hutan merupakan sumber daya yang sangat penting bagi keberlangsungan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bahkan hutan dijadikan sebagai paru-paru dunia yang wajib untuk dijaga kelestariannya supaya tetap ada. Nah, kali ini EDOO akan membahas mengenai negara-negara pemilik hutan terluas di dunia.

Berbicara mengenai hutan, hal satu ini memiliki nilai yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Sebagai paru-paru dunia, hutan menyediakan manfaat yang tak terhingga bagi seluruh mahkluk hidup. Mulai dari udara yang kita hirup, air yang kita minum, semuanya berasal dari hutan.

Maka dari itu, jangan meremehkan manfaat dari hutan, karena kita semua masih bergantung pada hutan untuk bertahan hidup. Namun, sayangnya tindakan-tindakan manusia, seperti deforestasi yang berlebihan tanpa adanya reboisasi mengakibatkan masalah lingkungan menjadi lebih buruk.

Satwa hutan kehilangan habitatnya dan jika semakin tinggi adanya potensi bencana yang merambah sampai lingkungan hidup manusia. Berikut daftar 7 negara pemilik hutan terluas di dunia yang telah dirangkum oleh EDOO.

  1. Rusia (815 juta hektare)

Rusia memiliki area hutan terluas di dunia dengan lebih dari 815 juta hektare dan merupakan 1/4 dari cadangan kayu dunia. Hutan di Rusia mewakili 45% dari total luas negara yang sebagian besar terdiri dari spesies pohon jenis konifera (cemara, pinus, larch, cedar).

Bahkan, lebih dari 20% hutan dunia yang belum tersentuh itu berada di Rusia, lho EDOOers. Guna melindungi seluruh kawasan hutan di Rusia, pemerintah setempat telah melakukan kerja sama dengan organisasi-organisasi non pemerintah.

Organisasi yang dimaksud ialah Global Forest Watch Russia yang disini berkerja sama dalam memantau keanekaragaman hayati di seluruh kawasan hutan di Rusia dan merencanakan pembuatan kawasan hutan baru. Sebab, banyak negara mengenal kawasan hutan di Rusia sebagai paru-paru dunia paling besar.

2. Brasil (497 juta hektare)

Negara Brasil memiliki area hutan terluas kedua di dunia dengan luas lahan lebih dari 497 juta hektare. Menurut data yang dikemukakan oleh FAO PBB, sekitar 62,4% lahan di Brasil adalah hutan. Namun sekitar 4.984.580 kilometer persegi dianggap sebagai hutan primer atau yang disebut bentuk hutan padat karbon.

Negara yang berada di bagian paling timur dari Amerika Selatan ini memiliki kondisi alam yang sangat bervariasi dan istimewa. Salah satunya, hutan hujan amazon yang menjadi jenis hutan paling mendominasi di Brasil.

Bahkan hutan hujan amazon ini terkenal akan fungsinya sebagai kawasan hijau yang dapat menstabilkan iklim bumi dan juga menghasilkan 20% oksigen bagi kehidupan makhluk hidup.

3. Kanada (347 juta hektare)

Tahu nggak EDOOers, kalau 30% dari luas daratan negara Kanada itu ditutupi oleh hutan dengan luas mencapai 347 hektare yang merupakan 9% dari total luas hutan dunia. Sedangkan, parameter yang dipergunakan Kanada ialah Food and Agriculture Organization of the United Nations untuk motif pelaporan inventarisasi hutan.

Kira-kira, setengah dari negara Kanada telah tertutup hutan dan sebagian besar berada di delapan wilayah kawasan hutan Acadian, kawasan hutan Columbia, kawasan hutan gugur, kawasan hutan Boreal, kawasan hutan pantai, kawasan Great Lakes-St. hutan Lawrence, kawasan hutan Montane, dan kawasan hutan Subalpine.

Menariknya, Kanada mempunyai hutan taiga terbesar di dunia, sesudah mendapat tambahan kawasan lindung baru seluas 13.600 kilometer persegi di Provinsi Alberta. Hutan taiga di Kanada ini menjadi sebuah aset yang sangat berharga bagi negara paling utara di benua Amerika Utara. Sebab, hutan di negara ini berfungsi sebagai pemasok 14,5 % udara segar di dunia.

4. Amerika Serikat (310 juta hektare)

Selain terkenal sebagai negara adidaya, Amerika Serikat juga diketahui mempunyai bentangan hutan yang luas, lho EDOOers. Luas hutan yang ada di negeri Paman Sam ini mencapai 310 juta hektare, terutama tersebar di sepanjang pantai baratnya.

Negara yang menduduki posisi keempat negara pemilik hutan terluas di dunia ini di dalam hutannya terdapat pohon terbesar di dunia, yaitu Sequoiadendron giganteum. Pohon tersebut menghasilkan kayu yang sangat berkualitas dan tahan lama, meski keberadaanya kini terancam punah.

Hutan-hutan di Amerika Serikat ini berbeda dalam hal kerapatan pohon, jenis vegetasi, serta jenis kehidupan hewan. Kondisi iklim di negara ini lebih menyukai pertumbuhan rawa, hutan yang beriklim sedang, hutan pegunungan, dan vegetasi semak di daerah gurun.

5. China (220 juta hektare)

Urutan kelima negara pemilik hutan terluas di dunia diduduki oleh negara terluas ketiga di dunia, yaitu China. China mempunyai hutan seluas 220 juta hektar atau sekitar 5% dari total luas hutan dunia.

China bentangan hutan yang terkenal akan pemandangan alam yang indah, karena ditumbuhi pepohonan rindang, serta didukung pula oleh keberadaan aliran sungai yang di kelilingi oleh perbukitan.

Terkait luas menjaga kawasan hutan sendiri, China dalam prosesnya terus menerus melakukan pertumbuhan dengan cara perluasan hutan baru. Upaya perluasaan hutan tersebut dimaksudkan guna mengatasi perubahan iklim dan memperbaki lingkungan.

6. Australia (134 juta hektare)

Australia ialah salah satu benua terkering di dunia, akan tetapi masih memiliki hutan seluas 134 juta hektare. Bahkan 19% dari total luas daratan di Australia ditutupi oleh hutan dengan didominasi oleh pepohonan utama berkayu keras, seperti eukaliptus.

Australia diketahui mempunyai tujuh jenis hutan asli, di antaranya seperti hutan melaleuca, hutan eucalypt, hutan hujan, hutan casuarina, hutan callitris, hutan acacia, dan hutan mangrove.

Sangking luasnya hutan di Australia, sehingga membuat banyak spesies endemic flora dan fauna menjadi sorotan penuh banyak negara. Sebut saja yang paling terkenal yaitu kanguru, platipus, wombat, koala, anjing dingo, ekidna, dan walabi.

  1. Kongo (129 juta hektare)

Republik Demokratik Kongo menduduki peringkat ketujuh sebagai negara pemilik hutan terluas di dunia. Negara yang berada di Sub Benua Afrika Tengah ini memiliki hutan yang luasnya mencapai 129 juta hektare.

Kongo mempunyai beragam kekayaan alam yang kelestariaanya sangat bergantung pada hutan. Seperti halnya pada kawasan hutan hujan tropisnya, negara ini menampung berbagai spesies fauna maupun flora.

Ada hal menarik dari hutan di Kongo, yaitu hutan di negara ini menjadi rumah bagi 10.000 spesies tumbuhan, 1.117 spesies burung, 409 spesies mamalia, dan 400 spesies ikan. Sedangkan, hutan tropis lembab dataran rendah yang menjadi bagian utama dari hutan negara ini terdaftar sebagai blok hutan hujan tropis utuh terbesar kedua di dunia, lho EDOOers.

Demikianlah tadi daftar 7 negara pemilik hutan terluas di dunia yang perlu EDOOers ketahui. Sangat bersyukur negara yang mempunyai hutan yang luas dengan pepohonan yang rindang. Sebab, pohon menawarkan banyak manfaat, termasuk menangkap emisi karbon, menjaga habitat alami, hingga mengurangi dampak dari perubahan iklim. Salam Literasi Untuk Edukasi!