Skip to content

Yuk Ketahui Daftar 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki keragaman bentang bahari yang lengkap. Lautan, danau, hingga sungai-sungai panjang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Lantas, manakah sungai terpanjang di Indonesia? Guna menjawabnya, yuk simak ulasannya di artikel EDOO kali ini ya!.

Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang. Umumnya, aliran air pada sungai mengalir secara terus menerus tanpa henti. Aliran air tersebut berasal dari hulu dan menuju ke hilir.

Sungai berperan sebagai sumber mata air penting di Indonesia. Mulai dari digunakkan untuk minum, mandi, beraneka aktivitas rumah tangga, perikanan, irigasi, pembangkit listrik, sarana transportasi, sampai rekreasi.

Maka tidak heran, sungai mempunyai peran yang besar bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. Bahkan pada masa lalu, banyak ditemukan pemukiman penduduk yang sengaja dibangun dekat dengan sungai agar akses air lebih mudah.

Daftar 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai-sungai di Indonesia mengalir dengan panjang ratusan kilometer, dan memiliki sejarah serta keunikan sendiri-sendiri. Berikut EDOO telah menghimpun, 5 sungai terpanjang di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

  1. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Indonesia yang pertama ialah Sungai Kapuas dengan panjang mencapai 1.086 kilometer. Sungai yang bisa dilayari sepanjang 942 km ini terletak di provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan aliran sungai kapuas dimulai dari pegunungan Muller hingga Selat Karimata (Laut China).

Sungai Kapuas mempunyai fungsi vital, terutama bagi penduduk yang tinggal di daerah aliran sungai ini. Sebab jalur sungai ini dimanfaatkan sebagai akses moda transportasi guna mendistribusikan kayu gelondongan dari kawasan penebangan ke pabrik penggergajian.

Selain itu, Sungai Kapuas yang melintasi sejumlah daerah, sehingga dijadikan masyarakat sebagai jalur transportasi kendaraan air. Bahkan, beberapa daerah di tepi sungai dijadikan sebagai obyek wisata menyusuri sungai ini.

Banyak daerah di pinggira Sungai Kapuas yang menarik untuk disulap menjadi tempat pariwisata. Di samping itu, hutan yang masih terlindungi di sepanjang aliran sungai, turut menjadikan Sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Bahkan, menariknya dari sungai ini adalah menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan air tawar. Lebih dari 12 jenis ikan di antaranya merupakan ikan yang cukup langka ditemui dan 40 jenis ikan lainnya merupakan ikan yang terancam punah.

  1. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan Sungai terpanjang kedua di Indonesia dan mempunyai panjang 920 kilometer. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makasar.

Sungai Mahakam banyak melintasi sejumlah daerah di Kabupaten Kutai Barat pada bagian hulu sampai Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Sungai ini adalah habitat alami hewan langka dari Indonesia, yaitu Pesut Mahakam.

Selain itu, Sungai Mahakam ini juga dihuni oleh sekitar 140 spesies ikan asli Mahakam dan sekitar 290 spesies burung, di mana 70 spesies burung di antaranya merupakan burung endemic. Bahkan, sungai ini juga memiliki peran penting bagi masyarakat sekitarnya yaitu sebagai jalur transportasi kendaraan air dan sumber air.

3. Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai yang melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan, panjang dari sungai ini adalah 890 km, dengan lebar sungai antara 650 sampai 1.000 meter dan kedalaman mencapai 8 meter. Hal tersebut membuat Sungai Barito menjadi sungai terpanjang dan terbesar di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, hulu dari Sungai Barito ini terletak di Pegunungan Schwaner dan muaranya di Laut Jawa. Sungai Barito terkenal di masyarakat umum, karena adanya Pasar Apung yang menjadi daya tarik wisata. Pasar Apung yang dimaksud disini yaitu sebuah pasar yang transaksi jual belinya di atas perahu.

Daya tarik Sungai Barito lainnya, adalah dari segi sejarahnya yang sudah terkenal sejak ratusan tahun silam hingga kini. Berbagai mitos serta legenda tercipta di sekitar aliran Sungai Barito ini. di antaranya, seperti adanya situs Patih Muhur di Batola, situs Kerajaan Banjar di Banjarmasin, dan permukiman suku Dayak di bagian tengah hingga hulu Sungai Barito.

4. Sungai Batanghari

Selanjutnya, sungai terpanjang di Indonesia berada di Pulau Sumatera yakni Sungai Batanghari. Sungai ini mempunyai panjang 775 km yang mengalir di dua provinsi di Pulau Sumatera, yaitu Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Sedangkan, hulu dari Sungai Batanghari ini terletak di Pegunungan Bukit Barisan, dan bermuara di Selat Berhala. Sementara itu, sungai-sungai besar yang menjadi bagian dari anak Sungai Batanghari, di antaranya adalah Batang Tembesi, Batang Merangin, Batang Tabir, Batang Asai, Batang Tebo, Batang Bungo, dan Batang Suliti.

Sungai utama Batanghari dimanfaatkan sebagai jalur transportasi utama yang menghubungkan kota Jambi dengan daerah-daerah pedalaman lainnya. Selain itu, sungai ini juga menjadi jalur transportasi dari Jambi ke daerah luar Provinsi Jambi itu sendiri.

5. Sungai Musi

Terakhir, sungai terpanjang di Indonesia yang kelima adalah Sungai Musi. Sungai ini memiliki panjang mencapai 750 kilometer dan terletak di Provinsi di Sumatera Selatan. Pastinya EDOOers sudah pada tahu dengan sungai yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian ini, karena memiliki landmark yaitu Jembatan Ampera.

Hulu Sungai Musi berada di Pegunungan Bukit Barisan, yang kemudian aliran airnya bermuara ke Selat Bangka dan Laut Cina Selatan. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ulu di bagian Selatan dan Seberang Illir di bagian utara.

Faktanya Sungai Musi ini sudah lama dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama masyarakat Nusantara. Bahkan, pemanfaatan sendiri sudah berlangsung sejak Kerajaan Sriwijaya berkuasa pada abad ke-7 sampai ke-13 Masehi.

Kemudian, berlanjut pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dari abad ke-17 sampai ke-19. Lalu pada masa kependudukan VOC, hingga pemerintah Indonesia pada tahun 1970-an.

Itulah tadi ulasan mengenai 5 sungai terpanjang di Indonesia dengan kisah dan keunikannya masing-masing. Ayo, EDOOers menjaga kebersihan sungai di sekitar kita, dengan tidak membuang sampah ke sungai. Salam Literasi Untuk Edukasi!