Skip to content

Inilah 7 Kota Paling Layak Huni di Indonesia Tahun 2023

Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia pada tahun 2023 ini, mengeluarkan kembali data pemeringkatan kota paling layak huni di Indonesia. Daftar kota-kota pada data tersebut dianggap sebagai kota paling nyaman dan layak huni dibandingkan kota-kota lain di Tanah Air, lho EDOOers.

Adapun, penelitian dari Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) ini dilakukan melalui riset mengenai persepsi masyarakat terkait kota paling layak huni di Indonesia yang didasarkan pada 28 indikator.

Indikator yang dimaksud di atas, di antaranya meliputi, jaringan telekomunikasi, penyediaan air bersih, ketahanan pangantata kota, kondisi politik, sampai fasilitas administrasi pemerintahan dan pelayanan publik.

Kira-kira kota mana aja nih di Indonesia yang cocok dijadikan tempat tinggal, ya EDOOers? Jangan-jangan, salah satu dari 7 kota yang masuk dalam daftar IAP ini merupakan tempat kelahiran kamu. Yuk, baca artikelnya sampai selesai ya EDOOers!.

  1. Solo

Dari sebanyak 52 kota subjek riset IAP di Indonesia, Solo berhasil meraih peringkat tertinggi dan dinobatkan menjadi kota paling layak huni di Indonesia dengan skor Most Livable City Index (MLCI) sebesar 77,1 poin dari skala 100 poin pada tahun 2022.

Apabila dilihat dari aspek yang diteliti, Solo unggul di beberapa aspek dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Contohnya pada aspek perumahan,  kesehatan, fasilitas kesenian dan budaya, fasilitas olahraga, fasilitas kelompok rentan, fasilitas pejalan kaki, transportasi, dan lain-lain.

Adapun, Solo juga mempunyai infrastruktur yang baik, mulai dari tata ruang teratur, dan berbagai fasilitas kota yang cukup memadai. Tak hanya itu saja, Solo juga mempunyai keindahan alam, lho EDOOers. Selain itu, kota ini juga memiliki destinasi wisata yang mengagumkan seperti Keraton Solo, Pasar Klewer, dan berbagai tempat bersejarah lainnya.

Buat sobat-sobat EDOOers yang sudah pernah main ke Solo, pasti sudah paham dengan keramahan masyarakat dan budaya tradisional Jawa yang menjadi kehangatan budaya, sehingga Solo cocok banget untuk dijadikan tempat nyaman untuk siapa pun yang berkunjung dan menetap. 

2. Yogyakarta

Menyusul Solo, Yogyakarta menempati peringkat kedua sebagai kota paling layak huni dengan perolehan skor 75,3 poin. Kota yang terkenal dengan sebutan ‘Kota Pelajar’, ini memiliki universitas ternama di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada.

Nah, keunikan terbesar kota Yogyakarta ini ialah keberadaan Keraton Yogyakarta, sebuah istana kerajaan yang masih aktif sampai hari ini, lho EDOOers. Keraton ini telah menjadi simbol penting dari sejarah dan tradisi Jawa.

Bahkan, para pengunjung bisa merasakan kemegahan istana ini dengan adanya pertunjukan seni tradisional berupa tarian-tarian Jawa serta wayang kulit di sekitar Keraton.

Selain itu, urusan kuliner di kota ini tuh, tidak ada lawannya. Sebut saja, gudeg, nasi kucing, dan sate klathak merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang wajib banget EDOOers cicipi ketika berwisata di kota ini.

3. Cirebon

Kota selanjutnya yang menduduki posisi ketiga adalah Cirebon dengan mempunyai skor rata-rata 74,4 poin, Punya sebutan sebagai ‘Kota Udang’, Cirebon memiliki potensi sumber daya kelautan yang besar, khususnya udang vanamei yang menjadi komoditi ekspor utama kota di Utara Provinsi Jawa Barat ini.

Kota Cirebon juga diketahui mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di Jawa Barat. Sobat EDOOers wajib berkunjung ke sini buat eksplorasi lebih dalam. Selain itu, kota ini juga terkenal akan nasi jamblang, tahu gejrot, empal gentong, dan mi kocloknya yang enak-enak semua, lho EDOOers.

4. Magelang

Menempati posisi keempat, Magelang memperoleh skor rata-rata 73, 5 poin. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini merupakan kota tertua kedua di Indonesia, lho EDOOers.

Adapun, Magelang memiliki peninggalan sejarah dan budaya yang sering dijadikan tempat wisata, di antaranya seperti Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Gereja Ayam, Museum Pangeran Diponegoro, dan Museum Nasional Karmawibhangga.

5. Semarang

Menjajaki peringkat kelima, ada kota Semarang yang memiliki skor rata-rata 73,3 poin. Nah, kota yang menjadi Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah ini merupakan pusat perekonomian serta industri yang punya banyak fasilitas modern seperti bandara, pelabuhan, jalan tol, pusat perbelanjaan, dan gedung-gedung pencakar langit.

Selain itu, Semarang juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang ramai didatangi oleh wisatawan, seperti Lawang Sewu, Gedung Tawang, dan Stasiun Tugu. Nah, spesialnya dari kota ini adalah keanekaragaman etnis dan agama yang tinggi. Toleransi antar komunitas Arab, Tionghoa, dan India di kota ini, menawarkan kombinasi Semarang yang tradisional dan modern.

6. Kediri

Kediri merupakan salah satu kota terbesar di Provinsi Jawa Timur yang memperoleh skor rata-rata 72,5  poin, sebagai peringkat keenam kota paling layak huni di Indonesia.

Kota yang berada di Selatan Jawa Timur ini punya banyak potensi wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Bendungan Gerak Waduk Gampengrejo, Taman Simpang Lima Gumul, Air Terjun Dolo-Dolo Agro Park, Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI) dan Museum Kereta Api Kediri.

Selain itu, Kediri juga mempunyai kuliner khas yang tentunya sangat ramah untuk kantong sobat EDOOers, lho. Misalnya saja seperti Pecel Tumpang, Soto Kediri, Tahu Takwa, Nasi Pecel dan masih banyak makanan-makanan lezat lainnya.

7. Mataram

Bertengger di posisi ketujuh ada Kota Mataram yang memperoleh skor rata-rata 72,2 poin. Kota Mataram adalah ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan merupakan kota terbesar di Pulau Lombok.

Kota Mataram juga dikenal sebagai pintu gerbang buat siapa pun yang ingin menikmati indahnya Pulau Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, sampai Taman Nasional Komodo yang selalu jadi incaran para wisatawan lokal maupun internasional.

Itulah tadi ketujuh kota paling layak huni di Indonesia tahun 2023. Jadi, apakah EDOOers berencana untuk pindah dan menetap di antara 7 kota di atas? Yuk share di kolom komentar ya! Salam Literasi Untuk Edukasi!