Skip to content

Serba-Serbi Hari Ayah Nasional yang Diperingati Setiap 12 November

Ayah acap kali digambarkan sebagai cinta pertama bagi putrinya. Pada dasarnya ayah merupakan orang tua yang penuh dengan kasih sayang, dan tanpa ragu akan berusaha keras untuk membahagiakan anak-anaknya. Oleh karena itu, kali ini EDOO akan membahas mengenai peringatan Hari Ayah Nasional.

Meskipun, sebagian besar dari kita tidak membutuhkan tanggal tertentu untuk memperingati Hari Ayah, tetapi setiap ayah di berbagai negara memperoleh hari istimewanya di setiap tahunnya.

Hari Ayah Nasional selalu dirayakan pada tanggal 12 November pada setiap tahunnya. Hari tersebut menjadi waktu bagi EDOOers semua untuk memperingati pentingnya peran seorang ayah di dalam hidup kita. 

Asal-Usul Peringatan Hari Ayah Nasional

Kenapa tanggal 12 November disebut Hari Ayah Nasional? Sebab, peringatan Hari Ayah di Indonesia berawal dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada tahun 2006 PPIP menyelenggarakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara tersebut disambut dengan penuh antusias oleh para peserta, sehingga ada beberapa peserta menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah digelar.

Hingga pada tanggal 12 November, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Lantas, pengdeklarasian tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengusung semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya’.

Selain itu, deklarasi Hari Ayah juga dilaksanakan di Maumere, Flores, NTT. Pada deklarasi itu juga berbarengan dengan peluncuran buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari kegiatan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selepas terjadinya deklarasi tersebut, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Indonesia saat itu, yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan bupati di 4 penjuru Indonesia yakni mulai dari Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote. Akhirnya seusai deklarasi, maka tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Kegiatan Asyik untuk Peringati Hari Ayah Nasional

Ayah merupakan sosok yang berperan sebagai penopang keluarga, dan bekerja keras untuk menyediakan kebutuhan keluarga, baik secara finansial ataupun emosional. Oleh karena itu, guna mengapresiasi peran ayah dalam keluarga. Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa sobat EDOOers bisa coba bersama ayah.

  1. Pergi Berkendara atau Piknik

Sobat EDOOers bisa merayakan Hari Ayah Nasional dengan cara berkendara berkeliling kota bersama ayah tercinta. Cara ini tentu akan cocok untuk sobat EDOOers yang mempunyai ayah dengan hobi berkendara naik motor, vespa, atau mobil. Selagi berkendara bersama, sobat EDOOers dapat mengunjungi beberapa tempat wisata alam untuk piknik bersama.

Selain itu, kalian juga bisa mengajak orang tua piknik bersama di taman-taman dekat rumah sambil berjalan-jalan santai. Kebersamaan yang tercipat itu akan jadi kenangan yang indah dan tidak terlupakan bagi seluruh keluarga khususnya bagi ayah.

  1. Makan Malam Bersama

Cara kedua yang bisa dipraktekkan EDOOers untuk memperingati Hari Ayah Nasional adalah dengan makan malam bersama keluarga. Sobat EDOOers bisa mengajak ayah pergi ke restoran favoritnya dan makan beragam hidangan khusus kesukaannya.

Kegiatan tersebut dapat EDOOers lakukan bersama seluruh keluarga atau hanya bersama ayah saja. Selama makan bersama, jangan lupa untuk mencoba menggali cerita menarik, cerita lucu, maupun cerita kenangan bersama. Selain itu, sobat EDOOers bisa membuat hidangan makan malam spesial untuk ayah di rumah, tentunya dengan bantuan ibu.

  1. Bermain Game Bersama

Apabila EDOOers tidak ingin bepergian jauh atau repot, cobalah rayakan Hari Ayah Nasional dengan bermain game bersama. Meskipun sosok ayah sudah dewasa, tetapi permainan video game dapat jadi penghangat suasana dan membuat ayah merasa nostalgia, lho.

Jadi, sobat EDOOers bisa memilih beberapa game yang seru bersama ayah dan memainkannya bersama. Cara tersebut pastinya akan sangat mengasyikkan untuk menghabiskan waktu bersama sambil bersenang-senang.

  1. Bantu Ayah dalam Pekerjaan Rumah

Kegiatan keempat yang bisa sobat EDOOers lakukan untuk merayakan Hari Ayah Nasional adalah dengan membantu pekerjaan ayah saat di rumah. Ikutlah ayah ketika membersihkan halaman rumah, mencuci kendaraan, berkebun, atau kegiatan yang memang sering dilakukan oleh ayah saat di rumah.

Cara-cara tersebut akan membuat sobat EDOOers lebih mengenal ayah dan dapat menghabiskan waktu bersama. Selain itu, berkat EDOOers yang ikut membantu ayah dalam pekerjaan rumah, maka akan meringankan pekerjaan ayah, karena dikerjakan secara bersama-sama.

  1. Menonton Film Bersama

Apabila, sobat EDOOers dan ayah sama-sama suka menonton film, maka tak salah jik merayakan hari spesial untuk ayah dengan menonton film bersama. Pilihlah satu atau dua film di bioskop untuk ditonton bersama-sama, sambil memakan beberapa camilan.

Selain itu, sobat EDOOers dapat membuat mini bioskop sendiri di rumah dengan beberapa film pilihan yang menarik dan bisa ditonton bersama satu keluarga.

Nah, demikianlah tadi berbagai serba-serbi mengenai Hari Ayah Nasional. Mulai dari sejarah lahirnya sampai beberapa kegiatan menarik untuk merayakan hari special buat ayah tersebut. Selamat Hari Ayah! Salam Literasi Untuk Edukasi!