Skip to content

Mengenal Class Meeting: Kegiatan Seru dan Bermanfaat Selepas Ujian Sekolah

Setelah selesai ujian sekolah atau biasa juga disebut PAT, umumnya sekolah-sekolah akan mengadakan class meeting, nih EDOOers. Apa sih yang dimaksud dengan class meeting? Manfaat apa saja sih yang didapatkan dari mengadakan class meeting itu? Yuk, cari tahu semuanya di artikel ini!

Penilaian Akhir Tahun atau PAT akhirnya akan selesai dilaksanakan disetiap sekolah. Halo EDOOers, gimana perasaanmu sesudah melewati ujian semester kali ini? Harusnya sih, kalau rajin dan tekun belajar, pasti bisa menjawab latihan soal dengan mudah nih. Apalagi, kalo sobat EDOOers rajin membaca buku di aplikasi EDOO. Hehehehe…

Pengertian Class Meeting

Nah, umumnya sehabis PAT di beberapa sekolah akan diadakan class meeting. Kamu tahu nggak, apa itu class meeting? kalo dilihat dari segi bahasa Inggrisnya, class meeting berarti pertemuan antar kelas, ya EDOOers.

Namun, secara lengkapnya class meeting adalah sebuah kegiatan yang mempertemukan siswa-siswa antar kelas yang berbeda dalam bentuk lomba atau pertandingan. Agenda class meeting ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun pada akhir semester. Umumnya, kegiatan ini diadakan oleh pihak OSIS atau guru.

Tujuan Class Meeting

Digelarnya class meeting bukan berarti tanpa ada tujuan yang jelas. Class meeting mempunyai tujuan yang berdampak baik, bukan cuma untuk siswa saja, tetapi juga bagi guru. Berikut ini beberapa tujuan dari class meeting.

  1. Mengisi Jam Kosong

Begini sobat EDOOers, seusai penilaian akhir semester itu selesai, maka selesai pula kegiatan belajar mengajarnya. Jadi yang dimaksud adalah hanya kegiatan belajar di semester itu saja yang selesai, bukan selesai belajar selamanya.

Namun, berkat selesainya kegiatan PAT itu, nggak semua tugas bapak dan ibu guru juga selesai. Namun, guru-guru harus merekap dan memasukkan nilai selama satu semester yang sudah EDOOers lampaui. Nah, dalam proses pengisian nilai tersebut akan membuat para guru harus berfokus dan tidak bisa mengisi kelas.

Maka dari itu. secara otomatis akan diadakan kegiatan untuk mengisi jam kosong di kelas. Oleh karena itu, digelar class meeting yang biasanya sih selama 2 atau 3 hari pelaksanaan. Ketimbang di kelas gabut dan tidak ada kegiatan, mending diadain kegiatan yang berfaedah dong, EDOOers.

  1. Menjalin Komunikasi Siswa dan Guru

Berkat diadakannya class meeting, bukan cuma komunikasi antar siswa saja yang terjalin baik, akan tetapi komunikasi antara siswa dan guru pun semakin baik. Faktanya, guru yang sudah biasa jadi juri dalam banyak perlombaa, pasti jadi lebih dekat dengan para peserta lomba maupun para penonton lomba.

Selain itu, guru yang jadi wali kelas pun jadi lebih akrab dengan siswanya, karena kerap rajin bertanya lomba apa saja yang diikuti siswa kelasnya. Bahkan, adanya class meeting juga dapat membuat satu kelas lebih kompak, dan membuat jalinan komunikasi antar siswa ataupun antar siswa dan guru menjadi lebih baik.

Maka dari itu, class meeting bertujuan supaya komunikasi sesama siswa, baik teman sekelas maupun yang berbeda kelas terjalin lebih intensif. Oleh karena itu, kegiatan yang sering diadakan dalam class meeting itu tentang perlombaan atau pertandingan. Agar antar peserta lomba saling bertegur sapa.

Manfaat-Manfaat Class Meeting

Kegiatan dalam lomba class meeting, umumnya terbagi menjadi dua bidang, yakni bidang akademik dan bidang nonakademik. Nah, contoh ide-ide menarik untuk perlombaan class meeting, di antaranya seperti lomba futsal, lomba badminton, lomba e-sport, lomba desain kelas, lomba fashion show, lomba stand up comedy, lomba karya ilmiah, dan lain-lainnya.

Banyak orang yang beranggapan kalau kegiatan class meeting itu dilakukan sebagai ajang seru-seruan saja. Namun, kenyataannya kegiatan class meeting juga mempunyai banyak manfaat, lho EDOOers. Setidaknya, ada 3 manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan ini:

  1. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri

Class meeting dapat mengasah rasa percaya diri masing-masing siswa, lho EDOOcator. Berkat kegiatan ini, siswa yang tadinya pemalu, bisa semakin pede. Sebab ketika ikut kegiatan class meeting ini, siswa akan mendapat banyak dukungan dari teman-temannya dan pelan-pelan dapat berubah jadi lebih berani dan percaya diri.

  1. Melihat Talenta Tersembunyi Siswa

Tahukah sobat-sobat EDOOers? Ternyata pengadaan class meeting di sekolah-sekolah ini, bisa dimanfaatkan untuk mencari talenta siswa yang tersembunyi, lho. Kagak percaya? Contohnya, ada siswa yang sebetulnya mempunyai keterampilan bernyanyi, melalui class meeting siswa tersebut dapat masuk dalam paduan suara sekolah.

Nah, ada contoh lainnya lagi yaitu ada siswa yang memiliki kemampuan dalam olahraga basket. Berkat ikut lomba basket dalam class meeting, bakatnya jadi terlihatnya dan dijadikan bagian dari tim basket sekolah. Maka dari itu, talenta yang tersembunyi ini dapat dikembangkan lagi dan menghasilkan prestasi membanggakan untuk sekolah.

  1. Ajang Refreshing Setelah Ujian

Setelah selesai ujian PAS, pastinya EDOOers butuh hiburan nggak sih? Yaps, class meeting bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menghilangkan penat seusai berminggu-minggu sebelumnya belajar keras untuk ujian.

Euphoria class meeting itu membawa keseruan, mengasyikkan, penuh canda dan tawa. Oleh karena itu, class meeting dapat menyegarkan pikiran dan membuatmu beristirahat sejenak dari letihnya masa-masa belajar sewaktu mau ujian.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai pengertian class meeting, tujuan, manfaat, sampai beberapa rekomendasi ide lomba-lomba class meeting yang menarik untuk EDOOcator maupun EDOOers adakan. Salam Literasi Untuk Edukasi!