Skip to content

Inilah Daftar 5 Pohon Terbesar di Dunia

Pohon mempunyai fungsi penting dalam keberlangsungan seluruh makhluk hidup di bumi, salah satunya yaitu sebagai penyuplai oksigen. Oleh karena itu, pohon dijuluki sebagai paru-paru bumi. Nah, kali ini EDOO akan membahas 5 daftar pohon terbesar di dunia yang perlu kalian tahu.

Selain sebagai pemasok oksigen untuk mahkluk hidup, pohon juga berfungsi menjadi rumah bagi satwa untuk bisa tinggal di batang pohon. Bahkan sejak dahulu, manusia menggunakan kayu dari pohon untuk membuat rumah, peralatan, dan keperluan-keperluan lainnya.

Pohon ada dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda dari segi tinggi, umur, volume, dan diameternya. Beberapa jenis pohon mempunyai ukuran yang sangat besar dan usianya pun juga sangat tua sampai ada yang ribuan tahun. Penasaran dengan pohon-pohon terbesar di dunia? Yuk, simak informasinya di sini ya!.

  1. The General Sherman Tree

Pohon paling tua dan paling besar yang ada di dunia adalah The General Sherman Tree. Pohon satu ini berada di Giant Forest of Sequoia National Park in Tulare County, California, Amerika Serikat.

Pohon terbesar di dunia ini juga memiliki nama latin sequoia giganteum dengan umur yang menginjak angka 2.300 – 2.700 tahun lamanya. Pohon ini memiliki diameter batang sebesar 11 meter dan tinggi sekitar 83,8 meter dengan volume 1478 meter kubik.

Awalnya pohon The General Sherman Tree ini ditemukan oleh pria bernama James Wolverton pada tahun 1879. Saat itu, James Wolverton bertugas dibawah pimpinan Jenderal William Sherman selama Perang Saudara. Lalu James menanam pohon ini dengan nama atasannya tersebut.

  1. Grogan’s Fault

Pohon terbesar kedua di dunia ini dikenal dengan nama Grogan’s Fault atau bisa juga disebut dengan nama Spartan atau Juggernaut. Pohon jenis coast redwood (Sequoia sempervirens) ini tumbuh di Redwood National Park, Amerika Serikat dengan volume besar yang pernah ditemukan.

Pohon Grogan’s Fault ini juga memiliki gelar sebagai pohon terbesar kedua di Jedediah Smith Redwoods State Park berdasarkan ukuran batang tunggal. Ukuran volume pohon ini sekitar 1.084 meter kubik dan tingginya mencapai 18.2 meter.




3. Tane Mahuta

Selanjutnya adalah pohon terbesar ketiga di dunia yang bernama Tane Mahuta. Pohon ini merupakan spesies pohon kauri (Agathis australis) yang tumbuh di Hutan Waipoua, Northland, Selandia Baru.

Sedangkan, volume batang dari pohon Tane Mahuta ini mencapai 516 meter kubik dengan tinggi pohon mencapai 45,2 meter. Pohon satu ini juga dikenal dengan julukan God of the Forest atau Dewa Hutan, karena insporasi namanya itu dari dewa hutan dan unggas suku Maori.

Kini keberadaan dari pohon ini banyak berkurang, karena ditebang dan digunakan untuk konstruksi. Pohon istimewa siswa hutan hujan subtropic purba ini pertama kali ditemukan pada tahun 1924 oleh orang Maori dan usianya bisa mencapai 1250-2500 tahun.

4. Quinault Lake Red Cedar

Quinault Lake Red Cedar merupakan pohon jenis Red Cedar yang berada di barat laut pesisir danau Quinault bagian utara Aberdeen, Washington. Pohon ini memiliki volume batang mencapai 500 meter kubik dengan tinggi sekitar 180 kaki atau 55 meter dan diameter batang 6 meter.

Pohon Quinault Lake Red Cedar ini bisa ditemukan sekitar 34 kilometer dari Samudera Pasifik. Meskipun, letaknya dekat dengan samudera yang memiliki air asin yang mana umumnya kurang baik untuk pertumbuhan pepohon, tetapi pohon ini dapat tetap tumbuh dengan ukuran raksasa.

5. Cheewhat Giant

Cheewhat Giant merupakan pohon terbesar kelima di dunia yang terletak di Pacific Rim National Park Reserve, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Pohon satu ini memiliki volume batang mencapai 449 meter kubik dengan tinggi pohon sekitar 56 meter.

Pohon yang pertama kali ditemukan pada tahun 1988 ini, ternyata berasal dari spesies Western red cedar (Thuja plicata). Bahkan, orang-orang juga mengenal pohon ini dengan sebutan Cheewhat Lake Cedar.

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 pohon terbesar di dunia yang usianya sudah sangat tua, bahkan ada yang ribuan tahun. Ayo EDOOers lebih menjaga kelestarian alam, demi kehidupan di Bumi yang lebih sehat! Salam Literasi untuk Edukasi!