Skip to content

Menilik Peran Sinar-X di Berbagai Bidang Kehidupan

Saat mengalami patah tulang, biasanya manusia harus melakukan rontgen untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuhnya. Perlu EDOOers ketahui nih, rontgen ini merupakan salah satu pemanfaatan dari gelombang elektromagnetik yang bernama sinar-X. Nah, di artikel ini EDOO akan fokus membahas peran sinar-X. Yuk disimak dengan seksama penjelasan di bawah ini!

Pengertian Sinar-X

Pasti EDOOers lebih sering mendengar sinar rontgen kan dibandingkan dengan sinar-X? nah, apa itu sinar-X? menurut National Center for Biotechnology Information, sinar-X ialah radiasi atau pancaran elektromagnetik dengan panjang gelombang 10-8 m hingga 10-12 m.

Adapun, sinar-X mempunyai sifat dualisme cahaya, sehingga bisa disebut juga sebagai paket foton-foton dari awan elektron suatu atom. Diketahui, sinar-X memiliki karakteristik frekuensi yang cukup besar, yakni antara 1016 Hz sampai 1020 Hz.

Sinar yang memiliki energi untuk menembus bagian tubuh manusia ini ditemukan pada tahun 1895 oleh Wilhelm Conrad Roentgen pada tahun yang merupakan seorang profesor fisika di Universitas Julian Maximilian di Wurzburg, Jerman. Berkat penemuan hebatnya tersebut, hingga saat ini, sinar-X lebih sering disebut dengan rontgen.

Sedangkan, pancaran gelombang elektromagnetik dari sinar-X ini sejenis dengan gelombang radio, listrik, sinar gamma, inframerah panas, sinar kosmik dan sinar ultraviolet, akan tetapi dengan panjang gelombang yang sangat pendek.

2 Kategori Penggunaan Sinar-X

Lalu, ada dua kategori penggunaan sinar-X di kehidupan sehari-hari, lho EDOOers. Pertama, sinar-X berguna untuk melihat lapisan dalam dari suatu benda. Kok bisa begitu ya, EDOOers? Jadi gini, karakteristik dari sinar-X itu salah satunya energinya cukup kuat untuk dapat menembus benda-benda lunak.

Contohnya saja seperti daging dan kulit, akan tetapi sinar-X tidak cukup kuat untuk menembus benda-benda yang lebih keras seperti gigi, tulang, dan logam. Maka dari itu, sifat ini sangatlah berguna di bidang kesehatan, keamanan, dan industri.

Kedua, sinar-X digunakan untuk efek biologis. Maksudnya disini tuh gini, Sinar-X mampu merusak struktur dari suatu sel, menyebabkan mutasi, atau membunuh sel jika dosisnya tinggi. Sebab, sinar-X memiliki energi yang kuat. Lalu, apa saja sih peran sinar-X di berbagai bidang kehidupan? Berikut ini ulasannya.

Peran Sinar-X di Bidang Kesehatan

Peran sinar-X dalam dunia kesehatan itu diimplementasikan dalam beberapa alat kesehatan, seperti alat CT Scan, alat rontgen Portable, dan alat rontgen untuk gigi. Sedangkan, ini ada beberapa manfaat sinar-X dalam dunia kesehatan, antara lain:

  1. Menyelidiki penyebab dan gejala pada penyakit pada tubuh pasien,
  2. Melihat bagian dalam tubuh pasien, tanpa harus melakukan prosedur pembedahan
  3. Melihat efek dari pengobatan medis yang sudah dijalankan
  4. Menemukan lokasi benda yang tidak sengaja tertelan oleh pasien
  5. Memantau suatu beberapa jenis penyakit, contohnya seperti kanker tulang, penyumbatan pembuluh darah, kerusakan gigi dan lain-lain

Sementara itu, ada juga efek biologis Sinar-X di dunia kesehatan, antara lain:

  1. Dapat membunuh sel-sel kanker maupun tumor
  2. Dapat mensterilkan peralatan-peralatan medis.

Peran Sinar-X di Bidang Keamanan

Kemampuan sinar-X dalam menembus benda-benda padat dan keras, dimanfaatkan pula dalam bidang keamanan. Contohnya saja seperti untuk mengidentifikasi isi paket, tas, koper di bandara. Selain itu, sinar-X juga digunakkan untuk mendeteksi senjata tajam atau bahan peledak.

Sementara itu, mesin yang menggunakan sinar-X pada bidang keamanan, diantaranya seperti alat untuk mendeteksi logam, alat untuk mendeteksi benda cair, dan alat untuk mendeteksi benda logam ringan.

Peran Sinar-X di Bidang Industri

Meskipun, peran sinar-X terkenal dalam di bidang kesehatan, akan tetap sinar ini juga mengambil peran dalam bidang perindustrian, lho EDOOers. Contohnya dimanfaatkan dalam beberapa alat seperti, mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan kaleng  dan wadah kaca dan mesin yang menggunakan sinar-X untuk makanan kemasan.

Sedangkan, manfaat Sinar-X untuk dunia industry, di antaranya meliputi mendeteksi kerusakan atau keretakan mikroskopis pada suatu komponen mesin industri, memantau kualitas suatu produk yang dihasilkan oleh industry dan efek biologisnya yaitu dapat menghilangkan bakteri berbahaya dari suatu produk makanan laut yang kalengan.

Peran Sinar-X di Bidang Geologi

Penggunaan sinar-X juga memiliki peran dalam bidang geologi, lho EDOOers. Contohnya, melalui sinar-X penganalisaan jenis mineral, baik secara kualitatif ataupun secara kuantitatif bisa dilakukan. Sebab, sinar X bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi adanya mineral clay, sehingga bencana longsor dapat dicegah.

Peran Sinar-X di Bidang Pertanian

Adapun, peran sinar-X di bidang pertanian yaitu menciptakan bibit unggul dan berkualitas. Caranya adalah dengan memanfaatkan efek biologis yang dimiliki oleh sinar-X itu sendiri, sehingga menyebabkan mutasi sel, hingga sifat yang diinginkan bisa didapatkan.

Itulah tadi penjelasan terperinci terkait peran-peran sinar-X dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki beragam manfaat. Namun, hati-hati ya EDDooers dalam menggunakan sinar-X ini, karena memiliki efek biologis jika dalam dosis yang tinggi. 

Mau tau lebih banyak tentang gelombang elektomagnetik lainnya? Yuk, belajar di EDOO! By the way, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa diperoleh di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!